Selasa, 17 Mei 2016

PERJANJIAN DARAH DAN PERJANJIAN ABRAHAM (BLOOD COVENANT AND ABRAHAM COVENANT)

TravellerS Phinisi, JKI Holy Glory Church Makasih (Ascension of Jesus Christ)

Jurnalist: Untung Bongga Karua

(Kamis, 05/05/2016)

Ps Samuel Yusuf (R.O.C.K Sydney)



Kejadian 15:7-12, 17-19
Lagi firman Tuhan kepadanya: “Akulah Tuhan , yang membawa engkau keluar dari Ur-Kasdim untuk memberikan negeri ini kepadamu menjadi milikmu.” Kata Abram: “Ya Tuhan ALLAH , dari manakah aku tahu, bahwa aku akan memilikinya?” Firman Tuhan kepadanya: “Ambillah bagi-Ku seekor lembu betina berumur tiga tahun, seekor kambing betina berumur tiga tahun, seekor domba jantan berumur tiga tahun, seekor burung tekukur dan seekor anak burung merpati.” Diambilnyalah semuanya itu bagi Tuhan , dipotong dua, lalu diletakkannya bagian-bagian itu yang satu di samping yang lain, tetapi burung-burung itu tidak dipotong dua. Ketika burung-burung buas hinggap pada daging binatang-binatang itu, maka Abram mengusirnya.  Menjelang matahari terbenam, tertidurlah Abram dengan nyenyak. Lalu turunlah meliputinya gelap gulita yang mengerikan. Ketika matahari telah terbenam, dan hari menjadi gelap, maka kelihatanlah perapian yang berasap beserta suluh yang berapi lewat di antara potongan-potongan daging itu. Pada hari itulah Tuhan mengadakan perjanjian dengan Abram serta berfirman: “Kepada keturunanmulah Kuberikan negeri ini, mulai dari sungai Mesir sampai ke sungai yang besar itu, sungai Efrat: yakni tanah orang Keni, orang Kenas, orang Kadmon,

Kenapa bisnis jual beli tanah disebut Real Estate? Real artinya nyata, sesungguhnya; Estate artinya tanah/kepemilikan. Jadi bisnis yang paling aman adalah bisnis Real Estate.

Tuhan menjanjikan tanah bukan berlian, Tuhan memberikan perjanjian akan tanah perjanjian, oleh sebab itu Ps Samuel selalu mendorong buat jemaat yang beliau gembalakan kalau ingin menginvestasi sesuatu yang paling aman ialah tanah bukan bangunan karena bangunan bisa keropos, makin tua makin lapuk sedangkan tanah walaupun sekarang belum berfungsi, 10 tahun lagi mungkin bisa booming. Tidak akan pernah ada masalah dengan nilai sebuah tanah kecuali ada urusan administrasinya yang tidak beres.

Tuhan dari dahulu sudah berfirman untuk menguasai tanah.

Perjanjian (Covenant) adalah seperti dalam pernikahan kudus 2 orang bersumpah sepakat untuk suatu tujuan yang sama untuk menjadi pasangan suami-istri, jadi perjanjian itu sah jika minimal 2 orang atau lebih sepakat untuk satu tujuan yang sama, dimana setiap perjanjian akan di tandai dengan sebuah meterai.

Perjanjian yang Tuhan buat dengan darah disebut dengan Blood Covenant atau Perjanjian Darah. Perjanjian darah itu seperti cerita-cerita di film silat dimana 2 orang yang bertemu dan merasa cocok, kemudia mengiris tangan mereka kemudian darah mereka dicampur dengan wine/anggur dan mereka minum bersama. Dua darah yang dicampur menjadi satu, diminum dan diangkat menjadi perjanjian persaudaraan melalui darah (Blood Brothers), yang inilah yang sebenarnya Tuhan kerjakan, perjanjian lewat darah dengan kita.

Sewaktu Tuhan memanggil Abraham, setelah melalui beberapa fase dimana awalnya Tuhan berjanji memanggil Abraham keluar, Tuhan berjanji akan memberkati Abraham, Tuhan berjanji akan memberikan keturunan yang kenyataannya belum terjadi, pada saat itulah Tuhan berkata "Hari ini AKU akan membuat perjanjian (Covenant) dengan engkau".

