Jumat, 24 Juni 2016

SIAPAKAH YESUS ITU?

( Sungguh suatu penghargaan bagi kami anak-anak-Mu, kami boleh memanggil ENGKAU, YA ABBA YA BAPA... Sungguh ENGKAU baik, tak berkesudahan kasih setia-Mu, tak habis-habisnya rahmat-Mu, selalu baru setiap pagi...

PUJIAN: BAPA ENGKAU SUNGGUH BAIK (FRANGKY SIHOMBING)

... BAPA, ENGKAU sungguh baik
Kasih-Mu melimpah dihidupku...

BAPA, ku-berterima kasih berkat-Mu hari ini yang KAU sediakan bagiku...

Ku-naikkan syukurku, buat hari yang KAU beri....
Tak habis-habisnya, Kasih dan Rahmat-Mu....

Selalu baru dan tak pernah terlambat pertolongan-Mu...
Besar setia-Mu, disepanjang hidupku...

                        ---oOo---

          "SIAPAKAH YESUS ITU?"

By: Ps Joseph Hendrik Gomulya

Sebuah nama yang sangat berkuasa dan mengubahkan banyak orang, Nama yang dikatakan Nama diatas segala nama. Sebuah Nama ketika mengenalnya lebih dalam, yang membawa anda merasakan HUBUNGAN INTIM secara pribadi dengan Sang Pencipta langit dan bumi, Alam semesta.

Injil itu telah dijanjikan-Nya sebelumnya dengan perantaraan nabi-nabi-Nya dalam kitab-kitab suci, tentang Anak-Nya, yang menurut daging diperanakkan dari keturunan Daud, dan menurut Roh kekudusan dinyatakan oleh kebangkitan-Nya dari antara orang mati, bahwa Ia adalah Anak Allah yang berkuasa, Yesus Kristus Tuhan kita. (Roma 1:2‭-‬4 TB)

1) YESUS ADALAH ANAK ALLAH.

Sebuah Nama yang telah diwahyuhkan jauh sebelumnya oleh seluruh nabi-nabi di Perjanjian Lama setelah manusia pertama jatuh kedalam dosa, bahwa akan lahir seorang Juruselamat dari keturunan  Daud, yang lahir dari ROH Allah sendiri, jadi DIA adalah Anak Allah sendiri.

Bagaimana mungkin Allah bisa mempunyai anak? Sesuatu yang untuk bisa dipahami pertama-tama tidak menerimanya dengan logika berpikir anda, Yesus adalah Anak Allah yang adalah bentuk pribadi Allah yang turun kebumi untuk menyelamatkan semua umat manusia.

Pada kisah kelahiran Yesus di (Matius 1:18,22-25) disitu ditunjukkan Yesus lahir dari Roh Allah sendiri melalui anak dara (Maria). Paulus berkata Tetapi setelah genap waktunya, maka Allah mengutus Anak-Nya, yang lahir dari seorang perempuan dan takluk kepada hukum Taurat. Ia diutus untuk menebus mereka, yang takluk kepada hukum Taurat, supaya kita diterima menjadi anak. (Galatia 4:4‭-‬5 TB)

Yesus ditunjukkan sebagai "yang saleh, tanpa salah, tanpa noda, yang terpisah dari orang-orang berdosa (Ibrani 7:26). Mengenai hubungannya dengan BAPA bisa kita lihat di Kolose 2:9 "Sebab dalam Dialah berdiam secara jasmaniah seluruh kepenuhan ke-Allahan".

Seperti kepala pasukan Tentara Roma yang menyalibkan Yesus, yang dengan mulutnya sendiri mengakui dan tidak dapat menahan untuk berkata “Sungguh, orang ini adalah Anak Allah!” (Markus 15:39 TB)

2) YESUS ADALAH JURUSELAMAT DUNIA.

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
(Yohanes 3:16 TB)

Dikatakan setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal, sesuatu janji yang pasti dari Allah sendiri.

Orang-orang hebat, nabi-nabi, raja-raja terkenal, buku-buku karangan penulis terkenal dan Kitab Suci manapun tidak pernah ada yang berani menulis dan menjamin hidup manusia untuk MEMPEROLEH HIDUP YANG KEKAL selain oleh Yesus sendiri melalui Nama-Nya.

Dan kami telah melihat dan bersaksi, bahwa Bapa telah mengutus Anak-Nya menjadi Juruselamat dunia. (1 Yohanes 4:14 TB)

BAPA mengutus Anak-Nya sendiri menjadi Juruselamat dunia, Allah BAPA mengutus Yesus sendiri. Kita bisa memanggil Allah sebagai BAPA karena kita telah dipanggil menjadi Anak-anak-Nya sewaktu kita mengenal dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat.

BAPA memberikan Juruselamat dunia melalui Anak-Nya kepada setiap umat manusia yang mau percaya, sehingga tanpa sedikit keraguan pun bisa dikatakan seluruh umat manusia diselamatkan bukan karena HASIL USAHANYA, bukan karena AMAL dan PERBUATAN BAIKNYA tetapi melalui ANUGERAH dari Allah BAPA sendiri dengan percaya, melalui Anak-Nya sendiri Yesus Kristus. Anda diselamatkan oleh ANUGERAH untuk perbuatan-perbuatan yang baik (Efesus 2:8-10 TB).

