Selasa, 27 Februari 2018


Pelangi Indonesia Ministry (PIM)


TUHAN ADALAH PENEROBOSKU



Ps Joseph Hendrik Gomulya






Saat orang-orang dunia berkata bahwa segala yang ada di dunia ini tidak ada yang pasti, sebagai orang percaya saudara harus selalu mengingat bahwa saudara memiliki  firman Tuhan yang sangat pasti, yang tidak pernah tergoncangkan dan di batalkan oleh apa pun karena firman Tuhan itu YA dan AMIN yang mana adalah Tuhan Yesus sendiri. Dia adalah firman yang hidup yang berdiam didalam saudara sehingga firman Tuhan itu harus  hidup dan berkuasa didalam hidup saudara dimana setiap kali firman itu diucapkan maka percayalah apa yang Tuhan telah tetapkan atas hidup saudara pasti terjadi.


“Penerobos akan maju di depan mereka; mereka akan menerobos dan berjalan melewati pintu gerbang dan akan keluar dari situ. Raja mereka akan berjalan terus di depan mereka, TUHAN sendiri di kepala barisan mereka.”     (Mikha 2:13 TB)


Tuhan adalah penerobosku dimana penerobos dalam terjemahan kamus bahasa Indonesia sehari-hari diartikan seseorang yang mampu melakukan terobosan yang adalah Tuhan Yesus sendiri. Apabila saudara pernah mengalami kegagalan atau jalan buntu dimana sepertinya semua pintu/jalan keluar sudah tertutup padahal saudara sudah melakukan banyak cara untuk bisa keluar, itu semua adalah rancangan Tuhan agar supaya saudara mengalami Tuhan sebagai penerobos dalam hidup saudara. Jadi jangan pernah takut dan gentar ketika musuh menghalangi setiap langkah saudara karena Tuhan penerobos ada di dalam saudara sehingga saudara bisa melompat lebih tinggi menerobos setiap halangan tersebut.


Melalui kematian Tuhan Yesus diatas kayu salib menanggung setiap dosa, setiap keterbatasan dan setiap kelemahan saudara dimana Dia disalibkan atas nama saudara dan semua umat manusia agar supaya terobosan itu terus terjadi atas hidup saudara karena sebenarnya terobosan yang paling besar adalah saat Dia mengangkat, mengambil dan menyelamatkan saudara yang seharusnya berada di jurang maut dan binasa. Jadi kalau yang terbaik saja Tuhan sanggup berikan tidak mungkin yang lainnya tidak dilakukannya, penerobos yang sama itu ada didalam diri saudara yang sanggup menerobos setiap masalah saudara.


Ada 3 hal yang bisa saudara pelajari bagaimana untuk bisa mengalami terobosan Tuhan dalam hidup saudara terus-menerus :

1)                Ijinkan untuk saudara dipimpin oleh Tuhan.


“Penerobos akan maju di depan mereka”


Jadi cara agar saudara menjadi penerobos atau hidup saudara menjadi penerobos adalah dengan mengijinkan Tuhan memimpin saudara di depan. Terjemahan bebas dari New Living Translation (NLT) lebih jelas lagi menterjemahkannya, terjemahan ini (NLT) adalah salah satu terjemahan dalam bahasa inggris dari bahasa aslinya (Ibrani) karena bahasa ibrani itu sangat kaya, satu kata bisa mempunyai beberapa arti sehingga sangat perlu mempelajari beberapa terjemahan untuk mengambil sari atau inti apa yang Roh Kudus ingin sampaikan (terutama saat berkhobah menyampaikan pesan Tuhan).