PERJANJIAN DARAH terjadi oleh 2 pihak dan mereka akan selalu membuat itu dengan darah.

Kejadian 15:9-10
Firman Tuhan kepadanya: “Ambillah bagi-Ku seekor lembu betina berumur tiga tahun, seekor kambing betina berumur tiga tahun, seekor domba jantan berumur tiga tahun, seekor burung tekukur dan seekor anak burung merpati.” Diambilnyalah semuanya itu bagi Tuhan , dipotong dua, lalu diletakkannya bagian-bagian itu yang satu di samping yang lain, tetapi burung-burung itu tidak dipotong dua.

Ilustrasi atau gambarannya seperti begini, seekor lembu, kambing dan domba dibuat berdiri berjejer samping menyamping kemudian masing-masing dibelah dua, kemudian dua orang yang melalukan perjanjian akan berjalan ditengah belahan dari ketiga binatang tadi. Tujuannya mereka berjanji untuk sepakat, untuk membantu, untuk saling setia, untuk saling mengasihi, tidak ada yang bisa memisahkan mereka, kalau ada salah seorang dari mereka yang menyimpang atau melanggar perjanjian ini maka akan mati terbelah dua seperti binatang tadi. Inilah yang namanya Perjanjian darah atau Blood Covenant.



Perjanjian ini sangat kuat sekali, itulah yang terjadi lewat perjamuan kudus. Perjamuan kudus terjadi seperti diatas bukan cuma sekedar berjanji, karena ada darah yang dicurahkan. Sewaktu Tuhan ingin membuat suatu keyakinan yang besar lewat Abram/Abraham maka Tuhan berkata akan membuat perjanjian (covenant) dengannya, TETAPI seperti ilustrasi yang digambarkan diatas dimana perjanjian terjadi apabila ada dua orang yang berjalan atau sepakat. Mari kita perhatikan ke-ayat yang selanjutnya....

Kejadian 15:11-12
Ketika burung-burung buas hinggap pada daging binatang-binatang itu, maka Abram mengusirnya. Menjelang matahari terbenam, tertidurlah Abram dengan nyenyak. Lalu turunlah meliputinya gelap gulita yang mengerikan.

Perjanjian (covenant) antara Abram atau Abraham dengan Tuhan terjadi suatu kelainan atau keanehan. Diawal Firman Tuhan menjelaskan semua binatang dipotong dua, dibelah dan karena kejadian ini terjadi di tengah padang pasir dimana banyak terdapat binatang buas, ketika bangkai binatang-binatang yang sudah terbelah dua tersebut aroma semerbak dari darahnya akan memancing burung-burung buas untuk datang, dan Abraham setelah membelah dua dia kemudian duduk untuk menantikan Tuhan hadir sambil mengusir burung-burung buas yang datang karena harus ada 2 orang yang berjalan, Abraham tidak bisa melakukannya sendiri.

Karena Abraham kelelahan, dia pun kemudian tertidur.

Sewaktu Abraham tertidur, burung-burung buas itu tetap datang tetapi burung-burung buas itu tidak bisa memakan potongan-potongan daging binatang-binatang tersebut karena ADA TUHAN YANG MENJAGA. Sewaktu Abraham bisa menjaga, TUHAN TIDAK MENJAGA. Sewaktu Abraham sudah TIDAK BISA MENJAGA karena kelelahan, TUHAN YANG MENJAGA.

Kenapa harus menunggu sampai matahari terbenam baru Tuhan datang? bahkan saat itu gelap gulita yang menakutkan memenuhi Abraham.

Ketika orang menjadi ketakutan ketika menjanjikan janji Tuhan tetapi yang datang adalah kegelapan itu adalah wajar.

Kita mau menjadi apa? Ketika Tuhan berjanji kepada kita, dan ketika kita setia menunggu janji Tuhan dan mencoba dengan kekuatan kita sendiri sampai akhirnya kita kelelahan...

Kenapa Abraham tertidur karena lelah baru Tuhan hadir?

