Kamis, 21 April 2016

SUKSES OLEH ROH KUDUS (2)

JKI Holy Glory Chuch Makasih
(Ibadah Raya pagi dan sore)

(Minggu 17/04/2016)
Pdt. Joseph Hendrik Gomulya.

Ini adalah lanjutan dari kotbah sebelumnya (Minggu 03/04/2016)  
SUKSES OLEH ROH KUDUS.

Review:

Begitu banyak orang yang ingin hidupnya sukses sehingga dunia menawarkan begitu banyak cara untuk mencapai kesuksesan melalui seminar-seminar yang begitu laku yang menawarkan kiat-kiat untuk meraih dan mencapai kesuksesan, yang sepertinya memang baik. Tetapi yang terbaik bagi kita anak-anak-Nya adalah kesuksesan oleh Tuhan, oleh Roh-Nya yaitu Roh Kudus. Firman Tuhan adalah hadiah terbesar buat kita anak-anak-Nya karena kesuksesan terbesar dihidup kita adalah karena kita mengenal Tuhan yang sesungguhnya, Tuhan yang bukan abstrak, Tuhan yang hidup, Tuhan untuk "Barang siapa yang percaya" yang bukan milik satu denominasi/golongan tetapi untuk semua orang yang percaya yang seperti dikatakan oleh firman-Nya akan diselamatkan. Keselamatan tidak berbicara nanti tetapi sekarang saat ini juga.

Berikut adalah kiat-kiat sukses dengan Roh Kudus yang sebagian sudah disampaikan sebelumnya:

1. Mempunyai keintiman dengan menjadi seorang penyembah.

Karena Tuhan yang kita sembah adalah Tuhan yang hidup, mari kita belajar untuk bergaul intim dengan-Nya, bergaul karib, mengenal Tuhan secara pribadi dengan memberi waktu kita untuk belajar Firman-Nya dan berdoa lebih lagi.

2. Mau belajar mendengar dari Roh Kudus.

Untuk bisa berhasil belajar mendengarkan suara Tuhan, karena DIA Tuhan yang hidup berarti DIA bisa berbicara kepada kita sehingga kita perlu menginvest waktu kita,  seperti dalam sebuah keluarga setiap anggota keluarga perlu menginvest waktu mereka duduk bersama sebagai sebuah keluarga untuk bisa lebih mengenal satu sama lainnya melalui komunikasi langsung, tetapi keluarga jaman sekarang kebanyakan mereka berkomunikasi mengandalkan gadget dan alat telekomunikasi lainnya yang mereka miliki sehingga dalam satu keluarga tidak ada/kurang komunikasi.

"Yesus tinggal didalam kita"

Tuhan tinggal didalam kita sewaktu kita ditebus dengan Darah-Nya. Mari kita memberikan waktu terbaik kita untuk berbicara/bergaul karib/mendengar-Nya berbicara, karena kekristenan berbicara tentang Tuhan yang hidup didalam kita dan DIA bekerja dari dalam kita.

3. Kesuksesan itu adalah pemulihan total (double portion).

Ketika Tuhan memulihkan hidup kita, DIA tidak memulihkan hidup kita secara biasa (cuma setengahnya atau kembali seperti semula) tetapi dia memulihkan/mengembalikan double portion dua kali lipat seperti yang dialami Ayub.

4. Kesuksesan itu adalah pertumbuhan secara terus-menerus untuk mengenal Tuhan didalam pengertian yang memimpin kita kepada seluruh kebenaran.

Ayub 32:8
Tetapi roh yang di dalam manusia, dan nafas Yang Mahakuasa, itulah yang memberi kepadanya pengertian.

Roh Kudus yang ada didalam kita, DIA yang memberi kita pengertian, jadi untuk meraih kesuksesan Tuhan memberi kita Roh-Nya agar supaya kita mengerti yang dikendaki-Nya. Kita bisa mengerti Firman-Nya dan mulai bertumbuh didalam pengertian.

Lukas 24:43-45
Ia mengambilnya dan memakannya di depan mata mereka.  Ia berkata kepada mereka: “Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur.” Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci.

