Sabtu, 25 Juni 2016

DIMENSI KASIH

TravellerS Phinisi, JKI Holy Glory Church Makasih (Ibadah Raya Pagi)

Ps Joseph Hendrik Gomulya

Kasih yang di pahami oleh sebagian orang adalah perasaan yang dimiliki oleh setiap manusia, perasaan ini akan timbul apabila manusia tersebut mempunyai rasa memiliki dan menyayangi, hubungan keterkaitan antara manusia dengan sesuatu, sehingga kasih sering di identikkan dengan hari valentine. Tetapi kasih sebenarnya ialah Kasih Kristus yang adalah sumber dari kasih itu.

Ini adalah pelajaran tentang DIMENSI KASIH KRISTUS, apa yang Tuhan ingin bicarakan tentang kasih, berapa besar volume Dimensi Kasih-Nya? Seberapa besar anda mengerti Kasih Tuhan dimana Allah itu Kasih, seberapa besar anda mengijinkan DIA mengetuk dan membuka pintu hati anda kemudian mengijinkan-Nya masuk, sejauh itu Tuhan akan membawa anda untuk mengalami kasih-Nya.

Itulah sebabnya aku sujud kepada Bapa, yang dari pada-Nya semua turunan yang di dalam sorga dan di atas bumi menerima namanya. Aku berdoa supaya Ia, menurut kekayaan kemuliaan-Nya, menguatkan dan meneguhkan kamu oleh Roh-Nya di dalam batinmu, sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu dan kamu berakar serta berdasar di dalam kasih. Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus, dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan. Aku berdoa, supaya kamu dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah.
(Efesus 3:14‭-‬19, TB)

  -oOo- BERAKAR SERTA BERDASAR DI DALAM KASIH KRISTUS -oOo-

Kasih Kristus yang adalah yang membuat anda berakar dan berdasar yang menanam dan menjadi pondasi kekristenan setiap kita.

Kasih-Nya yang melampaui segala pengetahuan, seberapa kita memahami, menerima pengertian Kasih Kristus itu masuk di hidup anda, seperti itu yang anda alami.

Seberapa jauh Tuhan akan membawa anda adalah sewaktu anda memahami Kasih Kristus, seberapa jauh, seberapa besar, seberapa dalam, seberapa tinggi, seberapa lebar anda menerima Kasih itu.

Kepenuhan Allah yang penuh dan utuh, maksimum kapasitas Allah (komplit) tidak kurang akan memenuhi anda.

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
(Yohanes 3:16, TB)

Kasih yang UNLIMITED (Full capacity/kapasitas maksimum/complete/tidak terbatas), Kasih Allah yang begitu besar akan dunia ini, sehingga yang terbaik dari Allah, yaitu Yesus Kristus di berikan kepada setia umat manusia. Sehingga seharusnya tidak ada lagi  yang merasa tidak atau kurang mengalami Kasih Tuhan, karena Tuhan sendiri sudah berkata dan membuktikan dengan memberikan hidup-Nya, memberikan nyawa-Nya buat setiap umat manusia. DIA menemukan dan memilih setiap kita bukan karena kita baik, bukan karena kita sudah atau sedang berbuat baik tetapi di kala kita masih berdosa.

Sesuatu yang kontras dengan dunia, dimana memilih kita karena kita kelihatan baik dan saleh. Ketika kita mengalami hal-hal yang buruk, melakukan kesalahan-kesalahan, dan melakukan sesuatu yang bodoh, dunia akan menghindari kita, bahkan sampai menghakimi. Yesus adalah pribadi yang selamanya mengasihi seluruh umat manusia bahkan ketika manusia masih berada di dalam dosa dan punya banyak kekurangan.

-oOo- KEPENUHAN ALLAH, KEPENUHAN KASIH-NYA DI DALAM HIDUP ANDA -oOo-

Karena dari kepenuhan-Nya kita semua telah menerima kasih karunia demi kasih karunia;
(Yohanes 1:16, TB)

Dari kepenuhan Allah, anda menerima kasih karunia demi kasih karunia di hidup anda yang adalah inisiatif dari Tuhan sendiri, bukan karena melihat siapa dan bagaimana anda.