Kejadian 15:17-18
Ketika matahari telah terbenam, dan hari menjadi gelap, maka kelihatanlah perapian yang berasap beserta suluh yang berapi lewat di antara potongan-potongan daging itu. Pada hari itulah Tuhan mengadakan perjanjian dengan Abram serta berfirman: “Kepada keturunanmulah Kuberikan negeri ini, mulai dari sungai Mesir sampai ke sungai yang besar itu, sungai Efrat:

Ketika Abraham tertidur karena kelelahan, Tuhan kemudian hadir. Tuhan tidak membangunkan Abraham tetapi TUHAN HADIR DENGAN 2 MANIFESTASI:



• Pertama, dengan suluh (obor api) yang menyala.

• Kedua, dengan perapian (seperti yang oleh Imam besar ketika masuk ke ruang maha kudus membawa ukupan/perapian berupa asap) yang mengepul keluar yang berbau harum sebagi gambaran untuk menutupi pribadi Tuhan/Yesus supaya tidak tembus pandang, karena kalau tembus pandang orang yang melihatnya akan mati.

Kemulian Tuhan meliputi tempat itu dengan ASAP PERAPIAN/UKUPAN dan API yang berjalan di-tengah-tengah binatang yang dibelah 2.



Yang berjalan diantara potongan-potongan binatang tersebut hanya Tuhan.

Apakah Perjanjian (Covenant) ini sah?

Karena seharusnya ada 2 orang yang berjalan, kenapa hanya 1?

Tuhan mau berkata kalau "DIA YANG MEMBUAT JANJI", Tuhan cuma menginginkan dipihak kita TAAT MELAKUKAN PERSIAPAN SEGALA SESUATU karena TUHAN YANG BERJANJI/BERSUMPAH MAKA DIA YANG MENGGENAPI PERJANJIAN ITU.

Seperti Yesus ketika mati dikayu salib menyelesaikan sendiri, yang menanggung sendiri setiap dosa dan kesalahan kita dan bagian kita tinggal duduk, diam dan menerima saja.

Sejak di Perjanjian Lama Tuhan sudah berkata tentang anugerah yang luar biasa itu dan digenapi didalam Perjanjian Baru melalui Yesus yang mati dikayu salib, mencurahkan Darah-Nya, tubuh-Nya dicabik-cabik dan Tuhan Yesus melakukanNya sendiri.

Kekuatan dari perjanjian darah ini, dimana 2 orang berjalan atau sepakat dan kemudian apabila salah seorang tidak bisa menggenapinya atau melanggarnya maka harus mati, tetapi karena Tuhan sendiri yang berjalan, ada anugerah, ada kasih karunia Tuhan yang akan memulihkan/merestore kita.

Kita boleh jatuh, hancur tetapi Tuhan bersumpah demi Diri-Nya sendiri bahwa DIA yang akan menggenapinNya.

Covenant atau perjanjiannya cuma dilakukan oleh 1 orang, bagian Abraham cuma melihat dan membuat persiapan, Tuhan yang melakukan dan menyelesaikanNya.

Sewaktu Tuhan membuat covenant dengan kita, Tuhan cuma menginginkan dari pihak kita untuk cuma taat melakukan persiapan dan duduk diam selebihnya Tuhan yang melakukan.

Yesus pun melakukan hal yang sama, DIA mencurahkan Darah-Nya sampai DIA berkata, (Matius 26:39) kata-Nya: “Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.”
BAPA di sorga berkata "KAMU adalah domba yang tersembelih, Darah-Mu harus mengesahkan, memeteraikan perjanjian-Ku dengan umat-Ku.

Yesus lah lembu yang terbelah 2, Yesus lah kambing yang terbelah 2, Yesus lah domba yang terbelah 2. DIA lah burung merpati, burung tekukur yang dipotong.

Burung merpati dan burung tekukur yang seperti yang dijelaskan di kitab Imamat dikhususkan buat orang-orang miskin yang tidak bisa membeli lembu, kambing, dan domba. Mereka membuat meterai perjanjiannya dengan burung merpati atau burung tekukur.

Seperti pada waktu Yesus masuk ke bait Allah, disitu Yesus diposisikan sebagai orang yang miskin karena keluarga-Nya miskin. DIA tidak membawa lembu, kambing, atau domba tetapi DIA membawa burung, karena kalau hanya lembu, kambing,  atau domba yang bisa dipakai karena hanya orang kaya yang bisa memilikinya, oleh sebab itu diberikan banyak variasi.