Ketika Yesus sudah bangkit dari kematian dan kemudian Yesus berjalan bersama-sama dengan murid-murid-Nya, hati murid-murid-Nya begitu bergelora dan menyala-nyala tetapi mata mereka belum bisa melihat Yesus.
Seperti ketika kita ada didalam Tuhan, ketika kita beribadah, kita bisa merasakan ada sesuatu yang berbeda, kita merasakan kedamaian. Seperti itu juga yang murid-murid Yesus rasakan, tetapi mata mereka belum bisa melihat Yesus karena pikiran mereka belum dibukakan pengertiannya.

Didalam Tuhan jangan hanya sampai bisa merasakan bahwa DIA ada, tetapi berdoalah supaya pikiran kita dibukakan pengertian sehingga kita bisa melihat, mengalami, dan mengerti, SIAPA ITU YESUS?

••• BERTUMBUH DALAM PENGERTIAN •••

Sebelum pengertian itu bertumbuh, Yesus terlebih dahulu dari dalam kita membukan pengertiannya. Cara kerjanya bagaimana? Apakah sama dengan Ilmu pengetahuan?

Ilmu Pengetahuan : membawa yang dari luar masuk kedalam pikiran kita (segala macam Ilmu Pengetahuan) tetapi didalam kita tidak pernah berubah. Pengertiannya bisa berubah, pikiran kita bisa berubah tetapi yang didalam kita (Hati) tidak pernah bisa berubah.

Firman Tuhan : DIA bekerja dari dalam (hati), seperti Murid-murid yang merasakan gelora dihati mereka, mereka merasakan jamahan Tuhan, sesuatu yang berbeda mereka rasakan tetapi kemudian tidak hanya berhenti sampai disitu pikiran mereka juga dibukakan oleh Tuhan. Sewaktu pikiran mereka dibukakan, mata mereka terbuka dan melihat Firman itu, pengertian itu juga bertumbuh.

(Lukas 24:25-35) ternyata yang diucapkan sewaktu didalam perjalanan ke Emaus, mereka disingkapkan pengertian tentang seluruh Kitab Suci mulai dari kitab-kitab Musa (Kejadian, Keluaran, Ulangan, Bilangan, Imamat) dan segala kitab nabi-nabi, yang semuanya berbicara tentang satu pribadi yaitu Yesus.
Pengertian itu dibukakan kepada mereka bahwa ternyata segala korban yang selama ini setiap tahunnya mereka bawa ke Bait Allah untuk dikorbankan itu berbicara tentang Yesus yang disalibkan.
Dimana awalnya mereka cuma mengerti bahwa darah korban yang mereka persembahkan dari domba jantan yang tidak bercacat (domba yang dikhususkan) untuk Tuhan di Bait Allah itu sanggup menghapus dosa selama setahun, saat itu juga mereka mengerti bahwa betapa lebihnya lagi tentang Darah Yesus yang tercurah di atas kayu salib yang disingkapkan/dibukakan oleh Tuhan sendiri.

••• YANG MEMBUKA PIKIRAN MEREKA DAN PENGERTIAN ITU •••

Sewaktu kita mengenal Tuhan, hal yang sama harus terus bertumbuh untuk mengenal Tuhan, bertumbuh didalam pengertian, karena untuk seperti apa kita mengerti mengenal Tuhan, kita mengalami perubahan melalui terobosan berkat-Nya.
Mari kita mengenal Tuhan lebih lagi, meminta pengertian dari-Nya sewaktu kita memberi waktu kita membaca Firman-Nya lebih dan lebih lagi dan berdoa sampai kita bertumbuh dan kemudian kita sharingkan (bagikan) kepada orang lain.

Kesaksian: ada orang yang berdoa selama 3 hari berturut-turut selama 12 jam setiap harinya, jadi totalnya 36 jam, apa rahasianya?

Berdoa didalam Tuhan sewaktu kita bergaul karena ada Roh Kudus didalam kita, jadi sewaktu kita berdoa itu tidallk terasa, walaupun pada awalnya kedagingan kita sepertinya berat sekali. Kita tidak bisa fokus karena pikiran kita masih memikirkan yang lain, tetapi ketika kita tetap bertahan dan tetap fokus maka di jam-jam berikutnya itu adalah masa dimana kita bisa bertemu Tuhan. Apabila kita memiliki karunia berbahasa Roh, kita terus menyembah Tuhan sampai kemudian kita merasakan hadirat Tuhan, merasakan urapan-Nya, ada kuasa yang kita rasakan mengalir ditubuh kita dan kemudian ketika didorong oleh Tuhan untuk berdoa dengan powerful dan kita mengetahui doa kita dijawab oleh Tuhan.