Jangan percaya tipuan iblis yang berkata bahwa Tuhan hanya memberikan Kasih-Nya ketika anda sudah baik tetapi justru oleh Kepenuhan-Nya, DIA memberikan kasih karunia demi kasih karunia-Nya ketika anda gagal sekalipun. DIA bahkan sanggup membalikkan kesalahan/kegagalan anda menjadi sebuah kemenangan oleh kasih karunia demi kasih karunia-Nya sehingga tidak alasan sedikitpun untuk anda mundur, cukup mengijinkan hidup anda selalu membuka hati ketika DIA mengetuk pintu hati anda dan mengijinkan DIA melangkah masuk ke hidup anda lebih dalam.

Karena itulah kuperingatkan engkau untuk mengobarkan karunia Allah yang ada padamu oleh penumpangan tanganku atasmu.
(2 Timotius 1:6, TB)

Ketika Roh Allah, Roh Kudus di dalam hidup anda oleh penumpangan tangan itu yang membawa kasih, yang mengobarkan dan membangkitkan anda untuk menerima kepenuhan Allah yang membawa anda mengalami kasih itu.

Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus, (Ef 3:18 TB)

Mari berdoa Tuhan membukakan anda pemahaman, melalui perenungan anda dapat memahami ketika Tuhan datang mengetuk pintu hati, anda mau membuka dan mengijinkan DIA masuk, mengijinkan Kasih-Nya untuk anda pahami, dan membawa anda lebih mengenal Hati-Nya.

Apa yang perlu kita pahami untuk mengenal Hati-Nya?

1). Seberapa Lebar.

Seberapa lebar, seberapa luas anda mengijinkan Tuhan masuk dan membawa anda melangkah bersama-Nya, seberapa luas anda mengijinkan Tuhan melangkah di dalam hidup anda, seberapa luas Kasih Allah itu membawa anda.

Setiap orang mempunyai lebar, luas yang berbeda bergantung seberapa anda mengijinkan Tuhan membawa anda, ada sebagian orang sudah merasa cukup sampai sebegitu saja, tidak perlu terlalu lebar Tuhan membawa hidupnya, seperti orang yang merasa cukup dengan hanya datang bergereja mencari Tuhan sekali dalam seminggu, cukup dengan rutinitas agamawi.

Lebar dan luas hati seseorang sebenarnya sangat besar, sangat luas karena itu adalah tempat di mana "Spirit" Roh anda, di mana dari seluruh ciptaan Tuhan hanya manusia yang memiliki ini. Tuhan memberikan sebesar kapasitas anda, memahami yang akan anda hidupi, karena apa yang anda terima itu yang akan anda lakukan. Berikan dan bukalah hati anda selebar dan seluas-luasnya untuk Tuhan.

Ketika anda mengijinkan dan membuka seluas-luasnya hati anda untuk Tuhan, walaupun ketika DIA mendapati hati anda kecil sekalipun, DIA akan memperluas sesuai kapasitas anda. Manusia cenderung cuma bisa mengasihi orang yang mengasihinya, tetapi tidak bisa mengasihi orang yang memusuhinya. Kasih manusia itu "EGO" yang lebih mementingkan diri sendiri, sehingga setiap manusia memerlukan Kasih Tuhan untuk memperluas kapasitas hatinya, untuk bisa mengasihi semua orang tanpa terkecuali, orang yang membenci dan memusuhi anda sekalipun. Hari demi hari Tuhan akan menuntun dan mengubahkan anda.

2). Seberapa Panjang.

Ini berbicara seberapa jauh anda mengijinkan Tuhan menjangkau hidup anda, seberapa jauh Kasih Tuhan itu membawa anda berjalan bersama dengan Tuhan dalam hidup anda, seberapa jauh anda mengijinkan Kasih Kristus berjalan di hidup anda, berjalan seperti kehendak-Nya.