Tuhan mau berkata, kamu mau kaya, sedang, atau miskin Tuhan bisa membuat Covenant atau perjanjian dengan setiap orang.

Inilah bagaimana luar biasanya, pengorbanan tubuh dan darah Yesus dalam Paskah yang kita peringati 40 hari yang lalu dan hari ini kita peringati hari kenaikan-Nya dan 10 hari lagi kita akan peringati hari pencurahan Roh Kudus (Pentakosta).

Tuhan berjanji lewat tubuh dan darah-Nya lewat perjanjian (covenant) yang diberikan-Nya, sehingga sewaktu DIA naik ke sorga, DIA berkata akan kembali karena DIA membuat perjanjian (covenant).

PERJANJIAN DARAH DIDALAM PERNIKAHAN

Pesan Tuhan buat anak-anak muda yang belum menikah, jangan menyerahkan keperjakaan dan keperawananmu sebelum menikah karena ada Perjanjian Darah disitu.

Sumpah yang diucapkan oleh ke-2 mempelai di altar akan dimeteraikan dengan darah pertama ketika pertama kali berhubungan sex.

RENCANA KEDATANGAN TUHAN

THROUGH THE BLOOD OF JESUS CHRIST WE RECEIVE THE BLESSINGS OF ABRAHAM



Galatia 3:13-14
Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: “Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!” Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oileh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu.

Yesus yang menjadi kutuk karena hukum Taurat, hukum yang tidak mungkin bisa digenapi oleh siapapun kecuali oleh Yesus sendiri. Jadi kalau ada pengajaran yang mengatakan kita tidak perlu lagi Perjanjian Lama jangan terima pengajaran itu dan kalau perlu tendang keluar dari rumahmu.

Perjanjian Lama sangat kita butuhkan untuk kita mengerti seluruh cerita Alkitab yang mana didalam setiap kitab/buku disitu banyak diceritakan tentang pribadi Yesus sebagai gambaran atau perlambang.

Melalui Yesus Kristus berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, termasuk kita di Indonesia apapun sukunya; mau Bugis, Makassar, Toraja, Mandar, Jawa, Batak, Sunda dan suku bangsa lainnya.

Kita perlu mengetahui apa yang terjadi dengan perjanjian Abaham dan Bapa di Sorga.

Didalam Yesus kita cuma mengetahui tentang keselamatan, Darah Yesus, dan anugerah tetapi kita juga perlu bisa menjelaskan kenapa Abraham disebut bapak orang beriman?

Di dalam Perjanjian (Covenant) itu ada banyak sekali berkat yang sering kita tidak sadari karena kita merasa bahwa didalam Abraham kita menjadi orang beriman tetapi justru sebenarnya masih banyak sekali berkat-berkat didalam dan melalui Abraham yang Tuhan janjikan yang seperti Paulus katakan dan bahas yaitu, Didalam Yesus Kristus semua berkat perjanjian (covenant) yang BAPA janjikan kepada Abraham menjadi bagian kita.

Kalau kita tidak mengetahui/mengerti tentang Perjanjian (Covenant) itu kita tidak bisa menerimanya.

Seperti kisah nyata yang diceritakan berikut: Seorang janda miskin yang buta huruf memiliki seorang anak yang kemudian menjadi kaya kemudian anaknya yang menjadi kaya mengirimkan kepada Ibunya selembar cek yang apabila dirupiahkan bernilai 1 Milyar rupiah yang kemudian hanya disimpannya dan si ibu memilih untuk tetap tinggal digubuknya yang reot dan tetap hidup miskin serba berkekurangan, kadang bisa makan kadang tidak, ibarat mati segan mati tak mau. Sampai pada suatu hari ada temannya datang berkunjung kerumahnya untuk menengok dan bertanya dengan heran bukankah anakmu sudah menjadi kaya di negeri seberang kenapa hidupmu masih seperti ini?
Janda ini berkata kalau dia tidak tau apa-apa, tidak bisa ngapa-ngapain, dan berkata anaknya hanya mengirimkannya selembar kertas, kemudian mengambilnya dari tempat dia menyimpannya dan memperlihatkannya kepada temannya. Ketika teman ibu ini melihat dan membaca isi cek itu, teman ibu ini kaget dan berkata kalau sebenarnya anaknya sudah memberikannya uang yang sangat banyak berupa cek senilai 1 Milyar.