Lukas 24:46-49
Kata-Nya kepada mereka: “Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga, dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem. Kamu adalah saksi dari semuanya ini. Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi.”

Ini berbicara tentang menantikan kuasa dari Roh Kudus dicurahkan bagi setiap orang yang percaya. Kita semua memiliki Roh Kudus, kita memiliki kuasa sehingga ketika kita mendoakan orang yang sakit dan percaya bahwa kuasa itu sudah diberikan kepada kitasehingga kita tidak lagi bergantung kepada Hamba Tuhan untuk mendoakan karena kita pun punya kuasa yang sama yang didalam kita untuk mendoakan orang sakit dan melihat mereka disembuhkan.

Seperti pak Hendrik setiap pergi pelayanan mendoakan orang sakit, pak Hendrik akan lebih mendorong orang lain yang mendoakan, sehingga mereka juga bisa mengalami bahwa mereka juga bisa dipakai oleh Tuhan. Ketika mereka berdoa dan melihat kuasa Tuhan di Dalam Nama Yesus, orang yang sakit disembuhkan.

Seperti murid-murid sebelumnya tidak mengetahui tentang kuasa itu karena pengertian itu belum mereka terima, belum masuk dan dibukakan tetapi ketika pengertian Firman Tuhan itu itu masuk dan dibukakan kemudian kita aplikasikan dan kita akan mengalami kuasa itu.

Roma 1:21
Sebab sekalipun mereka mengenal Allah, mereka tidak memuliakan Dia sebagai Allah atau mengucap syukur kepada-Nya. Sebaliknya pikiran mereka menjadi sia-sia dan hati mereka yang bodoh menjadi gelap.

Banyak orang yang mengenal Tuhan tetapi pikiran mereka terkutuk, pikiran mereka sia-sia, oleh sebab itu mari kita jangan hanya sampai mengenal Tuhan saja karena pengenalan yang benar adalah ketika Tuhan membukakan kita pengertian.

Banyak orang mengenal Tuhan hanya sampai diawal saja tetapi tidak bertumbuh didalam pengenalan, karena untuk bertumbuh dalam pengenalan kita perlu memberikan waktu kita membaca dan merenungkan Firman, berdoa sehingga pikiran kita dibuka oleh Tuhan karena pengenalan kita dengan Tuhan secara pribadi, Bapa kepada anak-Nya.

Mengenal Tuhan secara pribadi adalah progressive (pertumbuhan). Pengenalan akan Tuhan harus bisa sampai mengubah hidup dan pikiran kita seperti Paulus yang awalnya radikal ketika masih bernama Saulus yang membunuh setiap Hamba Tuhan dan jemaat, tetapi sewaktu berjumpa dengan Yesus dalam perjalanannya ke Damsyik hidup dan hatinya berubah kemudin dia mengenal Tuhan dan menjadi radikal terhadap Firman, dia mengasihi semua orang dan Tuhan memakai hidupnya.

••• MATA MEREKA TERBUKA, PENGERTIAN DIBERIKAN •••

Bagaimana dengan pengertian didalam bisnis? Karena banyak orang berpikir bahwa Firman Tuhan itu hanya untuk di gereja saja, untuk kehidupan biasa tetapi bukan untuk kehidupan didalam bisnis.

Firman Tuhan juga untuk kesuksesan kita, pengertian untuk segala hal di hidup kita Tuhan akan beri pengertian. Seperti Yesus berkata "... Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala KELIMPAHAN."(Yohanes 10:10)

Kelimpahan bukan hanya berbicara tentang keuangan, tetapi kelimpahan juga berbicara tentang kehidupan yang ditransfer, kehidupan sorgawi dimasukkan kedalam hidup anda, pengertiannya bagaimana bertumbuh mengenal Tuhan. Ketika anda mulai bertumbuh sehingga ketika diaplikasikan didalam kehidupan, pengertian itu diberikan baik untuk kehidupan rumah tangga maupun didalam kehidupan berbisnis. Melalui tuntunan-Nya anda akan diberikan pengertian bagaimana setiap orang dengan yang lainnya memiliki iman yang berbeda dalam hal tingkatannya karena pengertian yang diterima berbeda-beda.