Kasih Tuhan yang begitu besar anda rasakan di dalam hidup anda, yang membuat anda mau bergerak keluar menjangkau setiap jiwa-jiwa yang terhilang, anda mau menjangkau orang-orang miskin di tempat-tempat kumuh, tempat pembuangan sampah, memeluk dan membagi Kasih Tuhan kepada mereka.

Seperti penjelasan di poin nomor 1 di atas, manusia kebanyakan mementingkan "EGO", mementingkan diri mereka sendiri-sendiri, sifat keegoisannya, hal yang membuat secara rohani OBESITAS banyak terjadi di gereja saat-saat ini karena Kasih Kristus hanya untuk diri sendiri (merasa cukup dengan rajin bergereja, cukup dengan memuji dan menyembah Tuhan, cukup dengan rajin membaca Alkitab), tidak mau membagi-Nya, tidak mau mengijinkan Tuhan membawa anda berjalan keluar untuk membawa anda keluar mengetahui seberapa panjang dan jauhnya Kasih Tuhan itu, berjalan keluar menjadi bapa bagi kota di mana anda berada, melihat kebutuhan kota dan menjangkau jiwa-jiwa di kota anda.

Beberapa memberikan alasan yang cukup klise bahwa bukankah pelayanan itu di mulai dari dalam keluarga terlebih dahulu? Iya memang betul, keluarga yang utama Top priority lah bahasa kerennya, tetapi Tuhan juga mau membawa anda berjalan keluar, sehingga anda bisa mengetahui seberapa panjang-Nya/jauh-Nya Kasih Tuhan itu.
Ada orang-orang yang mau meninggalkan "Comfort Zone" zona nyamannya, meninggalkan kemewahan yang bagi dunia itu sebuah kebodohan, seperti para missionaris yang meninggalkan negaranya pergi ke negara, ke pulau-pulau yang masih terpencil dan terbelakang karena cinta mereka akan jiwa-jiwa di bawa kehadapan Tuhan. Meninggalkan negara, kota, mimpi, dan zona nyaman mereka untuk berjalan lebih jauh bersama Tuhan.

Seperti kisah Transformasi di Fiji, di mana ada missionaris yang memilih untuk meninggalkan zona nyamannya dan kemudian memutuskan untuk pergi membagi Kasih Tuhan sampai akhir hidupnya, pelayanannya. Setelah Hamba Tuhan ini meninggal. Terjadi Kerusuhan dan kudeta terjadi di Negara tersebut, Gereja kemudian bersatu dan berdoa di lapangan-lapangan, minta Tuhan intervensi bangsanya. Perdana menteri-nya serahkan negara kepada Tuhan Yesus. Selanjutnya ada kehausan akan Tuhan, belajar Alkitab hingga malam hari. Terjadi rekonsialisasi pada keturunan misionaris yang dibunuh. Akibatnya: ekonomi, pertanian, perikanan semua pulih. Presiden, Wakil Presiden, Perdana Menteri dan Kabinet Fiji Pemerintahan Fiji menyerahkan hidup mereka kepada Tuhan, mereka menjadi lahir baru. Tanah yang sebelumnya  di kutuk menjadi tanah yang di berkati, dari negara yang hancur, dipulihkan.

Ada hidup yang mau di tanam, hidup yang tidak berpikir egois untuk dirinya sendiri, meninggalkan setiap mimpi, kerinduan dan cita-citanya. Dunia berkata itu sebuah kebodohan dan kesia-sian, orang-orang yang terpandang dan berpendidikan tinggi meninggalkan zona nyamannya untuk melayani orang-orang miskin dan berpikir hal itu tidak menghasilkan apa-apa.

Seberapa jauh anda ingin meninggalkan zona kenyamanan anda? seberapa jauh anda ingin meninggalkan hal-hal yang tidak perlu? Seberapa jauh anda mengijinkan Tuhan berjalan bersama-sama dengan anda? Yang adalah pencipta langit dan bumi, Raja di atas segala raja, ada berjalan bersama anda, di bawa masuk ke dalam dimensi-Nya.