Berapa banyak kita seperti janda ini, Tuhan sudah membuat banyak sekali perjanjian dengan kita didalam Alkitab, tetapi kita yang tidak pernah membaca, dan mengerti sehingga kita tidak menerimanya dengan benar.

STOP Berkata "Biar miskin didunia, nanti mati masuk sorga jadi kaya"

Padahal Tuhan sudah menebus kita dari kutuk hukum Taurat, dari kemiskinan. Jadi kalau kita sudah ditebus dari kemiskinan ngapain kita mau hidup miskin didunia? Ini jangan dianggap sebagai Prosperity Gospel kemakmuran tetapi kita harus melihat kebenaran Firman Tuhan, jangan semua yang diajarkan kita terima.

BERKAT ABRAHAM SAMPAI KEPADA KITA

Dengan kita hidup didalam Yesus, bertobat, dibaptis, lahir baru, dan penuh Roh Kudus kita menerima semua warisan Perjanjian BAPA dengan Abraham.

Pertanyaanya, tau nggak sih kita apa isi perjanjian-Nya? tau nggak kita apa janji BAPA kepada Abraham? apakah cukup kita hanya hidup beriman dan kemudian mati masuk sorga?

BUKAN

Kita tidak dijanjikan hidup didalam sorga, kita dijanjikan untuk hidup berkuasa diatas muka bumi, kita di sorga cuma sementara dan itupun bukan di sorga yang merupakan tempat kediaman Tuhan karena tempat kediaman Tuhan tidak seorangpun bisa kesana, kecuali Malaikat, Serafim, dan orang-orang yang Tuhan tentukan.

Tempat kita ialah di Firdaus yang adalah sorga level kedua tempat ketika kita mati yang menjadi tempat penampungan sementara, jadi kita tidak berada di sorga memerintah bersama BAPA tetapi kita nanti memerintah bersama Yesus nanti di bumi setelah bumi di pulihkan.

Bagaimana mereka yang mati yang tidak mengenal Tuhan? Mereka akan ditempatkan di hades, level ke 3 dari neraka selain gehena dan kataros.

Jadi kita hanya sementara berada di Firdaus bersama dengan Yesus, sampai seluruh bumi ditundukkan dan dipulihkan penuh dengan kemuliaan Yesus. Yesus akan turun pada kedatangan-Nya yang kedua, DIA menjadi Raja atas segala raja, Yesus menjadi Raja Besar, kita menjadi raja kecil.

MENGAPA KITA PERCAYA YESUS?

Salah satu tujuan kenapa kita percaya Yesus adalah untuk mengerti berkat Abraham sampai kepada kita.

Kejadian 24:1
Adapun Abraham telah tua dan lanjut umurnya, SERTA DIBERKATI TUHAN DALAM SEGALA HAL.

ABRAHAM DIBERKATI TUHAN DALAM SEGALA HAL

Inilah yang disebut PROSPERITY GOSPEL TOTALLY. Banyak pengajaran tentang Prosperity Gospel hanya mengajarkan tentang keuangan tetapi yang Tuhan sebenarnya janjikan kepada Abraham adalah TOTALLY PROSPER (DIBERKATI DALAM SEGALA HAL).

Rumah tangga, anak-anak, Bisnis, Kesehatan, Usaha, dan Pelayanan kita PROSPER (DIBERKATI).

Jangan mencari harta emas dan permata, jangan mencari popularitas, karena itu akan kita terima sewaktu kita menerima janji Abraham.

Bangsa-bangsa akan menjadi milik kita, kita akan terkenal diseluruh dunia hanya karena promosi dari Tuhan.

Jangan ijinkan dan biarkan orang mempromosikan hidupmu, karena ketika orang yang mempromosikan hidup kita, orang itu juga nanti yang akan menjatuhkan kita, tetapi mari biarkan Tuhan yang mempromosikan hidup kita.

Seperti yang kita lihat Abraham DIBERKATI DALAM SEGALA HAL, jangan karena kita merasa kita belum melayani Tuhan kemudian merasa tidak akan diberkati Tuhan. Pelayanan atau tidak pelayanan kita tetap akan diberkati.