Your leader will break out and lead you out of exile, out through the gates of the enemy cities, back to your own land. Your king will lead you; the LORD himself will guide you." (Mikha 2:13 NLT)

“Pemimpinmu akan keluar dan membawa saudara keluar dari pembuangan. Dia akan membawa saudara melewati gerbang kota penawan saudara kembali ke tanah saudara sendiri. Rajamu akan menuntun saudara, Tuhan sendiri akan membimbing saudara” (Mikha 2:13 NLT)(Terjemahan bebas)


Jadi mari ijinkan Tuhan sebagai penerobos memimpin karena sewaktu saudara mengijinkan Tuhan yang memimpin maka yang dilihat oleh musuh adalah Tuhan yang di depan saudara. Memang sepertinya saudara yang melakukan tetapi musuh sangat mengetahui bahwa yang memimpin saudara melakukan hal tersebut adalah Tuhan karena sebagai manusia kemampuan saudara terbatas. Mengijinkan hidup saudara untuk dipimpin oleh Tuhan itu bukan hal yang mudah, karena terkadang hati itu sangat susah untuk dipimpin, dalam pengembalaan, maukah saudara untuk selalu dipimpin oleh gembala di gereja dimana saudara digembalakan? dalam pemerintahan, maukah saudara untuk selalu dipimpin oleh pemerintah yang telah dipilih atau ditetapkan? dalam keluarga sebagai istri atau anak, maukah saudara untuk selalu dipimpin oleh ayah suami/ayah saudara? Itu adalah latihan untuk saudara memiliki bicara tentang diri saudara tetapi memiliki roh penurut. Mari mulai saat ini ijinkan dan biarkanlah Tuhan yang memegang kendali, memimpin keluarga, pekerjaan, usaha, pelayanan dan mengarahkan hidup saudara. Ada 2 dampak yang dialami oleh orang yang dipimpin oleh Tuhan.

                  I.                        Tuhan akan membawa keluar dari tempat pembuangan dimana ini berarti bahwa ditempat dimana saudara mengalami jalan buntu, gagal, tidak dianggap oleh orang dan terbuang atau dengan kata lain saat saudara berada di titik terendah atau lembah tempat pembuangan, saudara kemudian mengijinkan Tuhan yang memimpin maka Tuhan akan membawa saudara keluar dari tempat pembuangan, dari lembah air mata, dari segala masalah yang besar, dari kegagalanmu, kekecewaanmu. Memang terkadang orang harus dibawa untuk mengalami lembah atau tempat pembuangan itu agar supaya dirinya mau menyerah karena memang tidak mudah untuk orang dipimpin kalau dalam keadaan baik.

               II.                        Dampak yang kedua adalah Tuhan akan membawa saudara masuk melewati pintu gerbang. Ini berarti saudara mendapatkan bukan hanya sekedar keluar dari masalah tetapi saudara mengalami terobosan berkat Tuhan, terobosan penyertaan Tuhan melewati dan memasuki pintu gerbang yang dulunya saudara tidak masuki.


2)                Raja (Tuhan) menuntun saudara.


“Rajamu akan menuntun saudara”


          Alasan kenapa Tuhan memakai kata Raja bukan tanpa maksud karena pribadi Tuhan salah satunya adalah bahwa Dia adalah Raja di atas segala raja. Jadi ketika Tuhan berbicara tentang raja, itu berbicara tentang otoritas Tuhan dimana Dia yang memegang otoritas atas hidup saudara (Raja yang menuntun).


          Kata menuntun adalah firman Tuhan yang menjadi terang bagi jalan setiap orang. Ketika Tuhan berbicara tentang Raja menuntun saudara, yang adalah penerobos itu. Dia bukan hanya membimbing saudara tetapi saudara mengijinkan-Nya bahwa ada otoritas Tuhan yang saudara harus percayai, otoritas kerajaan Allah yang tidak tergoncangkan, otoritas Raja diatas segala raja, otoritas pencipta langit dan bumi dan otoritas itu ada didalam saudara. Jadi otoritas itu adalah saudara mengijinkan-Nya menuntun saudara, miliki pengertian bahwa otoritas dan kuasa ada didalam diri saudara karena (Raja) Tuhan yang menuntun saudara.