3) YESUS ADALAH TUHAN DI SORGA DAN DI BUMI.

Yesus mendekati mereka dan berkata: “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.
(Matius 28:18 TB)

Kuasa otoritas yang BAPA berikan kepada Yesus di Sorga dan di bumi, otoritas yang diberikan kepada setiap orang yang percaya, yang memiliki Allah yang berkuasa melalui Nama Yesus.

Yesus adalah MESIAS yang menghapus segala dosa manusia, Yesus adalah MESIAS yang dinubuatkan datang ke dunia ini untuk menghapus setiap dosa manusia yang percaya kepada-Nya dan diselamatkan, yang dinanti-nantikan oleh setiap umat manusia.

APA TUJUAN YESUS DI UTUS DATANG KE DUNIA INI?

Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: “Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia. (Yohanes 1:29 TB)

1) UNTUK MENGHAPUS SETIAP DOSA UMAT MANUSIA DI DUNIA YANG PERCAYA KEPADANYA.

Yesus diutus dan datang untuk mencari dan menyelamatkan manusia yang hilang (Lukas 19:10 TB).

• DIA digambarkan seperti gembala yang mencari seekor domba yang hilang, DIA datang untuk memulihkan citra Allah di dalam diri setiap umat manusia, menaruh diri-Nya diantara orang-orang yang hilang.

• DIA menjadi manusia supaya IA boleh mati sebagai manusia untuk manusia, DIA mengambil sifat manusia, namun IA tidak pernah berbuat dosa ataupun memenuhi keperluan-Nya, tetapi untuk menyelamatkan manusia DIA dibuat menjadi dosa untuk menyelesaikan Rencana Allah membuat manusia sempurna (Matius 5:48 TB) (2 Petrus 1:2-8 TB).

Yesus datang ke dunia dan mengalami maut bagi semua umat manusia. Karena Yesus datang dan mati, Allah dapat memberikan keselamatan kepada manusia, Allah menunjukkan kemurahan hati kepada seluruh dunia. Yesus mati untuk orang-orang yang tidak benar, mati untuk orang-orang berdosa, untuk orang-orang yang durhaka. DIA yang sebenarnya layak hidup tetapi DIA rela mati merendahkan diri-Nya menggantikan manusia yang tidak benar, yang pantas mati/binasa.

2) UNTUK MEMBERIKAN KEPADA SETIAP MANUSIA HIDUP YANG KEKAL, KEHIDUPAN YANG BERKELIMPAHAN.

Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan. (Yohanes 10:10 TB)

Yesus datang untuk memberikan hidup yang berkelimpahan, kehidupan yang kekal, kehidupan yang daripada BAPA sendiri, kehidupan Adam yang awal di Taman Firdaus sebelum mengenal dan jatuh ke dalam dosa, sewaktu anda menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat.

Ini adalah sebuah KABAR SUKACITA bagi setiap anda, ketika anda menerima, percaya, dan mengakui Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat di hidup anda, anda telah menerima kehidupan yang kekal itu.

Jangan menggunakan akal dan pikiran manusia anda, tetapi rasakan dari dalam hati anda, betapa Tuhan sangat mengasihi hidup anda, DIA tidak ingin hidup anda binasa. Anda mungkin sedang dalam pergumulan dan permasalahan hidup yang berat, merasa hidup anda tidak pantas dan tidak layak lagi, merasa sudah putus asah dengan berbagai dosa berat yang pernah anda buat di dalam hidup (kepada orang tua, suami/istri/anak dan orang lain), anda mungkin pernah jatuh dalam dosa perzinahan, berhubungan sex sebelum nikah, perselingkuhan, mencuri, membunuh dan dosa lain yang dari kedagingan sebagai manusia.

Hal yang selalu anda sembunyikan dari orang lain dan terus berusaha dengan sekuat tenaga untuk terlepas dari itu semua mengandalkan kekuatan sendiri, kesalehan, dan segala perbuatan baik yang anda lakukan, tetapi itu seperti tidak bisa lepas dari hidup anda dan mungkin sampai pada sebuah titik untuk mengakhiri hidup karena beratnya beban dosa tersebut.

Tetapi hari ini anda menerima sebuah KABAR SUKACITA bahwa Tuhan masih sangat mengasihi hidup anda, melalui pribadi Yesus yang sanggup memulihkan hidup anda, menerima keselamatan, dan kehidupan yang kekal. Mari UNDANG YESUS kedalam hati saudara dan terima DIA sebagai Tuhan dan Juruselamat di hidup anda, yang bukan hanya di Sorga nanti tetapi saat ini di bumi.

3) UNTUK MENJADIKAN KITA ANAK-ANAK ALLAH.

Yesus menjadikan setiap orang yang percaya kepada-Nya menjadi anak-anak Allah, anda sebagai orang-orang yang telah ditebus, diampuni dosanya dan dijadikan anak-anak Allah.