Kesaksian: Suatu kali di gereja dimana Ps Samuel menggembalakan, setiap beliau berkhotbah beliau menyiapkan mike tersendiri yang tidak boleh seorangpun boleh memakainya dan hal itu sudah diberitahukan kepada seluruh bagian soundsystem kalau tidak seorangpun diperbolehkan menggunakannya. Suatu kali Ps Samuel masuk ke gereja dan yang berkhotbah adalah anak Ps Samuel, setelah duduk beliau kaget ketika melihat anaknya berkhotbah memakai mike yang milik Ps Samuel, yang sebelumnya sudah dipesankan untuk tidak seorangpun diperbolehkan untuk memakai mike tersebut, yang membuat Ps Samuel jadi marah dan kesal.

Sewaktu Ps Samuel duduk mendengarkan anaknya berkhotbah, Roh Kudus bertanya dihati beliau "Siapa yang memakai mike itu?" dan beliau menjawab "itu anaknya" dan Roh Kudus kemudian berkata " kalau anakmu yang memakai punyamu kenapa kamu harus marah?" Ps Samuel pun terdiam.

Setelah ibadah selesai Ps Samuel mendatangi bagian soundsystem dan bertanya apakah mereka yang memberikan anaknya mike tersebut? Mereka menjawab bahwa anak Ps Samuel sendiri yang meminta. Ps Samuel yang seharusnya menegur anaknya, tetapi beliau tidak menegurnya walaupun menurut Ps Samuel anaknya sudah bertindak agak sedikit kurang ajar karena anaknya memang tidak mengetahui tentang larangan seperti itu, karena anak Ps Samuel percaya bahwa apa yang bapaknya punya, dia berhak juga memakainya, itulah anak karena kalau seorang pembantu atau orang lain tidak akan mungkin berani. Karena merasa dirinya anak, anak Ps Samuel berani memakai mike itu tanpa seijin Ps Samuel.

Anak Ps Samuel bersikap seperti itu bukan karena dia kurang ajar, kurang sopan, tetapi anak Ps Samuel bertindak untuk menunjukkan bahwa dia anak dari Ps Samuel dan dia punya otoritas untuk memakai mike tersebut.

Dahulu Ps Samuel punya pemikiran yang bisa dikatakan suatu kesombongan, yaitu bahwa seandainya apabila beliau diijinkan ke sorga beliau akan hanya bertanya kepada 2 orang yaitu Adam dan Abraham.

1) Kepada Adam, Ps Samuel akan bertanya kenapa Adam sampai mau dibodohi iblis dan jatuh kedalam dosa sampai sekarang semua manusia menjadi susah.

2) Kepada Abraham, Ps Samuel akan bertanya kenapa Abraham yang sebenarnya sudah dijanjikan akan Ishak, tetapi juga sampai melahirkan Ismael, yang keturunannya sekarang membuat teror dimana-mana.

Ps Samuel menyimpan pikiran seperti ini berbulan-bulan bahkan sampai bertahun-tahun sampai suatu masa, ketika sedang duduk diam kemudian Roh Kudus bertanya di hati Ps Samuel apakah masih ingin bertanya tentang ke-2 hal tadi? Yang kemudian diiyakan oleh Ps Samuel.
Roh Kudus kemudian bertanya, apakah Ps Samuel sudah merasa lebih benar dari mereka berdua? Apakah dosa Ps Samuel lebih sedikit dari mereka? Pertanyaan yang membuat Ps Samuel hanya bisa menangis. Adam dan Abraham hanya jatuh dalam dosa satu kali, lalu kita yang sudah berkali-kali jatuh dalam dosa kemudian merasa paling benar?

Kita seringkali merasa diri kita paling benar ketika melihat orang lain jatuh dan segala umpatan kemudian keluar dari mulut kita; orang itu bodoh, kurang beriman (kuman), kurang disiplin (kudis), dan kurang berharap (kurap).

Yang Tuhan inginkan adalah kita mengerti apa janji Tuhan kepada Abraham.