Seperti perwira Kapernaum yang berkata melalui sahabat-sahabatnya ketika Yesus ingin ke rumahnya menyembuhkan hambanya yang sedang sakit
“Tuan, janganlah bersusah-susah, sebab aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku; sebab itu aku juga menganggap diriku tidak layak untuk datang kepada-Mu. Tetapi katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh.
(Lukas 7:6-7)

Perwira kapernaum ini melihat otoritas yang daripada Tuhan Yesus, dan seperti apa yang dia percayai, seperti apa dia mengerti tentang Tuhan, kuasa dan pribadi Tuhan seperti itu yang dia terima.
Begitu juga dengan aplikasi didalam hidup kita, untuk mengenal Tuhan tidak ada cara yang lain selain melalui Firman-Nya, sewaktu kita membaca-Nya kita bertumbuh dengan pengertian dan Tuhan akan singkapkan rahasianya.

••• Menuntun kita langkah demi langkah kepada seluruh kebenaran •••

Yohanes 16:12-13
Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya. Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

Ayat ini berbicara tentang nubuatan akhir zaman, juga berbicara tentang karunia kenabian (hal-hal yang akan datang) yang diberitahukan oleh Roh Kudus.

(Yohanes 16:13a)
Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran;

Tidak ada orang yang bisa dipimpin kedalam kebenaran tanpa Roh Allah. Ketika kita membaca firman Tuhan kita tidak akan mengerti dengan benar akan Firman kalau kita tidak dipimpin oleh Roh Allah/Roh Kudus.
Hanya ketika kita dipimpin oleh Roh Kudus kemudian kebenaran itu disingkapkan, kita bisa mengerti akan kebenaran Firman Tuhan, yang akan memimpin kita kedalam seluruh kebenaran diseluruh Firman-Nya, pengertian demi pengertian dibukakan, kita didewasakan sesuai dengan kebenaran yang kita terima, yang akan menuntun kita kepada seluruh kebenaran.

Apakah ketika didalam kita ada Roh Kebenaran maka kita akan mengerti akan semua kebenaran?

Banyak yang berpikir ketika Roh Kudus menuntun kita kepada seluruh kebenaran itu berbicara tentang pengetahuan, tidak!
Karena Roh Kudus memimpin kita kepada seluruh kebenaran tidak langsung sekaligus kita mengetahui seluruh kebenaran, karena Roh Allah/Roh Kudus yang ada didalam kita akan memimpin dan menuntun kita langkah demi langkah kepada seluruh kebenaran.
Setelah satu hal dikerjakan, Tuhan akan bukakan lagi kebenaran/pewahyuan berikutnya.

Roh kebenaran ini berbicara tentang Roh Wahyu yang disingkapkan, Firman yang sama yang mungkin kita pernah baca, tiba-tiba menjadi hidup dan kita merasa kalau kita baru saja menemukan pewahyuan itu padahal ayat itu sudah sering dan berulang-ulang kali kita baca. Artinya kita dituntun didalam kebenaran itu, ayat yang biasa kita baca dan dengar tetapi ketika kita mendengarnya kembali melalui kotbah kita merasa kita menemukan hal yang baru.

Sewaktu Roh Kudus menuntun kita, menyuruh kita melakukan sesuatu, sewaktu kita melakukannya dalam ketaatan maka kebenaran berikutnya DIA singkapkan dan kemudian ketika kita taat lagi maka kebenaran berikutnya akan disingkapkan lagi.

Pewahyuan itu sesuatu yang mahal harganya karena Tuhan tidak singkapkan pewahyuan selanjutnya kalau tanpa belajar taat kepada apa yang Roh Kudus perintahkan. Seringkali ketika Roh Kudus memerintahkan sesuatu, itu sesuatu yang tidak enak bagi daging, kita merasa tidak mampu untuk melakukannya tetapi kita mengetahui kalau itu yang Tuhan kehendaki dan kita mau melakukannya.

Kebenaran itu seperti suatu pintu yang tiba-tiba kita melihatnya, kita mau taat, dan melakukan seperti yang Roh Kudus perintahkan dan sewaktu kita mau masuk ke pintu yang kedua, kita akan belajar untuk taat lagi. Kita tidak akan masuk kepintu yang kedua sebelum kita dibukakan pada pintu yang pertama.
Tuhan singkapkan kebenarannya bukan untuk kita ketahui di otak/pikiran kita tetapi untuk kita lakukan/dikerjakan.