Lihatlah, betapa besarnya kasih yang dikaruniakan Bapa kepada kita, sehingga kita disebut anak-anak Allah, dan memang kita adalah anak-anak Allah. Karena itu dunia tidak mengenal kita, sebab dunia tidak mengenal Dia. Saudara-saudaraku yang kekasih, sekarang kita adalah anak-anak Allah, tetapi belum nyata apa keadaan kita kelak; akan tetapi kita tahu, bahwa apabila Kristus menyatakan diri-Nya, kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaan-Nya yang sebenarnya.
(1 Yohanes 3:1‭-‬2 TB)

Firman-Nya dengan jelas berkata oleh karena kasih Allah, maka anda disebut anak-anak Allah. Ini adalah sebuah identitas yang baru, sebuah otoritas yang baru, sebuah gambar hidup yang baru yang anda terima.

APA ITU ANAK-ANAK ALLAH?

Anda dijadikan anak-anak Allah melalui pengorbanan Yesus di kayu salib, DIA yang mati dan disalibkan menebus setiap dosa-dosa anda dimana sebagai manusia kita seharusnya yang disalibkan tetapi DIA rela mati atas nama anda, atas segala dosa-dosa umat manusia, agar seluruh umat manusia diselamatkan. Sehingga sejak saat itu, sejak hari ini dimana anda percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, anda menjadi anak-anak Allah. Hari dimana anda memiliki otoritas dan kehidupan yang baru, dimana Allah sendiri yang menjadi BAPA setiap kita yang hidup dan berkuasa.

Oleh karena pengorbanan Yesus diatas kayu salib menghapus, menebus dan menyelamatkan setiap manusia, memulihkan citra Allah di dalam diri manusia, sehingga sebagai manusia anda memiliki pengalaman hubungan pribadi yang intim dengan Allah sang pencipta alam semesta, dan memanggil-Nya BAPA.

Sebagai seorang anak, akan mewarisi apa yang diwariskan oleh Ayahnya, oleh Bapanya. Sewaktu anda menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, otomatis menjadi anak-anak-Nya, Allah BAPA akan memberikan sebuah otoritas, kelimpahan dan identitas hidup yang baru yang pernah hilang sewaktu Adam jatuh ke dalam dosa. Sebagai anak anda mempunyai hak legal, otoritas ketika anda hidup, berdiri, berbicara dan mempunyai kuasa sebagai anak-anak Allah.

Banyak orang yang memutuskan untuk mengakhiri hidupnya karena tidak menyadari kemana destiny dan apa tujuan hidupnya, tetapi hari ini ketika anda mendengar dan membaca dengan KABAR SUKACITA ini, ternyata anda adalah anak-anak Allah dengan percaya dan menerima Yesus di hidup anda.

Allah yang adalah BAPA yang sangat mengasihi kita anak-anak-Nya di bumi ini, DIA adalah BAPA yang mengasihi hidup anda, dan karena begitu besar Kasih-Nya sehingga MENGARUNIAKAN Putra-Nya yang tunggal, artinya DIA memberikan secara cuma-cuma bagian anda cuma menerima dan percaya DIA sebagai Tuhan dan Juruselamat.

Bagi anda yang mungkin sudah mengenal dan percaya Yesus tetapi anda tidak pernah mengalami Kuasa Nama Yesus karena anda tidak pernah menghidupi dan menyadari bahwa Yesus menjadikan anda sebagai anak-anak-Nya, DIA ada selalu bersama-sama dengan anda, dan DIA tinggal didalam anda. Hari ini mari rasakan kembali dan sadari bahwa Yesus menjadikan anda sebagai anak-anak Allah, sebuah identitas dan otoritas yang baru di hidup anda.

Seperti seorang anak, kalau anda seorang anak presiden, kalau anda seorang anak raja maka anda mempunyai identitas sebagai anak presiden atau anak raja. Hari ini ketika anda sudah mengetahui dan menyadari bahwa anda adalah anak-anak Allah, anak Raja diatas segala raja yaitu Yesus Kristus Tuhan, anda adalah anak-anak Allah yang berarti anda mempunyai sebuah WARISAN, APA ITU?

"Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka" (Markus 16:17 TB)

Sebagai anak-anak Allah, kita diberi otoritas/kuasa untuk mengusir setan, mempunyai kuasa baik di bumi maupun di sorga, kuasa untuk mendoakan orang-orang sakit dan lemah Didalam Nama Yesus dan melihat orang-orang yang sakit dan lemah mereka disembuhkan dan diberi kekuatan yang baru.

Amin!

Source: https://youtube.com/watch?v=wGvypfcgB04

Jurnalist: Untung Bongga Karua Tombon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENGENAL ISI HATI BAPA (Bagian Pertama)

  MENGENAL ISI HATI BAPA (Bagian Pertama) Sabtu, 04 Februari 2023 Ps Joseph Hendrik Gomulya           Sejak awal manusia diciptakan Allah ...