Rabu, 31 Mei 2017

MELIHAT DENGAN MATA ROHANI

Ps Joseph Hendrik Gomulya

Ada pepatah mengatakan bahwa mata adalah jendela hati. Jika mata Anda sering melihat hal-hal yang menakutkan, maka hati Anda akan dipenuhi dengan ketakutan. Jika mata Anda sering melihat hal-hal yang menyenangkan, maka hati Anda akan dipenuhi dengan kebahagiaan.
Namun sayangnya, karena tabiat dosanya, mata manusia lebih mudah cenderung melihat hal-hal yang tidak baik, daripada melihat hal-hal yang baik. Itu sebabnya manusia sering dikuasai oleh ketakutan, kekuatiran, dan lain-lain.

Suatu hari Ps Hendrik bertemu dengan seorang bernama Albert yang mempunyai masa lalu yang begitu rumit. Sejak kecil dirinya sudah tidak mempunyai ayah dan ibu, selalu mengalami kegagalan dalam perjalanan hidupnya dan tidak ada orang-orang yang memperdulikannya. Albert selalu hanya berfokus pada setiap kegagalannya sehingga dirinya tidak pernah bisa bangkit dan melihat hari depannya Karena yang selalu dilihatnya hanya kekurangan, kegagalan dan penyakit yang dia alami sehingga membuat hidupnya semakin terpuruk.

Ketika anda hanya melihat kenyataan bahwa keadaan hidup anda yang semakin buruk atau perhatian anda hanya terpusat pada keadaan anda yang selalu gagal atau penyakit yang anda derita maka anda tidak akan bisa melihat hari depan atau keadaan yang lebih baik.

Berhentilah untuk memusatkan perhatian kepada hal-hal yang buruk yang anda alami, pada kegagalan, pada masa lalu anda yang suram yang membuat anda merasa tidak seberuntung orang lain. Mulailah untuk melihat akan masa depan dan memberikan gambaran yang baik dalam pikiran anda.

"Tetapi berbahagialah matamu karena melihat dan telingamu karena mendengar." (Matius 13 : 16 TB)  

Yang dimaksud oleh Firman Tuhan ini adalah melihat dengan tidak terbatas pada penglihatan tetapi anda melihat masa depan dan hari esok anda, anda bergerak seperti apa yang anda gambarkan dalam pikiran anda. Anda menghidupi seperti apa yang ada didalam gambaran pikiran anda, sewaktu anda melihat gambar pikiran anda buruk maka anda akan bergerak kea rah yang buruk itu tetapi apabila anda mempunyai gambaran pikiran yang baik akan masa depan anda maka anda sedang memberi gambaran yang baik akan hari esok dan masa depan anda untuk bergerak seperti itu.

Maka sejak hari itu Albert mulai bisa melihat bahwa dirinya ternyata hidupnya juga sama dengan orang-orang yang lainnya, bahwa dirinya juga bisa mempunyai sebuah usaha, bisnis dan keluarga yang diberkati Tuhan. Dia menghilangkan semua pikiran atau gambaran yang buruk tentang dirinya dan tidak memikirkan itu lagi sehingga hidupnya mulai bergerak ke arah gambaran yang baik yang dilihatnya, dia mulai hidup dalam masa depan seperti yang digambarkannya. Firman Tuhan berkata kita hidup dengan melihat dan mendengar. Apa yang anda lihat hari-hari ini? Mari melihat seperti apa yang tergambar di dalam pikiran anda untuk setiap kita tidak lagi melihat gambaran yang buruk.

Seperti seorang publik figure jebolan X-Factor Indonesia yang datang bertemu dan berdiskusi dengan Ps Hendrik dimana dia menceritakan tentang hidupnya dahulu dimana dia lahir dari sebuah keluarga yang broken home sehingga dia harus hidup memulung sampah untuk kelangsungan hidupnya, semasa remaja dirinya adalah seorang pemabuk, pengguna narkoba bahkan pernah membunuh beberapa orang. Tetapi hidupnya mulai berubah sewaktu dirinya mulai melihat dan memberi gambaran yang berbeda akan masa depannya.

Menurut logika berpikir manusia adalah tidak mungkin atau mustahil bahwa orang yang dulunya seorang pemulung, pemabuk, pemadat bahkan pembunuh di kemudian hari bisa menjadi seorang publik figure bahkan menjadi seorang pengkotbah yang dipakai Tuhan. Ini bisa terjadi karena dirinya mengubah gambaran tentang hidupnya sehingga dia kemudian merasakan kebaikan Tuhan dalam hidupnya dan saat ini dirinya juga menjadi berkat diantara publik figur lainnya untuk juga bisa menyaksikan segala kebaikan Tuhan.