Banyak orang berpikir Hamba Tuhan akan mengetahui banyak Firman karena sekolah, sekolah memang bagus anda mau S1, S2, S3 teologia itu bagus tetapi itu tidak akan pernah cukup membuat anda punya kedewasaan, punya pengetahuan didalam seluruh kebenaran itu.

"... Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran."

Jadi Roh kebenaran itu (Roh Kudus) akan memimpin kita sewaktu kita hidup, apakah ketika kita merasa bahwa Roh Kudus memimpin kita dan adakah kita mengijinkan Roh Kudus memimpin setiap langkah kita? Mari ijinkan Tuhan memimpin setiap langkah kita, apa yang harus kita lakukan dalam seluruh kebenaran Firman Tuhan dan seumur hidup kita akan belajar untuk melakukannya. Tidak seorangpun yang sudah sempurna, tidak ada satu Hamba Tuhan pun yang berkata dia sudah lulus. Semakin anda dipakai oleh Tuhan, anda butuh pimpinan Tuhan lebih lagi, semakin anda mengenal Tuhan, anda butuh pimpinan Tuhan lebih lagi.

... sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya ...

Yesus mengajarkan bagaimana sebenarnya beroperasi didalam pengurapan. Roh Kudus meninggikan Bapa dan Yesus yang adalah resource/sumber daripada kehendak Bapa.
Pewahyuan itu sumbernya daripada Bapa, Firman disingkapkan kepada setiap kita dan kemudian kita melihat kebenarannya. Firman Tuhan itu menjadi begitu bergairah ketika kita membaca Firman-Nya dengan begitu antusias dan kita menemukan Firman itu hidup seperti berbicara di hati dan roh kita dan menegur kita.

... dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

Yesus selalu berkata "Aku bekerja waktu Bapa bekerja" oleh karena itu kenapa Tuhan kadang-kadang menyembuhkan banyak orang sekali ibadah, tetapi kadang-kadang Tuhan hanya menyembuhkan beberapa orang saja, bahkan dikolam berada di Kolam Betesda dekat serambi Salomo (Yohanes 5:1-9), DIA hanya menemui satu orang lumpuh yang sudah 38 tahun lamanya sakit, orang yang belum DIA kenal sebelumnya, orang yang sebenarnya mengharapkan ada orang yang mengangkatnya kedalam kolam ketika kolam itu berguncang. Tetapi YESUS cuma bertanya "maukah engkau sembuh?" kemudian sembuh dan setelah itu YESUS langsung menghilang meninggalkan sejumlah besar orang sakit yang berada disitu. (Kolam Betesda memiliki 5 serambi yang semuanya selalu penuh oleh orang sakit yang menanti goncangan air untuk disembuhkan)
Kenapa bisa seperti itu? kenapa YESUS tidak menyembuhkan yang lainnya? Karena DIA mengikuti kehendak BAPA, DIA mendengarkan apa kata Roh Kudus.

Roh Kudus memberitahukan, mewahyukan kepada kita bukan dari dirinya sendiri tetapi sesuatu yang didengar-Nya itu yang akan dikatakan-Nya. Roh Kudus itu Roh wahyu tetapi apa yang DIA katakan/wahyukan itu dari Bapa yang memberitahukan dari Roh Kudus.

Setiap pewahyuan dari Roh Kudus dasarnya dari Firman-Nya yang diingatkan kepada kita, tidak pernah pernyataan nubuatan yang tidak sama dengan Firman Tuhan.

Iblis juga berbentuk roh, yang juga bisa berbicara dan mengatakan sesuatu.

Inilah pentingnya kita membaca Firman Tuhan lebih lagi karena kita bisa mengetahui suatu pernyataan/pewahyuan nubuatan itu dari Tuhan karena kita pernah membaca-Nya dan diingatkan kembali.

Walaupun ada juga beberapa orang yang tidak percaya bahwa Tuhan bisa berbicara kepada umat-Nya, tetapi kalau DIA Tuhan yang hidup pasti DIA berbicara karena yang kita sembah bukan patung tetapi kita menyembah Tuhan yang hidup.