Yesus berkata kalau ingin mengikuti-Nya menjadi Murid-murid-Nya, anda harus meninggalkan ayah dan ibumu, meninggalkan saudara-saudaramu. Ini bukan berarti Yesus mengajarkan untuk tidak mencintai orangtua dan saudara-sadara anda, tetapi ketika anda bisa mengasihi Tuhan, anda pasti bisa mengasihi orangtua, saudara, istri, suami dan anak-anak anda, mengasihi mereka sebagai manusia dan yang bekerja di hidup anda adalah Kasih Tuhan yang memperbaharui anda hari demi hari. Ketika anda gagal mengasihi Istri/suami, anak-anak atau orangtua, Kasih Tuhan akan membalut kembali luka hati anda, anda di restorasi kembali untuk mengasihi lebih lagi.

“Siapakah di antara kamu yang mempunyai seratus ekor domba, dan jikalau ia kehilangan seekor di antaranya, tidak meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di padang gurun dan pergi mencari yang sesat itu sampai ia menemukannya? (Lukas 15:4, TB)

Tuhan akan mencari satu domba yang hilang dan meninggalkan 99 domba lainnya di padang gurun, meninggalkan 99 orang benar di padang gurun. Kenapa di tinggalkan di padang gurun? Bukankah DIA berjanji untuk memberikan anak-anak-Nya padang rumput yang hijau? tetapi jelas sekali di tulis bahwa di tinggalkan di padang gurun, kenapa? Karena Hati Tuhan tidak berada di situ, mereka berkumpul hanya untuk diri mereka sendiri. Mari menangkap isi Hati Tuhan dan mau berkata Tuhan bukan hanya untuk diri kita, mau mencari satu yang terhilang, mau mengikuti Tuhan kemanapun DIA mau. Mungkin selama ini anda belum pernah merasakan damai yang sesungguhnya karena anda sedang mengalami padang gurun sekalipun anda ke gereja setiap minggunya, karena terlalu lama menahan Hati Yesus hanya untuk diri anda sendiri. Sekaranglah waktunya anda mengalami sorga yang sesungguhnya, menangkap isi hati Tuhan, berjalan bersama-Nya, pergi ke kota demi kota, lorong-lorong, mungkin anda terkendala dengan usia, jangkaulah orang-orang di sekeliling anda.

Adakah kerinduan di hati anda untuk jiwa-jiwa yang terhilang? Jangan habiskan hidup anda hanya untuk mencari nafkah yang oleh Firman Tuhan itu hanya akan menjadi ngengat dan karat. Warisan terbesar untuk masa depan anak-anak anda adalah mengenal Tuhan dengan sungguh-sungguh, mengenal Tuhan secara pribadi, yang menjamin hidup dan masa depan anak-anak anda.

3). Seberapa Tinggi.

Ini berbicara tentang seberapa anda ingin di bawa Tuhan untuk naik ke atas Gunung Kudus-Nya. Kunci untuk mengalami Dimensi Kasih Tuhan adalah seberapa anda mengingini untuk naik ke bukit bersama Tuhan. Ini berbicara seberapa anda mengingini untuk naik ke bukit berdoa berdua-duan dengan-Nya, meninggalkan segala rutinitas kesibukan di pekerjaan, di bisnis, dan di usaha anda kemudian menjadikan Tuhan yang prioritas di hidup anda, menjadikan doa sebagai sesuatu yang penting di hidup anda karena anda ingin membangun hubungan intim secara pribadi dengan-Nya, yang membawa anda naik terbang tinggi.

Pelayanan Yesus tidak pernah lepas dari doa, mujizat yang terjadi tidak pernah lepas dari doa. Seberapa tingginya, berbicara tentang bukit yang anda daki, mengijinkan Tuhan membawa anda naik ke atas bukit itu. Seberapa besar Kasih yang anda terima bersangkutan juga dengan seberapa anda mengijinkan Tuhan membawa anda naik ke atas bukit Tuhan, berdoa, bergaul karib, dan intim bersama Tuhan.

