Senin, 26 Februari 2018

MELIHAT YANG TIDAK TERLIHAT

Gereja Bahtera Injil Gibbor (GBIG) Holy Glory



Ps Joseph Hendrik Gomulya



“Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal.” (2 Korintus 4:18 TB)




Ayat ini adalah ayat yang sangat luar biasa dimana setiap orang diciptakan hidup dalam kekekalan dengan melihat yang tidak kelihatan karena kebanyakan orang hanya percaya ketika melihat yang kelihatan atau melihat kenyataan padahal iman itu hanya bekerja apabila saudara melihat yang tidak terlihat. Apabila saudara bisa menangkap ayat ini atau apabila segala sesuatu yang belum nyata sudah saudara tangkap didalam roh terlebih dahulu, maka itu akan menjadi kenyataan. Itu adalah sesuatu yang sangat baru yang sudah diberikan oleh Tuhan yang saudara tangkap didalam roh saudara dengan bantuan Roh Kudus yang ada didalam saudara.




Sebelum semua kemenangan, keberhasilan, kesuksesan dan kemakmuran itu terjadi, Tuhan sudah terlebih dahulu memberikannya didalam roh saudara. Apabila saudara berhasil melihat yang tidak terlihat dan menangkapnya kemudian mengucapkan atau memperkatakannya maka itu yang terjadi. Oleh sebab itu saat saudara lahir baru saat itu pun saudara sudah dibaharui karena Tuhan bekerja melalui roh saudara.
Contohnya: Sebuah kursi kayu dimana Tuhan tidak menciptakannya langsung tetapi Tuhan menciptakan pohon terlebih dahulu yang menjadi bahan baku utama dari kursi kayu tersebut. Orang yang menciptakan sebuah kursi yang mahal dan bagus, itu didapatkan dari menangkap gambar atau ide lalu menggambarnya kemudian membuatnya. Begitu pun dengan karya-karya inovatif lainnya yang diciptakan oleh manusia seperti sebuah meja yang ketika dilipat bisa menjadi tatanan (rak) bunga seperti tangga padahal sebenarnya adalah sebuah meja. Contoh lainnya adalah ketika orang mendesign sebuah ruangan yang sempit tetapi minimalis dimana semua perabot yang ada didalamnya  dibuat menjadi multifungsi seperti sofa yang bisa juga menjadi sebuah tempat tidur ketika sofa tersebut dilipat ke dinding.




          Dari semua contoh diatas, apakah Tuhan yang menciptakan semua itu? Tuhan menciptakan bahan bakunya kemudian ide-ide cemerlang itu ditangkap dari Tuhan dan menjadikannya. Semua janji Tuhan pun seperti itu dimana Tuhan pun bisa memberikan itu di dalam diri saudara dalam setiap usaha, pekerjaan, pelayanan dan dari kemenangan demi kemenangan yang saudara terima di dalam hidup saudara sewaktu saudara bisa menangkapnya di dalam roh saudara. Mari melihat yang terjadi pada diri Abraham.



“Karena itu namamu bukan lagi Abram, melainkan Abraham, karena engkau telah Kutetapkan menjadi bapa sejumlah besar bangsa.” (Kejadian 17:5-6 TB)


            Firman Tuhan ini datang kepada Abraham di hari tuanya di saat dirinya berusia 99 tahun dan Tuhan berkata kepadanya bahwa dia adalah bapak segala bangsa. Tuhan harus merubah nama Abraham, merubah gambar yang Abraham lihat tentang dirinya bahwa dirinya adalah seorang yang gagal karena istrinya belum memberikannya anak sampai usia tuanya yang dalam istilah kedokteran disebut dengan menopause sehingga tidak memungkinkan lagi bisa melahirkan anak. Tuhan membawa Abraham melihat yang bukan kenyataan tetapi melihat apa yang dilihat oleh Tuhan atas hidupnya. Firman Tuhan dan janji-Nya sangat spesifik, jadi bagian saudara hanya menunggu perkataan Tuhan, percaya dan menangkapnya di dalam roh. BAGAIMANA CARA MENDENGAR TUHAN BERBICARA?


            Firman Tuhan berkata dalam Yohanes 10:27 “Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku.” Jadi roh saudara bisa menangkap atau mendengar suara/perkataan Tuhan sekalipun begitu banyak suara-suara yang terdengar. Jadi sebagai domba saudara harus bisa mengenal suara gembala saudara, bisa menangkap perkataan atau bahasa Tuhan.