5. Kesuksesan itu hati yang mau belajar menempatkan Roh Kudus sebagai guru/pengajar dalam segala sesuatu.

Yohanes 14:26
tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Roh Kudus yang diutus itu yang sudah ada bersama-sama dengan kita, DIAlah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepada kita. Karena kesuksesan didalam hidup kita tidak pernah lepas daripada ajaran dari Roh Kudus. Melibatkan Roh Kudus didalam segala hal di kehidupan kita baik itu didalam pekerjaan dan bisnis kita karena Roh Kudus akan mengajarkan didalam segala sesuatu, Roh Kudus akan mengajarkan Firman-Nya dan mengajarkan apapun yang sedang kita butuhkan dan ketika kita berdoa Roh Kudus akan mengingatkan kita Firman walaupun pada awalnya terasa berat, kita merasa tidak mampu dan sulit untuk melakukannnya.

Seperti ketika akan membuka sebuah toko didalam memulai sebuah bisnis dan kita dihadapkan dengan berbagai pilihan lokasi toko yang akan kita tempati, kadang pikiran kita berkata pilihan A yang bagus tetapi apa yang kita lihat bagus belum tentu itu yang bagus menurut Tuhan sehingga Roh Kudus yang akan mengajarkan segala sesuatu kepada kita, Roh Kudus yang didalam kita yang ketika kita sudah mengenal-Nya secara pribadi yang akan mengajarkan segala sesuatu sehingga kita bisa memilih sesuatu yang Tuhan suka dengan bantuan Roh Kudus.

Kesaksian: Ketika pertama kali membuka Ayam penyet pak Tjomot di Sungguminasa Gowa, yang awalnya sebenarnya yang akan dibuka adalah Ayam penyet Ria yang sudah memiliki 100 lebih cabang di seluruh Indonesia, pak Hendrik waktu itu sudah membeli franchisenya sebentar lagi akan dibuka, undangan sudah dicetak dan mereknya sudah dipasang. Tetapi kemudian yang memiliki franchise yang di Makassar protes kepada pemilik franchise kenapa memberi izin membuka di Gowa dengan alasan terlalau dekat perbatasan Gowa - Makassar. Pengacara pak Hendrik waktu itu berkata itu bukan suatu masalah dan secara Hukum pak Hendrik tidak salah dan kalaupun diperkarakan pak Hendrik dipihak yang benar. Tetapi pak Hendrik ingin menyelesaikannya secara baik-baik dan penuh Damai Sejahtera. Kemudian pak Hendrik dan ibu memutuskan untuk mendoakan dan Tuhan berkata untuk mengalah, Tuhan berkata "Aku yang memberkatimu, bukan merek itu" kemudian pak Hendrik dan ibu sepakat untuk memilih satu merek yang baru yang baru memiliki 3 cabang didalam satu kota.
Kalau dipikir didalam dunia perdagangan/bisnis mengganti merek yang sudah dibeli dan sudah terpasang dan mengganti dengan merek yang baru yang belum terkenal orang akan/dunia akan berkata itu sebuah kebodohan tetapi pak Hendrik dan ibu mau belajar mengalah dan taat kepada Tuhan.

Bahkan dihari yang sama tempat dimana usaha akan dibuka, ada orang-orang yang menginfokan bahwa ditempat itu sudah ada 3 orang yang dulu membuka usaha ditempat itu tutup semua bahkan ada yang sudah tutup sebelum masa kontarakannya habis. Di hari yang sama Tuhan menyuruh untuk mengalah, di hari yang sama mendapat info bahwa semua usaha yang dibuka ditoko yang dikontrak itu semuanya gagal, tetapi ada Tuhan dan Roh Kudus yang akan mengajari apa yang mesti dilakukan.

Ketika merek diturunkan dan menggantinya dengan Ayam penyet pak Tjomot yang walaupun orang belum pernah kenal tetapi karena ketaatan dan mau bersandar kepada Tuhan, Tuhan mengetahui apa yang terbaik karena seandainya tetap memaksakan memakai merek itu tempat pak Hendrik terlalu kecil dan pasti cuma bisa buka disitu aja karena merek itu sudah ada diseluruh Indonesia dan Tuhan berkata "Aku memberi merek pak Tjomot" agar pak Hendrik bisa membuka ditempat yang lain di seluruh Indonesia. dan pada tanggal 22 oktober 2015 kemarin Ayam Penyet Pak Tjomot berhasil meraih penghargaan Makassar Most Favourite Award Culinary 2015 untuk kategori Ayam Penyet pada The 6th Awarding Night MMF 2015. Itu semua karena Tuhan dan Tuntunan/ajaran Roh Kudus.
Ayam Penyet Pak Tjomot
Pemenang Makassar Most Favourite Culinary 2015

