Jumat, 04 November 2016

YESUS KUALIFIKASI BERKAT ANDA

Oleh Ps. Joseph Hendrik Gomulya.

Sangat penting untuk mengetahui Yesus sebagai kualifikasi untuk kita diberkati karena seringkali manusia menganggap bahwa dirinyalah yang menjadi kualifikasi sehingga diberkati tanpa pernah menyadari kenyataan bahwa manusia tidak selamanya selalu berada dalam keadaan baik. Firman Tuhan jelas berkata
oleh karena Yesus kita diberkati (Efesus1:3 TSI), jadi kualifikasi kita adalah Yesus.

Dalam Matius 1:1-16 diceritakan tentang silsilah daripada Yesus dimana dalam penulisan silsilah orang Yahudi nama pria yang selalu mereka tuliskan tetapi ajaibnya dalam silsilah tersebut terdapat 4 nama wanita yang dituliskan yakni Tamar (Ayat 3), Rahab (Ayat 5a), Rut (Ayat 5b) dan Batsyeba istri dari Uria (Ayat 6) dimana mereka sebenarnya juga bukan wanita yang luar biasa seperti sarah ataupun ribka tetapi mereka adalah wanita yang dulunya pernah berbuat amoral dan dosa.

Mengapa Firman Tuhan menulis nama mereka dan menjadi wanita yang melahirkan dan menjadi nenek moyang daripada Yesus?

Tuhan ingin memberi pesan kepada setiap kita bahwa DIA adalah Tuhan yang menjadi kualifikasi sehingga kita bisa diberkati, ketika anda mau membuka hati dan meminta Tuhan untuk menjadikan anda seperti mereka. Mungkin dahulu masa lalu anda tidak sebaik orang lain tetapi ketika anda datang kepada YESUS anda dan bahkan seluruh keturunan anda dapat menjadi bagian mewarisi janji dan berkat Tuhan.

"Dia yang menebus hidupmu dari lobang kubur, yang memahkotai engkau dengan kasih setia dan rahmat," (Mazmur 103:4 TB) 

Yesus disalibkan untuk menebus dan mengambil kita dari lobang kubur yang paling dalam yaitu neraka kemudian ketika DIA bangkit dan memahkotai kita dengan kasih setia dan rahmat-Nya.

Seperti dengan Tamar yang tidur dengan mertuanya yakni Yehuda setelah suaminya meninggal karena memiliki kerinduan memiliki keturunan daripada Yehuda. Tamar bukan orang Israel atau Yahudi tetapi memiliki kerinduan dan percaya ketika hidupnya dicangkokkan dan mempunyai hubungan dengan Yehuda keturunan Israel, maka dia akan diselamatkan. Seperti kita ketahui Yesus adalah keturunan Yehuda, ketika kita datang kepada Tuhan dimana yang di lihat-Nya adalah iman kita. Mungkin cara yang digunakan oleh Tamar adalah dengan cara menipu yang kurang elok dan kurang bagus tetapi mari melihat cara Tuhan yang ajaib. Tuhan yang begitu mengasihi, Tuhan melihat iman daripada Tamar sampai kemudian Tamar melahirkan anak bagi Yehuda.

Wanita yang berikutnya adalah Rahab, yang adalah seorang pelacur di Yerikho. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah tidak ada wanita lain yang lebih pantas? Kenapa harus Rahab yang menjadi nenek moyang dari Yesus?

Rahab adalah seorang wanita pelacur yang setiap hari berada di pintu gerbang Yerikho. Sampai pada suatu kali ketika dia menyelamatkan 2 orang pengintai dari bangsa Israel, dia meminta kepada para pengintai untuk mengingat dan menyelamatkannya nanti. Atas imannya itu Rahab kemudian diselamatkan dan melahirkan keturunan dari orang benar dan keluar dari kota Yerikho.

Ketika hari ini anda datang dan memberikan hidup anda kepada Tuhan maka hidup anda juga bisa diubahkan menjadi jauh lebih luar biasa, menjadi lebih baik daripada hari yang kemarin.

Kemudian wanita yang ketiga adalah Rut, seorang wanita yang berasal dari bangsa moab, sebuah bangsa penyembah berhala. Tetapi ketika menjadi menantu dan kemudian ketika hanya tinggal bersama Naomi setelah suaminya meninggal dirinya kemudian bertemu dengan Boas dan dari Boas inilah dia melahirkan keturunan yang merupakan nenek moyang dari Daud yang adalah raja yang paling terkenal dalam sejarah bangsa Israel dan nenek moyang dari Yesus.

Anda mungkin merasa bahwa diri anda bukan berasal dari keturunan orang baik-baik, merasa masa depan anda suram karena anda berasal dari keturunan penyembah berhala, tetapi ada satu pribadi namanya YESUS ketika anda datang kepada-Nya dengan mengakui dan percaya diselamatkan, DIA akan menghapus seberapa banyak pun dosa anda, sehingga DIA adalah jaminan untuk setiap orang diselamatkan. Ketika Rut, Tamar dan Rahab percaya kepada Allah Israel, Allah dari Abraham, Ishak dan Yakub, iman mereka itulah yang membuat mereka diselamatkan. Jadi buat anda yang mungkin hari ini merasa hanya sebagai wanita-wanita biasa, anda dapat berharap untuk diselamatkan karena Yesus yang menjadi kualifikasi sehingga anda diselamatkan dan diberkati seberapa buruk apapun kehidupan anda, DIA dapat menyelamatkan anda.