          Ketika Raja atau otoritas itu menuntun saudara maka orang-orang akan melihat otorit as itu ketika saudara berbicara, melangkah dan bekerja. Orang akan melihat bahwa ada sesuatu, bahwa yang saudara lakukan itu bukan diri saudara karena melihat sesuatu yang berbeda karena ada otoritas yang melebihi apa pun di dunia ini karena saudara mengijinkan Tuhan menuntun setiap langkah saudara. Banyak orang kristen yang tidak mengerti berapa banyak otoritas dalam hidupnya sehingga kehilangan otoritas itu.


          Sejauh mana otoritas yang saudara miliki adalah sejauh mana firman Tuhan yang saudara baca dan mengerti. Jadi bacalah terus firman Tuhan karena dari sana timbul otoritasmu, firman Tuhan itu berkuasa sewaktu saudara menghidupi firman Tuhan tersebut melalui pengertian dan pewahyuan sehingga otoritasmu terus bertumbuh maka sejauh itu otoritas atas hidup saudara. Seperti ketika Lazarus sedang sakit keras sehingga Maria dan Marta meminta Tuhan Yesus untuk menyembuhkannya tetapi pada saat Tuhan Yesus sampai Lazarus sudah dikuburkan 3 hari. Ketika Maria dan Marta datang menghampiri Tuhan Yesus mereka berkata bahwa Lazarus telah mati tetapi yang Tuhan Yesus katakan kepada mereka bahwa Lazarus tidak mati tetapi hanya tidur. Maria dan Marta berkata kepada Tuhan Yesus  bahwa Lazarus telah mati karena pengertian yang mereka ketahui bahwa Tuhan Yesus adalah penyembuh segala orang-orang sakit dan tidak mengetahui bahwa Tuhan Yesus adalah Tuhan yang sanggup membangkitkan orang mati, ketika pengertian itu dibukakan maria tersungkur dan menangis.


          Sejauh mana pewahyuan firman Tuhan dibukakan dalam pikiran dan pengertian saudara maka sejauh itu saudara akan tiba dalam otoritas iman saudara. Jadi jangan pernah untuk jemu membaca firman Tuhan karena itu adalah buku kehidupan yang unlimited “tanpa batas”, yang menuntun hidup saudara, yang terus berbicara di setiap waktu dan keadaan dan yang mengubahkan hidup saudara.




3)                Tuhan membimbing saudara.


          Tadi dijelaskan bahwa cara untuk saudara dituntun oleh Tuhan adalah saudara harus bertanya kepada Tuhan, harus mengenal bahwa saudara  memiliki otoritas seperti Daud yang selalu bertanya kepada Tuhan untuk setiap hal dalam hidupnya. Bagaimana caranya mendengar suara Tuhan?


          Tuhan selalu berbicara kepada saudara karena Dia adalah Tuhan yang hidup, Dia berbicara sesuai dengan tingkat kerohanian saudara dengan cara memberikan damai sejahtera-Nya, mengingatkan saudara akan setiap firman-Nya berbicara kedalam roh saudara dengan mengingatkan firman yang telah saudara baca dengan bahasa yang sederhana bahkan untuk saudara yang mungkin tidak bisa membaca, apabila rajin mendengarkan firman Tuhan yang dibacakan dan itu masuk kedalam diri saudara sehingga ketika saudara mengalami masalah maka Tuhan akan mengingatkan firman Tuhan itu, Tuhan berbicara didalam hati dan iman saudara dibangkitkan. Kemudian apa bedanya dengan Tuhan membimbing?


          Tuhan membimbing artinya adalah saudara mau diajar dan dididik karena saudara adalah anak. Jadi mari minta Tuhan untuk membimbing hidup saudara dan mengajari saudara terus menerus. Sewaktu saudara mengalami yang namanya dipimpin oleh Tuhan, ijinkanlah Raja/Tuhan menuntun dan membimbing saudara maka saudara akan mengalami penerobos itu dalam hidup saudara.




Amen, Tuhan Yesus Memberkati…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENGENAL ISI HATI BAPA (Bagian Pertama)

  MENGENAL ISI HATI BAPA (Bagian Pertama) Sabtu, 04 Februari 2023 Ps Joseph Hendrik Gomulya           Sejak awal manusia diciptakan Allah ...