Seberapa besar Kasih Tuhan mempengaruhi hidup anda, seberapa besar Kasih itu mengubahkan anda, seberapa tinggi anda mengijinkan Tuhan membawa anda sampai pada puncak ketinggian yang Tuhan ingin bawa anda, hari demi hari, waktu demi waktu. Semakin tinggi anda di bawa untuk mengenal-Nya, mengenal Hati-Nya, Kerinduan-Nya, yang hanya bisa DIA ceritakan ketika anda di bawa naik ke tempat yang tinggi sendiri bersama Tuhan. Karena di dalam doa, DIA tumpahkan isi Hati-Nya, menceritakan cerita yang tidak DIA ceritakan kepada orang lain. Kerinduan-Nya seberapa tinggi, seberapa banyak waktu, seberapa besar hati anda, seberapa besar kerinduan yang anda bawa untuk naik ke bukit bersama-Nya.

Untuk mengalami Kasih Tuhan yang besar itu tidak pernah lepas dari doa dan jangan pernah merasa puas. Kalau cinta, kerinduan, dan passion anda masih sama dengan yang sebelum-sebelumnya mari berdoa dan meminta Tuhan untuk membawa anda naik lebih tinggi, membawa anda menjadi lebih memahami dan mengenal-Nya, kemudian anda di bawa naik lebih tinggi lagi.

4). Seberapa Dalam.

Untuk memahami seberapa dalamnya Kasih Tuhan itu yang berbicara tentang bobot adalah seberapa anda mengijinkan Tuhan membawa anda lebih dalam mengenal isi Hati-Nya, lebih dalam mengenal Cinta-Nya, lebih dalam mengenal Kerinduan-Nya, seberapa anda mengijinkan Tuhan membawa anda lebih dalam untuk mengenal-Nya secara pribadi.

Kemarin mungkin anda  hanya tinggal diam, tidak ingin di bawa kemana-mana, tetapi hari ini Tuhan mengubahkan anda dan mengijinkan Kasih-Nya membawa anda lebih dalam mengenal-Nya. Walaupun ketika anda di bawa lebih dalam anda harus meninggalkan  zona nyaman anda, sehingga anda harus meninggalkan teman-teman anda karena mereka tidak bisa di bawa lebih dalam, ataupun teman-teman anda yang meninggalkan anda karena tidak ingin bersama anda lagi. Mungkin anda harus meletakkan segala impian-impian anda yang dahulu dan menggantikannya dengan yang lebih dalam yaitu mengenal keinginan Hati-Nya bukan lagi keinginan hati anda, mengenal Pikiran-Nya bukan lagi pikiran anda.

Ketika anda di bawa lebih dalam oleh Tuhan, jangan pernah mengharapkan bahwa orang-orang akan mengerti tentang anda karena memang dunia tidak memahami ini, dan di anggap sebagai sebuah kegilaan. Seperti ketika anda sedang berkekurangan, tidak punya apa-apa tetapi kemudian ketika Tuhan menyuruh anda untuk menabur seluruhnya, anda tetap taat untuk menabur seluruh uang yang anda miliki. Ini yang tidak bisa diterima oleh dunia dengan akal dan pikiran, karena orang banyak yang hidup dari apa perkataan orang bukan apa kata Tuhan, ketika Tuhan ingin mengajak anda, ketika Firman-Nya di beritakan, Tuhan akan mengingatkan akan Firman-Nya.

Bobot seseorang berbeda-beda dalam mengijinkan Tuhan membawanya, karena untuk di bawa naik mungkin sebagian orang masih mau, tetapi kalau di bawa lebih dalam mungkin akan berpikir ulang karena itu tidak kelihatan, tidak nampak di permukaan, tertanam dan bersifat pribadi. Karena pondasi itu dalam kita, akar itu dari dalam, dan seberapa dalam kah anda ingin di bawa Tuhan? Apakah anda mau mengganti semua segala yang dunia di hidup anda? Seperti Rasul Paulus yang berkata "Dunia ini kuanggap sampah bagiku", suatu perkataan yang bodoh dan gila bagi dunia ini, karena dunia berkata kita di dunia untuk menikmati dunia, sehinga banyak yang terikat dengan dunia. Rasul Paulus berkata seperti itu karena hidupnya ingin di bawa lebih dalam bersama Tuhan.