Alasan kenapa kita tidak bisa menikmati berkat-berkat Abraham adalah karena:

1) Kita tidak mengerti.
2) Kita menganggap gampang.
3) kita bersikap masa bodoh, merasa itu hanya bagian dan pekerjaan gembala.

APA YANG TUHAN SEBENARNYA JANJIKAN KEPADA ABRAHAM

1) A FRIEND OF GOD (Menjadi sahabat karib Allah).

Yakobus 2:23
Dengan jalan demikian genaplah nas yang mengatakan: “Lalu percayalah Abraham kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran.” Karena itu Abraham disebut: “Sahabat Allah.”

Yakobus 2:23 KJV
And the scripture was fulfilled which saith, Abraham believed God, and it was imputed unto him for righteousness: and he was called the Friend of God.

Seperti kita tidak menceritakan segala rahasia kita kepada semua orang, tetapi kita menceritakan hanya kepada sahabat karib kita.

Abraham diperhitungkan Tuhan sebagai sahabat karib sehingga sewaktu sebelum Tuhan menghukum Sodom dan Gomora (Kejadian 18:16-33), Tuhan datang kepada Abraham, berbicara, dan Abraham punya bargaining power, tawar menawar, negoisasi dengan Tuhan karena dia sahabat-Nya.

2)  HEIR (Mewarisi).

Roma 4:13-14
Sebab bukan karena hukum Taurat telah diberikan janji kepada Abraham dan keturunannya, bahwa ia akan memiliki dunia, tetapi karena kebenaran, berdasarkan iman. Sebab jika mereka yang mengharapkannya dari hukum Taurat, menerima bagian yang dijanjikan Allah, maka sia-sialah iman dan batallah janji itu.

Roma 4:13-14 KJV
For the promise, that he should be the HEIR OF THE WORLD, was not to Abraham, or to his seed, through the law, but through the righteousness of faith.  For if they which are of the law be heirs, faith is made void, and the promise made of none effect:

Mari kita menguasai dunia, dunia dalam hal ini bukan galaksi dan segala isinya tetapi dunia yang dalam bahasa Yunani disebut κόσμος - kosmos yang artinya menguasai sistem yang memerintah diatas bumi ini.

Tuhan Yesus mati bagi setiap kita bukan untuk membawa setiap kita masuk sorga, tetapi untuk memulihkan sistem pemerintahan dibumi yang dulu diberikan kepada Adam sewaktu penciptaan “Beranakcuculah dan bertambah banyak; PENUHILAH BUMI DAN TAKLUKKANLAH ITU, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”(Kejadian 1:28)

Yohanes 3:16
Karena begitu besar kasih Allah akan DUNIA ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Tuhan menginginkan kita hidup kekal seperti Adam memerintah diatas muka bumi dengan standart otoritas dari Kerajaan Sorga, itulah sebabnya kita disebut perwakilan Kerajaan Sorga (Ambassador of the Kingdom of GOD)

Jadi bukan karena melakukan Torah tetapi karena Iman kepada Yesus kita akan belajar tentang berkat Abraham karena kebanyakan dari kita hanya sampai kepada Iman tentang Yesus.

3) BECOME A FATHER OF MANY NATIONS (Menjadi bapa banyak bangsa).

Roma 4:16-17
Karena itulah kebenaran berdasarkan iman supaya merupakan kasih karunia, sehingga janji itu berlaku bagi semua keturunan Abraham, bukan hanya bagi mereka yang hidup dari hukum Taurat, tetapi juga bagi mereka yang hidup dari iman Abraham. Sebab Abraham adalah bapa kita semua, seperti ada tertulis: “Engkau telah Kutetapkan menjadi bapa banyak bangsa” -- di hadapan Allah yang kepada-Nya ia percaya, yaitu Allah yang menghidupkan orang mati dan yang menjadikan dengan firman-Nya apa yang tidak ada menjadi ada.

Roma 4:16-17 KJV
Therefore it is of faith, that it might be by grace; to the end the promise might be sure to all the seed; not to that only which is of the law, but to that also which is of the faith of Abraham; who is the father of us all,  (As it is written, I have made thee a father of many nations,) before him whom he believed, even God, who quickeneth the dead, and calleth those things which be not as though they were.

