Jumat, 19 Mei 2017

HATI YANG MURNI

Ps Joseph Hendrik Gomulya

Ayat bacaan: (Lukas 1:26-35 TB)

"kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria." (Lukas 1:27 TB) 

Dalam ayat ini kata “perawan” itu sampai 2 kali disebutkan dimana apabila ada kata yang diucapkan atau ditulis secara berulang itu berarti bahwa Tuhan mempunyai maksud dan memberi perhatian pada itu. Apabila kita mempelajari arti kata “perawan” ini dimana dalam terjemahan lainnya disebut dengan kata pure atau murni. Untuk dekat dan bergaul dengan Tuhan seseorang haruslah mempunyai hati yang murni, jadi mari meminta hati yang murni karena sesungguhnya Tuhan itu berbicara  di hati kita sehingga apabila hati kita tidak murni, di dalam hati kita banyak motivasi yang salah atau di dalam hati kita hanya untuk kepentingan diri kita sendiri itulah yang membuat kita tidak bisa mendengar suara Tuhan karena suara kita yang terdengar lebih besar.

Banyak orang yang sulit untuk bisa mendengar suara Tuhan karena dalam kehidupannya sehari-hari tidak pernah belajar untuk murni dengan Tuhan, jadi mari memiliki hati yang murni dan biarkan itu menjadi pondasi kuat dalam hidup kita.

Dalam ayat diatas tadi Maria 2 kali disebutkan sebagai seorang “perawan” dimana status seorang perawan tidak hanya dimiliki oleh Maria saja tetapi disini Tuhan ingin berkata bahwa Maria hatinya murni kepada Tuhan, oleh karena itu ketika malaikat Tuhan datang kepadanya Maria tidak kaget dan takut karena sudah sering berbicara malaikat Tuhan ini karena Maria memiliki hubungan yang intim dengan Tuhan, dimana nanti bisa kita lihat dari respon yang Maria berikan atas salam yang Malaikat Tuhan utarakan kepadanya.

"Ketika malaikat itu masuk ke rumah Maria, ia berkata: “Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau.” Maria terkejut mendengar perkataan itu, lalu bertanya di dalam hatinya, apakah arti salam itu." (Lukas 1:28-29 TB)  

Maria menerima salam bahwa Tuhan memberikan grace atau Kasih karunia kepadanya, jadi apabila kita memiliki hati yang murni kepada Tuhan maka akan ada grace atau aka nada Kasih karunia yang selalu menyertai  kita anak-anak-Nya.

Sewaktu memiliki hati yang murni kepada Tuhan, apa pun yang sedang anda alami bahkan ketika mendapat mandat atau visi dari Tuhan yang mungkin itu adalah sesuatu yang kelihatannya besar sehingga membuat anda menjadi gentar tetapi anda tetap percaya bahwa ada Tuhan yang menyertai. Apabila anda mempunyai visi dan impian dan itu berguna buat Tuhan dan kerajaan-Nya karena didalamnya ada banyak jiwa-jiwa yang bisa anda menangkan maka anda akan melihat visi itu di genapi.

Mungkin hari ini anda ingin mendirikan usaha yang baru, mari minta kepada Tuhan untuk anda menjadi bendarahara-Nya. Apabila anda dipercayakan pelayanan yang baru, mari berkata bahwa melalui pelayanan tersebut biarkan hanya Nama-Nya yang dipermuliakan dan tidak pernah ada motivasi yang lain sebagai pelayan Tuhan. Atau mungkin anda sedang mendapatkan promosi untuk dipercayakan hal-hal yang baru dalam pekerjaan anda, tetaplah untuk selalu rendah hati dan tidak menjadi sombong dengan berkata bahwa ini semua adalah anugerah atau kepercayaan yang Tuhan berikan untuk anda menjadi terang di tempat itu dan anda akan melihat berkat Tuhan mengalir dalam hidupmu.

Ketika Maria menerima salam dari malaikat Tuhan, Maria meresponi itu dengan terkejut dan bertanya dalam hatinya akan arti dari salam itu. Maria terkejut bukan karena belum pernah mendengar salam dari malaikat Tuhan itu, tetapi itu adalah perkataan salam yang berbeda dari malaikat Tuhan yang sudah sering berhubungan dengan Maria karena hubungan yang intim antara Maria dengan Tuhan sehingga Maria sudah mengenal betul malaikat Tuhan ini sehingga ketika malaikat Tuhan ini mengucapkan sesuatu tidak seperti biasanya maka akan terasa aneh.