Wanita yang ketiga adalah Batsyeba istri dari Uria yang melakukan perzinahan dengan Daud ketika suaminya sedang berperang. Kenapa wanita seperti Batsyeba ini bisa menjadi nenek moyang dari Yesus? Seperti kita ketahui melalui Batsyeba inilah lahir raja Salomo, raja yang paling diberkati dan penuh dengan hikmat dan kemudian menjadi nenek moyang dari Yesus. DIA adalah Tuhan yang mengampuni orang-orang yang berdosa seberapa besar apapun dosanya, DIA sanggup mengubah setiap orang yang datang kepada-Nya dengan mengaku dan bertobat. Ketika anda datang kepada-Nya, kasih karunia dan pengampunan-Nya jauh lebih besar daripada dosa anda. Jangan lagi mau diintimidasi iblis bahwa Tuhan tidak mungkin mengampuni anda karena dosa yang terlalu besar sehingga merasa tidak layak, Tuhan melihat pertobatan dan iman.

"....... dan di mana dosa bertambah banyak, di sana kasih karunia menjadi berlimpah-limpah" (Roma 5:20b TB) 

Dosa dari ke-4 wanita diatas sangat banyak tetapi ketika mereka datang kepada Allah yaitu Yesus Kristus, kasih karunia itu berlimpah-limpah. Seberapa besar dan banyak dosa dan pelanggaran anda dimasa lalu kasih karunia, kemurahan-Nya jauh lebih besar, Tuhan lebih besar dari segala dosa-dosa anda.

Inilah waktunya bagi anda untuk datang dan memberikan hidup anda kepada Tuhan. Mempunyai iman seperti Rahab untuk diselamatkan ketika menyelamatkan 2 orang pengintai dari bangsa Israel dan iman itu diperhitungkan, begitu juga dengan iman dari rut yang diperhitungkan ketika dia memilih untuk terus mengikuti Naomi dan percaya kepada Allah yang disembah oleh Naomi yaitu Allah Abraham, Ishak dan Yakub, dan begitu pula dengan iman Batsyeba yang memilih untuk mengikuti Daud dan melahirkan keturunan yaitu Salomo.

Tuhan memang 100% sangat membenci dosa tetapi cara Tuhan memperlakukan dosa bukan dengan menghakimi tetapi dengan mengampuni dan membawa anda datang untuk merasakan kasih-Nya yang merubah hidup anda. Jangan lagi mundur dan menjauh dari Tuhan tetapi sebaliknya datanglah kepada Tuhan dan menyerahkan hidup anda sepenuhnya kepada Tuhan.

"Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya." (Amsal 18:21 TB) 

Apa yang anda percayai dan ucapkan itu yang akan anda terima. Mari kita melihat kehidupan dari Ayub yang adalah orang benar tetapi kesadaran akan dosa anak-anaknya kemudian itu menjadi pintu masuk sehingga apa yang disadarinya kemudian itu yang terjadi. Ketika iblis datang dan menuntut agar anak-anaknya dicobai dan kemudian bahkan sampai nyawa mereka diambil, kesadaran akan dosa itu yang iblis coba timbulkan dalam pikiran kita, jangan ada lagi kesadaran akan dosa tetapi kesadaran akan Yesus. Ayub terus mengucapkan tentang segala kesalahan anak-anak-Nya dan meminta pengampunan akan dosa anak-anak-Nya sehingga kesadaran akan dosa semakin bertumbuh dalam hidupnya.

Yesus yang sudah mati bagi kita sehingga kita harus menggemakan kebenaran, Firman Tuhan, pengampunan Tuhan, kebaikan Tuhan dan menggemakan janji-janji Tuhan atas Firman-Nya dan semua yang Yesus kerjakan di kayu salib bagi hidup setiap kita, karena apa yang kita gemakan itu yang akan kita terima. Sewaktu kita mempercayai yang benar, maka kita akan hidup dengan benar sewaktu kita mempercayai dan mengucapkan yang salah maka hidup anda akan salah.

Tamar, Rahab, Rut dan Batsyeba adalah wanita-wanita yang ditulis menjadi nenek moyang dari Kristus walaupun mereka bukan orang yang baik sebelumnya tetapi sewaktu mereka datang kepada Tuhan dan bertobat, kasih karunia Tuhan itu jauh lebih besar dari semua dosa mereka dan ketika mereka menggemakan itu, memperkatakan Firman Tuhan, yang terjadi kemudian Firman Tuhan itu masuk dalam hidup mereka dan hidup mereka Tuhan ubahkan dan mengalami hidup baru serta melahirkan keturunan yang menjadi nenek moyang dari Kristus.

Apa yang hari-hari ini anda gemakan, apa yang hari-hari ini anda percayai, apa yang hari-hari ini anda katakan itu akan merubah situasi anda, jangan pernah mendengarkan apalagi memperkatakan sesuatu yang negatif itu akan terjadi atas hidup anda.

Mari kita selalu menggemakan kehidupan sehingga kita akan selalu menerima kehidupan bukan kematian. Tidak ada lagi kesadaran akan kematian dan dosa, yang adalah kesadaran akan kehidupan yang kekal. Kesadaran akan Yesus yang ada didalam anda, perkatakan Firman Tuhan maka Firman itu akan menjadi kehidupan didalam hidup, menjadi daging dalam hidup anda. Sehingga tidak lagi hidup dengan segala berita-betita buruk dan perkataan negatif dari orang lain.

Amin...

Jurnalist: Untung Bongga Karua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENGENAL ISI HATI BAPA (Bagian Pertama)

  MENGENAL ISI HATI BAPA (Bagian Pertama) Sabtu, 04 Februari 2023 Ps Joseph Hendrik Gomulya           Sejak awal manusia diciptakan Allah ...