Kenapa yang dipakai kata semua? Kenapa tidak hanya keturunan Abraham? Karena kalau hanya keturunan Abraham berarti ayat diatas hanya untuk keturunan Abraham secara daging yaitu bangsa Israel, tetapi ada keturunan Abraham yang tidak melalui daging tetapi melalui Iman (Faith), Perjanjian (Covenant) yaitu kita semua. Jadi kita semua berhak menerimanya. Apa yang dijanjikan untuk Israel, juga berlaku untuk kita lewat Iman.

4) TUHAN BERSUMPAH DEMI DIRI-NYA SENDIRI UNTUK MEMBERKATI ABRAHAM.

Ibrani 6:13-14
Sebab ketika Allah memberikan janji-Nya kepada Abraham, Ia bersumpah demi diri-Nya sendiri, karena tidak ada orang yang lebih tinggi dari pada-Nya, kata-Nya: “Sesungguhnya Aku akan memberkati engkau berlimpah-limpah dan akan membuat engkau sangat banyak.”

Di-ayat ini Tuhan bersumpah demi diri-Nya sendiri seperti di Kejadian 22:16 “Aku bersumpah demi diri-Ku sendiri -- demikianlah firman Tuhan
: Karena engkau telah berbuat demikian, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku.

Biasanya kita bersumpah demi sesuatu yang lebih tinggi daripada kita, tetapi karena tidak ada yang lebih tinggi daripada Tuhan sehingga Tuhan bersumpah demi dirinya sendiri.

Ayat ini adalah berkat bagi kita semua, mari kita pegang ini, masukkan dihati kita, dan lakukan. Kita jangan lagi menjadi mudah mencari kredit, pinjaman, dan meminta-minta pertolongan kemana-mana, karena pertolongan kita hanya dari Tuhan.

Seperti kesaksian Ps Samuel sewaktu pertama kali diutus untuk pergi ke Australia, beliau tidak diberikan biaya, tidak dijanjikan apa-apa. Ps Samuel meninggalkan semua bisnis, keluarga besar, dan aset-asetnya yang ada dibali untuk pergi ke Australia ke tempat yang beliau belum pernah ketahui dan tidak ada seorangpun yang dikenal, Ps Samuel benar-benar memulainya dari nol, sewaktu Ps Samuel melakukan semua itu karena Tuhan, Tuhan memberkati hidup Ps Samuel dan keluarga tanpa pernah meminjam uang sepeserpun dari orang lain.

5) TO BECOME VERY WEALTHY (Untuk menjadi sangat kaya)

Ibrani 6:14
kata-Nya: “Sesungguhnya Aku akan memberkati engkau berlimpah-limpah dan akan membuat engkau sangat banyak.”

Untuk mengerti dan menerima Perjanjian (Covenant) Abraham ini mari kita jangan melihat latar belakang kita, jangan melihat posisi keuangan kita, jangan melihat pendidikan kita, jangan melihat background latar belakang suku darimana kita berasal.

Mungkin kita tidak punya warisan apapun dari orangtua yang bisa kita nikmati, tetapi kita mempunyai satu warisan yang dari Yesus Kristus lewat Abraham yang tidak bisa diambil oleh siapapun, yang hanya bisa diambil lewat Iman, lewat hidup dalam kebenaran, yang bisa kita ambil dan lakukan hari ini juga dengan berjalan dalam kebenaran.

AMIN!

posted from Bloggeroid

5 komentar:

  1. Luar Biasa tulisan mu mas, jadi berkat. Oh ya kenapa ada tulisan yg dicover ?

    BalasHapus
  2. Setelah pengangkatan Roh Kudus, apakah bumi yg lama dimusnahkan atau hanya Yerusalem lama yg dimusnahkan? Jika kita akan memerintah di bumi utk selamanya, berarti tidak ada kiamat? Lalu Yesus menyediakan tempat buat kita di Surga, artinya bagaimana ya?

    BalasHapus
  3. Makna perjanjian darah tuhan kepada abraham?? blh di bantu saudara saudara 😇

    BalasHapus

MENGENAL ISI HATI BAPA (Bagian Pertama)

  MENGENAL ISI HATI BAPA (Bagian Pertama) Sabtu, 04 Februari 2023 Ps Joseph Hendrik Gomulya           Sejak awal manusia diciptakan Allah ...