Mari jangan hanya tinggal diam dan hanya menghabiskan waktu setiap hari kepada hal-hal yang tidak perlu. Hilangkanlah pikiran yang dangkal tetapi milikilah kedalam bersama Tuhan, setiap anda punya cerita tentang kedalaman tentang Tuhan, yang mengenal kerinduan hati Tuhan untuk berjalan menjangkau jiwa-jiwa.

Tetapi Allah yang kaya dengan rahmat, oleh karena kasih-Nya yang besar, yang dilimpahkan-Nya kepada kita, telah menghidupkan kita bersama-sama dengan Kristus sekalipun kita telah mati oleh kesalahan-kesalahan kita -- oleh kasih karunia kamu diselamatkan --
(Efesus 2:4‭-‬5, TB)

Kasih Tuhan yang besar itu telah dilimpahkan-Nya kepada setiap kita, sehingga jangan berkata bahwa Tuhan lebih mengasihi orang lain, sesuatu yang seperti memandang rendah Tuhan. Tuhan yang sudah mengorbankan Nyawa-Nya tetapi anda tidak memahami betapa besar Kasih-Nya karena tidak mau membuka pintu hati anda untuk DIA masuk ke dalam hidup anda. Inilah yang membuat orang memiliki kedangkalan mengenal Hati Tuhan karena tidak mau membuka pinti hatinya, tetapi menghabiskan waktunya dengan sesuatu yang sia-sia.

Seperti Ps Hendrik dahulu sebel di panggil untuk menjadi gembala, ketika masih menjadi pengusaha kemudian berkata kepada ayahnya yang seorang Hamba Tuhan bahwa biarlah ayahnya saja yang menjadi Hamba Tuhan, bagian Ps Hendrik yang memberkati dengan persembahan, perpuluhan dan membangun Gereja, hal yang membuat beliau kemudian di tegur oleh Tuhan. Tuhan berkata di hati beliau Bahwa DIA tidak membutuhkan uang Ps Hendrik, Tuhan di Sorga kaya, Tuhan tidak membutuhkan uang Ps Hendrik, uang anda. Tetapi uang yang anda persembahkan ke Tuhan melalui Gereja berguna untuk pekerjaan Tuhan, untuk jiwa-jiwa. Kita memberikan persembahan dengan ucapan syukur karena anda sudah menerimanya, menerima berkat Tuhan atas hidup anda.

Engkaulah persembunyian bagiku, terhadap kesesakan Engkau menjaga aku, Engkau mengelilingi aku, sehingga aku luput dan bersorak. S e l a  Aku hendak mengajar dan menunjukkan kepadamu jalan yang harus kautempuh; Aku hendak memberi nasihat, mata-Ku tertuju kepadamu.
(Mazmur 32:7‭-‬8, TB)

Sewaktu anda mengalami kesesakan, itu adalah waktu yang tepat buat anda untuk naik ke tempat yang tinggi, sewaktu anda memahami Dimensi Kasih itu Tuhan akan mengajak anda, menunjukkan jalan-Nya hari demi hari. Sewaktu Tuhan ijinkan anda untuk bekerja, ketika selama ini anda sudah kelelahan tinggal kepada keadaan, dan Tuhan berkata sekarang waktunya buat anda untuk berjalan.

Tuhan hanya memerlukan hidup anda, yang DIA inginkan bukan uang anda, tetapi hidup anda karena DIA sangat mengasihi anda sekalipun tidak ada yang terbaik dari hidup anda yang bisa dipersembahkan kepada-Nya, DIA tetap sangat mengasihi anda.

Kasih Tuhan tidak pernah bertambah ataupun berkurang dengan memberi duit anda, tetapi ketika anda memberi-Nya dengan Cinta itu akan kembali di hidup anda. Memberilah karena anda sudah memahami Kasih-Nya, karena anda sudah menerimanya.

Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.”
(Lukas 12:34, TB)

Salah satu bukti bahwa orang sangat mencintai Tuhan bisa di lihat dari seberapa kuat dia mau menabur dan seberapa dia mau taat, bahkan ada yang memberikan seluruh gajinya yang walaupun gajinya sebulan sangat kecil, tetapi ketika Tuhan berkata seperti itu di hatinya tanpa memikirkan apa yang dia akan makan keesokan harinya dan ini terjadi beberapa kali. Inilah kerinduan Tuhan buat setiap kita, ketika tidak punya apa-apa, bisa mempersembahkan seluruhnya kepada Tuhan.

ketika Ia menetapkan awan-awan di atas, dan mata air samudera raya meluap dengan deras,  ketika Ia menentukan batas kepada laut, supaya air jangan melanggar titah-Nya, dan ketika Ia menetapkan dasar-dasar bumi,  aku ada serta-Nya sebagai anak kesayangan, setiap hari aku menjadi kesenangan-Nya, dan senantiasa bermain-main di hadapan-Nya;  aku bermain-main di atas muka bumi-Nya dan anak-anak manusia menjadi kesenanganku. Oleh sebab itu, hai anak-anak, dengarkanlah aku, karena berbahagialah mereka yang memelihara jalan-jalanku.
(Amsal 8:28‭-‬32, TB)

Ini berbicara tentang jalan-jalan Yesus. Dunia diciptakan untuk setiap kita yang  menentukan batas-batas awan itu. Seberapa anda mau dibawa oleh Tuhan berjalan, seberapa luas, seberapa panjang, seberapa jauh, tinggi dan dalam Tuhan mempunyai kerinduan yang sangat besar untuk mengajak anda berjalan.

Kesaksian: Tentang seorang pengusaha kaya di singapore dimana hari itu di atas penthousenya dia memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Secara finansial tidak ada yang kurang, orang-orang sekelilingnya melihat keadaannya baik. Sewaktu orang tidal memiliki Yesus di hidupnya akan merasa banyak yang kurang dihidupnya. Kekayaan, pangkat dan jabatan tidak pernah memuaskan manusia. Pada saat dia mau mengakhiri hidupnya, ditangannya ada pisau, dia tinggal memilih apakah melompat atau menggunakan pisau untuk mengakhiri hidupnya. Entah kenapa dia kemudian membuka dan mendengarkan lagu di youtube secara shuffle acak dan tiba-tiba lagu "What Love is This" yang dinyanyikan oleh Kari Jobe terputar. Bait demi bait dari lagu ini masuk ke hatinya, apa yang terjadi kemudian? Seperti Firman Tuhan "DIA memilih kita ketika masih berdosa sekalipun" orang ini sebenarnya merasa tidak layak untuk menerima Kasih Tuhan itu, tetapi Tuhan melawat dirinya dan menaruh semua yang dipegangnya dan kemudian berkata kepada Tuhan "Kalau ada Kasih-Mu, ijinkan Kasih-Mu masuk di hidupku".
Sejak saat itu hidupnya berubah dan hari ini hidupnya bukan untuk uang lagi, hidupnya bukan untuk jabatan tetapi hidupnya untuk Kristus. Hidupnya menjadi berkat buat banyak orang. Kasih apakah ini? Yang begitu mengasihi orang ini, bajkan ketika dia terpuruk, ketika dia ingin mengakhiri hidupnya dan Yesus berkata " Aku mati untukmu hari itu, dimana seharusnya orang ini yang mati tetapi Yesus memberikanna kehidupan. Setiap kita terutang kehidupan dan kehidupan itu bukan untuk diri kita sendiri, kehidupan itu kita berikan kepada orang-orang yang diluar, transferkan kehidupan itu.