Mari mulai untuk mengisi pikiran anda dengan pengharapan, dengan iman dan kemenangan untuk anda bergerak berjalan ke arah pengharapan dimana pengharapan adalah arah untuk anda melihat bahwa semua yang anda harapkan itu terjadi.

Suatu kali Elisa bersama 50 rombongan nabi lainnya menyertai Elia sebelumnya terangkat ke Sorga. Ketika Elia hampir terangkat, Elisa datang menghampiri Elia untuk menyampaikan keinginannya untuk bagaimana  mendapatkan 2 bagian roh dari Elia dimana Elia berkata itu adalah suatu permintaan yang besar tetapi juga berkata bahwa tidak sesuatu yang mustahil.

"Berkatalah Elia: “Yang kauminta itu adalah sukar. Tetapi jika engkau dapat melihat aku terangkat dari padamu, akan terjadilah kepadamu seperti yang demikian, dan jika tidak, tidak akan terjadi.”  (2 Raja-Raja 2 : 10 TB) 

Elia berkata bahwa seperti apa yang Elisa dapat lihat maka seperti itu yang Elisa dapat terima. Elisa mempunyai kerinduan yang lebih untuk dirinya melihat dan mendapatkan 2 bagian roh sehingga Elia berkata bahwa apabila Elisa dapat melihat itu maka Elisa juga bisa mendapatkannya.

Ada 50 rombongan nabi lainnya yang menyertai Elia tetapi mereka tidak mempunyai gambaran untuk melihat dan mendapatkan 2 bagian roh Elia sehingga mereka tidak dapat melihat ketika Elia terangkat. Sekalipun mungkin mereka mempunyai keinginan untuk juga mendapatkan 2 bagian roh Elia  tetapi sesungguhnya mereka tidak mempunyai kerinduan atau gambaran untuk melihat Elia terangkat.

Kesaksian:
Ps hendrik mengenal seorang ibu yang sangat luar biasa, ibu ini membesarkan 5 orang anaknya seorang diri karena suaminya sudah dipanggil Tuhan terlebih dahulu. Walaupun harus hidup dalam kemiskinan dan serba berkekurangan ibu ini mempunyai mimpi yang besar untuk semua anak-anaknya.

Setiap hari ibu ini selalu mendoakan dan memberkati semua anaknya satu persatu serta memperkatakan hal-hal yang positif untuk masa depan anak-anaknya. Bahkan ketika dalam kenyataan bahwa semua anak-anaknya tidak ada satu pun yang berhasil, ada yang jadi pemakai dan pengedar narkoba, menjadi pembunuh dan kejahatan lainnya, ibu ini di usianya yang semakin tua, ibu ini tetap memberi makan, memberkati dan mendoakan anak-anaknya untuk menjadi anak yang berhasil. Hari ini, ibu ini melihat semua anak-anaknya berhasil, berbahagia dan dipakai Tuhan, ada yang menjadi pengusaha dan ada yang menjadi hamba Tuhan. Ibu ini memberi gambaran yang positif dalam pikirannya yakni gambaran pengharapan dan iman, ketika ibu ini memperkatakan itu kepada anak-anaknya dan anak-anaknya juga melihat akan hari depan mereka maka mereka mulai berjalan dalam kemenangan, mereka tidak lagi terpuruk dan hidup atas apa perkataan orang. Ibu ini terus melangkah dan menjalani kehidupannya ke arah pengharapan itu, tindakan yang ibu ini lakukan adalah tindakan yang penuh pengharapan oleh karena gambaran pengharapan dalam pikirannya.

Mari melihat setiap diri kita dengan hal yang berbeda, tinggalkan semua yang buruk, kegagalan, hal-hal yang salah atau bodoh dan jangan menyesalinya karena Tuhan sudah mengampuni anda di atas kayu salib. Izinkanlah kasih-Nya merubah anda hari ini dan izinkan untuk anda mempunyai pikiran yang luar biasa, pikiran yang penuh dengan iman dan selalu memperkatakannya.

Orang yang MENGALAMI KUASA Allah adalah mereka yang melihat dengan MATA ROHANI, bukan jasmani.



Amin, Tuhan Yesus memberkati.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENGENAL ISI HATI BAPA (Bagian Pertama)

  MENGENAL ISI HATI BAPA (Bagian Pertama) Sabtu, 04 Februari 2023 Ps Joseph Hendrik Gomulya           Sejak awal manusia diciptakan Allah ...