Maria adalah orang yang bergaul dengan roh Allah dan ini bukan yang pertama kali baginya mendengar suara Tuhan. Mari memiliki komitmen untuk berjalan dan taat dengan Tuhan karena ketaatan itu lebih penting daripada persembahan korban. Sewaktu anda taat maka anda akan melihat penyertaan-Nya yang luar biasa karena ketaatan adalah ungkapan cinta yang anda ungkapkan bukan dengan kata-kata tetapi dengan tindakan.

Disini juga bisa terlihat bahwa ada hubungan keintiman dengan Tuhan dalam hidup maria, banyak orang sangat mengingini sesuatu yang besar dalam hidupnya tetapi tidak mau membangun hubungan yang intim dengan Roh Allah karena hanya Roh Kudus yang mengetahui apa yang menjadi kehendak Tuhan Mendengarkan suara Tuhan dari setiap Firman yang menjadi rhema kadang membuat anda juga terkejut karena itu adalah sesuatu yang tidak pernah anda perkirakan sebelumnya untuk menerima pesan Tuhan karena Tuhan mempunyai rencana yang besar atas hidup anda. Mari minta Roh Kudus masuk dan tinggal didalam hati anda untuk mengajar, menuntun dan menghibur dan biarkanlah Roh Kudus terus bekerja dalam hidup anda.

"Kata malaikat itu kepadanya: “Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah. Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus. Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya" (Lukas 1:30-32 TB) 

Ketika mendapatkan visi dan pesan dari Tuhan, janganlah takut dan gentar karena ada Tuhan yang akan menyertai anda. Selama anda memegang visi dari Tuhan maka ada Kasih karunia-Nya yang memampukan, menyertai dan melimpah sampai visi itu tergenapi.

Pesan Tuhan kepada Maria ini adalah pesan Tuhan juga kepada setiap kita untuk belajar mengandung dimana mungkin sebelumnya anda sudah mengandung rancangan dan visi Tuhan dan inilah saatnya untuk anda melahirkan itu atau apabila anda baru ingin mulai mengandung itu, percayalah akan percepatan dari Tuhan untuk anda dapat melahirkan apa yang anda kandung dan percaya bahwa itu dilahirkan oleh Roh Kudus, jadi mari meminta hati yang murni dan mempunyai kandungan Ilahi yang akan melahirkan hal yang besar.

Perjanjian Tuhan yang terjadi atas hidup Maria adalah karena ada Allah yang Maha Besar yang adalah anak Allah yang berarti bahwa setiap kita juga akan mengandung perkara-perkara yang besar dan melihat kebesaran Tuhan itu terjadi atas hidup anda.

Kandungan secara rohani tidak pernah diberikan Tuhan untuk kemuliaan kita tetapi untuk kemuliaan-Nya. Anda mungkin mengandung untuk memberi makan bangsa-bangsa maka suatu saat Tuhan akan memberikan itu untuk anda mengelolanya dan memberkati banyak orang dan sampai Go International. Mari mulai menangkap visi Tuhan bahwa visi kita bukan hanya di Indonesia tetapi mulai belajar mengembangkan itu karena Tuhan menginginkan kita menjadi berkat bagi bangsa-bangsa dan itu menjadi pintu kita mengabarkan kabar keselamatan.

"dan Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan.” Kata Maria kepada malaikat itu: “Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?” Jawab malaikat itu kepadanya: “Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah." (Lukas 1:33-35 TB) 

Pertanyaan yang Maria utarakan kepada malaikat Tuhan bahwa bagaimana dirinya bisa mengandung sedangkan dirinya belum bersuami adalah mungkin pertanyaan yang sama yang ada didalam hati anda. Ketika anda membaca Firman Tuhan dan itu menjadi rhema maka minta visi dari Roh Kudus dan anda akan melihat rancangan Tuhan dan melihat bagaimana Roh Kudus bekerja dalam hidup anda untuk hidup anda diangkat oleh Tuhan.

Amin…    


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENGENAL ISI HATI BAPA (Bagian Pertama)

  MENGENAL ISI HATI BAPA (Bagian Pertama) Sabtu, 04 Februari 2023 Ps Joseph Hendrik Gomulya           Sejak awal manusia diciptakan Allah ...