Sewaktu kita melakukan Firman, ketika kita tidak mengerti tetapi ketika kita taat Tuhan akan memberitahukan kepada kita hal-hal yang akan datang waktu kita belajar untuk ikut tuntunan Tuhan hidup kita akan berhasil, dan membuat kita berbeda dengan orang lain karena kita adalah anak-anak Allah yang mempunyai Roh Kudus yang bisa kita libatkan dalam pekerjaan kita. Sewaktu perusahaan kita dalam masalah ketika kita libatkan Roh Kudus kita diberikan hikmat dari Tuhan, kita diingatkan Firman, dan Tuhan akan mengajari kita cara mengatasi masalah tersebut dan Roh Kudus yang akan memberitahukan kita melalui doa-doa kita.

Roma 8:11
Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.

Roh Allah yang ada didalam kita, Roh yang sama yang akan membangkitkan kita pada akhir zaman. Tetapi yang akan kita bahas, yaitu tentang "Roh-Nya, yang diam didalam kita" DIA tidak jauh karena diam didalam kita yang artinya menyatu dengan kita dan bekerja dari dalam kita.

DIA diam didalam kita artinya DIA mau menyatakan bahwa DIA ada didalam kita, bekerja melalui kita. Kuasa kebangkitan Kristus itu kuasa kebangkitan kita nanti pada kehidupan yang kekal.
Roh (kuasa) itu ada didalam kita, masalahnya apakah kita mengijinkan untuk DIA bekerja dari dalam kita? Apakah kita mengijinkan DIA untuk mengubah hidup kita hari demi hari? Apakah kita mengijinkan DIA bermanifestasi kenyataan bahwa Kristus ada didalam kita? Roh yang sama yang ada pada Kristus, yang membangkitkan Kristus, Roh yang sama sewaktu Kristus berjalan di bumi ini, DIA ada didalam kita.

Satu prinsip dari Roh Allah (Roh Kudus) yaitu tidak pernah memaksakan kehendaknya, Roh Kudus adalah Roh yang sangat gentle, jadi jangan berpikir kalau ada Roh Allah didalam kita maka kita akan seperti robot yang bisa diatur kesana kemari sesukanya karena DIA lebih besar daripada kita.
Roh kudus sekalipun DIA Roh yang penuh kuasa tetapi DIA bukan mau menguasai kita tanpa kita setuju, tanpa kita ingin dikuasai.

Roh Kudus tidak akan mengajar kita kalau kita berpikir kita lebih pintar dari DIA.

Roh Kudus tidak akan bekerja kuasanya kalau kita merasa kekuatan kita lebih hebat, kalau kita merasa lebih pintar akan Firman.

Roh Kudus tidak akan singkapkan pewahyuan kalau kita merasa lebih pintar karena ayat-ayat Firman sudah kita hafal semuanya.

Roh Kudus ini Roh yang sangat gentle, yang orang sulit memahaminya kalau orang tidak pernah mengalaminya. Karena Kekristenan berbicara tentang mengalami yang membuat kita bergairah, yang membuat kita hidup.
Kalau kita mengalami Tuhan, maka kita memiliki kehidupan kekristenan yang kuat yang penuh dengan gairah.

Banyak orang yang tidak pernah mengalami Tuhan, kehidupan kekristenannya hanya sebatas di bagian luar saja, tetapi kalau kita mengalami Tuhan sendiri, Kuasa Roh Kudus, kehidupan Tuhan ada didalam kita, kita mempunyai kehidupan yang bergairah. Kita bisa berdoa berjam-jam, ketika datang beribadah kita begitu bergairah, ketika membaca Firman kita begitu bergairah, karena kita mengalami sendiri. Mari coba bandingkan dengan orang yang tidak mengalami, orang akan malas datang untuk beribadah, sekalipun datang pasti akan mengantuk didalam ibadah.

Ketika anda mengalami Tuhan, kehidupan anda akan penuh dengan gairah, kehidupan anda akan penuh dengan kehidupan yang luar biasa, anda akan merasakan sesuatu yang berbeda, kita akan merasakan bahwa ada sesuatu yang bekerja dari dalam kita.
Roh Allah yang membuat kita bergairah, hidup dalam kehidupan kita.