"What Love is This" 

You never change, You are the God You say You are
When I'm afraid You calm and still my beating heart
You stay the same, when hope is just a distant thought
You take my pain
and You lead me to the cross

What love is this, that You gave your life for me
and made a way for me to know You
and I confess You're always enough for me you're all I need

I look to You
I see the scars upon Your hands
And hold the truth
That when I can't You always can
And standing here beneath the shadow of the cross, I'm overwhelmed that I keep finding open arms

What love is this that You gave your life for me and made a way for me to know You
And I confess, You're always enough for me
You're all I need

Jesus in your suffering You were reaching You thought of me
Jesus in Your suffering You were reaching You thought of me

What love is this, that You gave your life for me
And made a way for me to know You
And I confess, You're always enough for me
You're all I need

What love is this, that You gave Your life for me
And made a way for me to know You
And I confess, You're always enough for me
Always enough for me
Always enough for me

Amin!

Jurnalist: Untung Bongga Karua

1 komentar:

  1. Shalom bapak, ibu dan saudara/i yang dikasihi oleh Tuhan. Apakah ada diantara bapak, ibu maupun saudara/i yang pernah mendengar tentang Shema Yisrael dan V'ahavta? Kalimat pernyataan keesaan YHWH ( Adonai/ Hashem ) dan perintah untuk mengasihiNya yang dapat kita temukan dalam Ulangan/ דברים/ Devarim 6 : 4 - 6 yang juga pernah dikutip oleh Yeshua/ ישוע/ Yesus di dalam Injil khususnya dalam Markus 12 : 29 - 31, sementara perintah untuk mengasihi sesama manusia dapat kita temukan dalam Imamat/ ויקרא/ Vayikra 19 : 18. Mari kita pelajari cara membacanya satu-persatu seperti yang akan dijabarkan di bawah ini :

    Ulangan/ דברים/ Devarim 6 : 4 - 6, " שְׁמַ֖ע יִשְׂרָאֵ֑ל יְהֹוָ֥ה אֱלֹהֵ֖ינוּ יְהֹוָ֥ה ׀ אֶחָֽד׃. וְאָ֣הַבְתָּ֔ אֵ֖ת יְהֹוָ֣ה אֱלֹהֶ֑יךָ בְּכׇל־לְבָבְךָ֥ וּבְכׇל־נַפְשְׁךָ֖ וּבְכׇל־מְאֹדֶֽךָ׃. "

    Cara membacanya dengan mengikuti aturan tata bahasa Ibrani yang berlaku, " Shema Yisrael! YHWH [ Adonai ] Eloheinu, YHWH [ Adonai ] ekhad. V'ahavta e YHWH [ Adonai ] Eloheikha bekol levavkha uvkol nafshekha uvkol me'odekha

    Imamat/ ויקרא/ Vayikra 19 : 18, " וְאָֽהַבְתָּ֥ לְרֵעֲךָ֖ כָּמ֑וֹךָ. "

    Cara membacanya dengan mengikuti aturan tata bahasa Ibrani yang berlaku, " V'ahavta l'reakha kamokha "

    Untuk artinya dapat dilihat pada Alkitab LAI.

    Terkadang pula ada sisipan kalimat Barukh seperti ini setelah diucapkannya Shema

    " . בָּרוּךְ שֵׁם כְּבוֹד מַלְכוּתוֹ לְעוֹלָם וָעֶד. "
    ( Barukh Shem kevod malkuto, le'olam va'ed, artinya Diberkatilah Nama yang mulia, KerajaanNya untuk selamanya )

    Semoga bermanfaat.
    🕎✡️🐟🤚🏻👁️📜🕯️❤️🤴🏻👑🗝️🛡️🗡️🏹⚖️⚓🕍✝️🗺️🌫️☀️🌒⚡🌈🌌🔥💧🌊🌬️❄️🌱🌾🍇🍎🍏🌹🍷🥛🍯🦁🦅🐂🐏🐑🐎🦌🐪🕊️🐍₪🇮🇱

    BalasHapus

MENGENAL ISI HATI BAPA (Bagian Pertama)

  MENGENAL ISI HATI BAPA (Bagian Pertama) Sabtu, 04 Februari 2023 Ps Joseph Hendrik Gomulya           Sejak awal manusia diciptakan Allah ...