            Iman adalah bisa menangkap dan melihat yang tidak kelihatan, percaya sekali pun belum kelihatan. Saudara tidak membutuhkan iman apabila saudara hanya mau percaya pada sesuatu yang sudah menjadi kenyataan. Jadi mari memiliki iman yang percaya akan janji Tuhan, melihat yang tidak terlihat, melihat janji Tuhan, menangkap apa yang Tuhan berikan secara spesifik buat diri saudara seperti Abraham, janji yang sama bisa tuun atas hidup saudara.
Contoh: sebelumnya gereja ini beribadah di RM Ayam penyet pak Tjomot losari tetapi kemudian tempat itu menjadi sangat sempit sehingga setiap kali dibuat KKR tempatnya tidak cukup sehingga orang-orang harus duduk di tangga. Pada saat Ps Hendrik berdoa dan menyembah Tuhan, Tuhan tiba-tiba memberikan suatu gambaran kepada beliau untuk membangun hotel 12 lantai tetapi kenyataan yang terjadi pada saat itu adalah beliau dan istri tidak memiliki uang yang cukup untuk membangun itu, tetapi Tuhan berkata untuk menggambar desain hotel tersebut terlebih dahulu dan kemudian di doakan bersama-sama dengan jemaat. Ini sempat membuat Ps Hendrik sempat kuatir bagaimana seandainya itu tidak bisa di realisasikan, tetapi Tuhan berkata kepada beliau bahwa apabila Dia sudah berjanji maka itu pasti di tepati-Nya.




          Sewaktu saudara menangkap sesuatu dari Tuhan, mari setia dan percaya kepada janji-Nya. Sewaktu saudara sakit, jangan melihat kenyataan bahwa saudara sakit tetapi percayalah bahwa Tuhan adalah penyembuh buat saudara karena semua sakit penyakit sudah ditanggung-Nya. Serahkanlah semuanya di tangan Tuhan dan percaya pada janji yang telah diucapkan-Nya untuk menyembuhkan saudara.



“Tetapi terhadap janji Allah ia tidak bimbang karena ketidakpercayaan, malah ia diperkuat dalam imannya dan ia memuliakan Allah.” (Roma 4:20 TB)


            Sewaktu saudara melihat yang tidak kelihatan, janganlah bimbang karena yang saudara tangkap bukan dari manusia tetapi dari Tuhan. Abraham ketika menangkap janji Tuhan, rohnya tidak menjadi bimbang sekalipun badannya lemah dan istrinya sudah menopause, malahan dia semakin di perkuat dalam imannya dan selalu memuliakan Tuhan.



“Lalu TUHAN membawa Abram ke luar serta berfirman: "Coba lihat ke langit, hitunglah bintang-bintang, jika engkau dapat menghitungnya." Maka firman-Nya kepadanya: "Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu.” (Kejadian 15:5 TB)


            Ini adalah pertama kali ketika Tuhan memberikan janji-Nya kepada Abraham saat berusia 75 tahun. Ini  adalah janji Tuhan yang sangat prophetic dimana Tuhan memberikan gambarannya langsung dengan menyuruh Abraham keluar dari tendanya untuk memudahkan Abraham mendapatkan gambaran apa yang Tuhan janjikan. Tuhan memberikan gambaran kepada Abraham bahwa keturunannya adalah bintang-bintang, jadi bukan hanya sekedar mempunyai anak yang banyak. Secara roh Abraham menangkap bahwa keturunannya akan menjadi bintang-bintang sekalipun usianya sudah tua. Mari melihat yang tidak kelihatan, apabila saudara ingin melihat masa depan saudara seperti apa bergaullah dengan Tuhan, dengan firman-Nya dan dengan Roh Kudus maka saudara bisa menangkap dari  dalam roh saudara apa yang Tuhan berikan. Setelah roh saudara menangkap apa yang Tuhan beri dan katakana, jangan hanya tinggal diam tetapi saudara harus bisa mengucapkan dan memperkatakannya. Setelah namanya dirubah Tuhan dari Abram menjadi Abraham yang artinya bapak bagi banyak bangsa, Abraham mengubah ucapannya. Jadi jangan lagi mengucapkan masa lalu saudara yang mungkin berisi segala kegagalan saudara tetapi ucapkanlah janji Tuhan untuk merubah semua yang dibelakang menjadi sesuai dengan apa yang Tuhan katakan. Mari berada di posisi seperti yang Tuhan janjikan, melihat yang tidak kelihatan itu maka saudara akan menjadi orang-orang yang lebih dari pemenang. Kemenangan dem kemenangan akan Tuhan berikan, kemakmuran demi kemakmuran, keberhasilan dan kesuksesan akan Tuhan berikan sewaktu saudara melihat yang tidak kelihatan.


“Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa berkata kepada gunung ini: Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut! Asal tidak bimbang hatinya, tetapi percaya, bahwa apa yang dikatakannya itu akan terjadi, maka hal itu akan terjadi baginya.” (Markus 11: 23 TB)


            Sewaktu saudara melihat gunung di depan saudara, perkatakanlah gunung itu, bicara kepada gunung itu karena gunung itu akan mendengar saudara berbicara dan gunung itu akan beranjak. Seperti air yang bisa mendengar perkataan Tuhan Yesus dan kemudian berubah menjadi anggur (perkawinan di Kana), ikan yang bisa mendengar perkataan yang Tuhan Yesus ucapkan dan ikan tersebut kemudian mengeluarkan 2 dirham uang koin dari mulutnya ketika dipancing, pohon ara yang tidak berbuah yang ketika Tuhan Yesus berkata pohon itu akan mati maka pohon ara itu pun mati, hal yang sama terjadi pada Musa ketika berbicara kepada batu dan batu itu mengeluarkan air. Jadi sesuatu akan terjadi sewaktu saudara berbicara ketika menangkap sesuatu yang dari Tuhan.
Contoh: apabila saudara mempunyai sebuah ladang atau kebun tetapi tidak ditaburi dengan benih atau bibit tetap akan tumbuh sesuatu tetapi tidak sesuai dengan apa yang saudara inginkan. Jadi apabila saudara tidak mengucapkan, sesuatu akan tetap terjadi tetapi kemungkinan yang terjadi adalah hal yang buruk. Jadi sewaktu anda menangkap sesuatu yang Tuhan inginkan, saudara harus berani dan dengan berani memperkatakannya kemudian saudara akan melihat bahwa benih itu akan tumbuh dalam hidup saudara.


          Ada seseorang yang sedang membutuhkan pekerjaan dimana dia berkata bahwa dirinya takut untuk berdoa seandainya doanya tidak terjadi, dia menjadi takut untuk meminta karena jangan sampai ketika dirinya meminta pekerjaan, itu tidak datang atau didapatkannya. Orang ini sudah memulai dengan pengertian yang salah, karena orang ini memulainya dengan kembimbangan. Jadi segala sesuatu jangan hanya saudara tangkap dari pengetahuan saudara saja karena apabila segala sesuatu ditangkap dengan pengetahuan dan keberadaan diri saudara saja melihat kenyataan bahwa saudara tidak mampu dengan segala kekurangan yang ada pada saudara.


          Perkataan saudara menciptakan masa depan saudara, perkataan saudara memberikan kehidupan dimana kehidupan saudara adalah wujud dari apa yang saudara perkatakan atau ucapkan. Jangan pernah mengucapkan yang negatif, hal yang sia-sia dan bodoh karena saudara sedang menciptakan bukan hanya yang baik saja tetapi yang buruk juga, tetapi apabila saudara dkiam saja anda sedang membuat yang baik menjadi buruk. Oleh sebab itu tanamlah benih yang baik atas kehidupan dan keluarga saudara, ucapkanlah hal itu karena kehidupan sedang diciptakan, masa depan sedang diciptakan dan kemenangan demi kemenangan sedang diberikan melalui ucapan saudara.


          Sewaktu saudara mengalami sesuatu, berdoa dan menyembahlah dengan berbahasa roh berbicara dengan Tuhan dan Tuhan akan berbicara didalam hati saudara dengan cara-Nya, menangkap pengertian yang Roh Kudus berikan dan  kemudian saudara ucapkan, inilah yang disebut dengan nubuatan. Sesuatu yang ditangkap dari Tuhan dan kemudian diucapkan itu seperti saudara sedang menciptakan kehidupan dan masa depan saudara.


KESIMPULAN :  Saudara tidak hidup dengan apa yang saudara lihat tetapi hidup dengan melihat apa yang saudara tidak lihat, melihat yang tidak terlihat. Saudara hidup dengan percaya, melihat setiap janji-Nya atas hidup saudara. Lihatlah janji-Nya atas keluarga, ekonomi atau masalah keuangan saudara, janganlah berputus asa karena saudara mempunyai Tuhan dan saudara mempunyai firman-Nya dalam hidup saudara. Mari lihat kehidupan dan masa depan saudara karena Tuhan sudah menyediakan yang terbaik atas hidup saudara.




Amen, Tuhan Yesus Memberkati…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENGENAL ISI HATI BAPA (Bagian Pertama)

  MENGENAL ISI HATI BAPA (Bagian Pertama) Sabtu, 04 Februari 2023 Ps Joseph Hendrik Gomulya           Sejak awal manusia diciptakan Allah ...