Jika Roh Allah ada didalam kita, manifestasi kehadiran-Nya dinyatakan, oleh sebab itu Daud berkata "Jangan pernah ambil Roh-Mu yang Kudus daripadaku"
Daud mengetahui persis suatu hal bahwa hanya Roh Allah yang membuat dia ada, hanya Roh Allah yang membuat dia mengenal Firman dan melihat kuasa-Nya.

"... Yang diam didalam kamu."

Bayangkan Roh Allah yang menciptakan, Roh Allah yang dihembuskan, Roh Allah yang melayang-layang, yang menciptakan langit dan bumi, Roh Allah yang diam didalam kita dan ketika kita merasakan Roh Allah diam didalam kita, beroperasi dalam pengurapan adalah waktu kita merasakan kehadiran-Nya dan sewaktu kita menjamah orang sakit, sewaktu kita berdoa didalam kamar (Rahasia doa yang efektif bukan dari banyaknya ucapan doa yang kita ucapkan tetapi ketepatan waktu kapan waktunya kita ucapkan doa tersebut).
Sewaktu kita menyembah dan berbahasa Roh untuk membangun hubungan kita dengan Tuhan terus menerus dan kemudian ketika kita merasakan hadirat Tuhan yang kuat dan ketika Tuhan menyatakan kepada kita untuk menyatakan sesuatu, Roh Kudus tiba-tiba ingatkan sesuatu dan mendorong kita untuk mengatakan itu, dan ketika kita mengatakan itu dengan Iman dan doakan, maka itu akan terjadi.

Sewaktu kita berdoa dan mengetahui bahwa Roh Allah menyuruh kita untuk mengatakan itu dan ketika kita perkatakan, itu pasti terjadi karena Roh Kudus menyuruh kita untuk memperkatakan apa yang Bapa ingin kita katakan, itulah kuasa penciptaan sewaktu kita mengucapkan itu didalam pengurapan karena kita sudah menerima dari apa yang Roh Kudus telah terima dari Bapa.
Ketika Roh kudus mengatakan kepada kita sesuatu yang Bapa sudah karuniakan kepada-Nya untuk dikatakan dan kemudian kita perkatakan, itu pasti terjadi tanpa suatupun keraguan.

Mari inginkan, rindukan dan nantikan Roh Kudus didalam setiap doa kita dan menahan diri sampai Tuhan menyuruh kita untuk perkatakan, karena Tuhan mengetahui apa yang kita butuhkan.

Yohanes 16:14
Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku.

Perkataan Roh Kudus adalah untuk memuliakan Yesus. Tuhan mau kita setiap anak-anakNya mempunyai hidup yang berkelimpahan bukan hanya materi keuangan tetapi Damai sejahtera sukacita, Tuhan mau kita mengalami dalam hidup kita kelimpahan itu, dan sewaktu kita mengalami kelimpahan itu adalah bukan untuk kemuliaan kita, tetapi hal-hal yang Roh Kudus utarakan adalah agar kita memuliakan Yesus.

Tuhan akan bekerja didalam bisnis yang DIA percayakan kepada kita kalau bisnis itu adalah untuk memuliakan Yesus. Banyak orang yang tidak bisa melihat kenyataan Tuhan bekerja didalam bisnis karena bisnisnya tidak pernah untuk memuliakan Tuhan.

Roh Kudus bekerja agar Yesus dimuliakan, sewaktu DIA menolong kita, waktu DIA bekerja melalui kita adalah agar Yesus dimuliakan.

Zakharia 4:6
Maka berbicaralah ia, katanya: “Inilah firman Tuhan kepada Zerubabel bunyinya: Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman Tuhan semesta alam.

Untuk meraih kesuksesan dalam segala hal bukan karena keperkasaan, bukan dengan kekuatan melainkan dengan Roh Allah, yang akan mengajarkan dan menyingkapkan hal-hal yang akan datang yang mengajarkan kita kedalam seluruh kebenaran.

Amen!

Jurnalist: Untung Bongga Karua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENGENAL ISI HATI BAPA (Bagian Pertama)

  MENGENAL ISI HATI BAPA (Bagian Pertama) Sabtu, 04 Februari 2023 Ps Joseph Hendrik Gomulya           Sejak awal manusia diciptakan Allah ...