Kamis, 14 Juli 2016

KECERDASAN ROHANI

TravellerS Phinisi, JKI Holy Glory Church (Ibadah Raya Sore)

(26/06/2016)
Ps Joseph Hendrik Gomulya

Apabila semua anak-anak Tuhan memiliki kecerdasan rohani, itu akan berdampak bukan hanya kepada transfer/perpindahan kekayaan di bumi tetapi juga transfer/perpindahan kuasa dan kehendak Sorga di bumi ini. Ketika anda selalu melihat segala sesuatu dengan kecerdasan rohani maka itu akan membuat anda melihat segala sisi di hidup anda seperti yang Tuhan lihat dimana anda akan bisa menangkap semua yang Tuhan inginkan dan sikap hati anda menjadi seperti yang Tuhan inginkan.

Maka sangatlah bertambah-tambah harta Yakub, dan ia mempunyai banyak kambing domba, budak perempuan dan laki-laki, unta dan keledai. (Kejadian 30:43 TB)

Yakub bertahun-tahun tinggal bersama laban, orang yang kira-kira ada 10 kali lebih mengubah-ubah upahnya, tetapi justru melalui labanlah hidup yakub terbentuk. Yakub menjadi begitu dewasa karena ada laban dan esau didalam hidupnya. Jadi jangan pernah lari dari laban-laban atau orang-orang yang Tuhan ijinkan untuk membentuk anda.

Saat-saat sekarang ini yang banyak terjadi orang-orang berpikir bahwa berkat itu bisa di dapatkan atau di temukan di luar dari proses padahal sebenarnya ada berkat yang jauh lebih besar yaitu di dalam proses. Berkat yang bisa mendewasakan anda untuk tetap menikmati berkat itu dan tidak akan pernah hilang dalam hidup anda. Berkat tanpa melalui proses memang dengan mudah akan anda dapatkan, tetapi dengan mudah juga itu hilang. Sehingga Tuhan mengijinkan hadirnya laban dan esau di hidup dan pelayanan untuk memproses anda untuk bisa menikmati berkat yang besar itu.

Sebagai contoh didalam pelayanan ketika anda menolak seseorang berada bersama dalam satu pelayanan karena merasa tidak cocok dengan orang itu. Mari belajar dari yakub yang tidak menolak laban untuk menjadi mertuanya, tidak berpikir untuk melangkah keluar malah justru dia mendapatkan berkat karena kesetiaan dan sikap hatinya didalam Tuhan ketika tetap berada bersama laban dan menjadi mertuanya.
Didalam sebuah keluarga pun terkadang suami atau istri berkata kebahagiaan dalam berumah tangga itu ketika mendapatkan pasangan yang sangat ideal seperti yang orang lain miliki, padahal kebahagiaan anda itu tidak di tentukan oleh orang lain tetapi oleh karena sikap hati anda yang tepat. Bahkan ketika anda memiliki kecerdasan rohani anda bisa menikmati berkat bersama-sama keluarga anda dan Tuhan mengubahkan.

            -oOo- BERTAMBAH-TAMBAH HARTA YAKUB -oOo-

Ketika masih didalam proses Tuhan mempertambahkan harta yakub bahkan sewaktu upah yakub bahkan malah di ubah-ubah oleh laban Tuhan tetap memberkati yakub.

Kedengaranlah kepada Yakub anak-anak Laban berkata demikian: “Yakub telah mengambil segala harta milik ayah kita dan dari harta itulah ia membangun segala kekayaannya.” Lagi kelihatan kepada Yakub dari muka Laban, bahwa Laban tidak lagi seperti yang sudah-sudah kepadanya. (Kejadian 31:1‭-‬2 TB)

Ini masih kelanjutan dari rangkaian kisah yakub dan laban dari ayat sebelumnya (Kejadian 30:43 TB) setelah kekayaan yakub bertambah ia mempunyai banyak kambing domba, budak perempuan dan laki-laki, unta dan keledai, Tuhan memberkati yakub yang kemudian hal tersebut kedengaran oleh anak-anak laban.

Di ayat yang pertama dari Kejadian 31:1‭-‬2 TB dikatakan "Kedengaranlah kepada Yakub", kemudian di ayat yang kedua dikatakan "Lagi kelihatan kepada Yakub". Apabila orang memiliki kecerdasan rohani maka dia bisa mempunyai ketajaman menganalisa segala sesuatu, mempunyai ketajaman dalam mendengar suara dan kehendak Tuhan dan juga melihat. Orang yang memelihara telinganya, mendengarkan perkataan Tuhan, orang yang menjaga matanya hanya memandang Tuhan dan tidak memandang hal-hal yang lain, mempunyai ketajaman, mempunyai kepekaan mendengar dan melihat.

Seringkali ketika bersama Tuhan apa yang terlalu anda ingini Tuhan justru tidak memberikannya tetapi ketika anda tidak mengingininya Tuhan justru memberikannya. Apa yang anda tidak mau justru Tuhan berikan, ketika anda mau Tuhan justru tidak berikan, prosesnya tetap Tuhan akan lakukan.

Berterima kasihlah kepada laban-laban yang menjadi sarana untuk anda di berkati walaupun dalam prosesnya mengalami seperti yang yakub alami dimana upahnya di potong-potong. Berterima kasihlah untuk keadaan dimana kedewasaan anda di munculkan oleh Tuhan. Perbedaan antara hidup ishak dan yakub adalah, ishak hampir dibilang proses yang dialaminya tidak terlalu banyak, dia hanya mengalami diserahkan kepada Tuhan, menyerahkan nyawanya untuk di persembahkan kepada Tuhan, tidak proses terlalu berat yang dilaluinya tetapi berbeda dengan yakub yang mengalami proses yang luar biasa.
Anda kemudian berpikir untuk memilih hidup seperti yang dialami ishak dibandingkan memilih hidup yakub dengan segala proses yang harus dilaluinya, tetapi itu bukan pilihan anda, itu pilihan Tuhan.

                              APA ITU KECERDASAN ROHANI?

1) BELAJAR UNTUK MENGANALISA SEGALA SESUATU.

Dari sisi Tuhan, Tuhan mempunyai rencana "Masterpiece" atas hidup setiap kita bahkan diikutkan dan dimasukkan kedalam rencana gereja, diikutkan dalam rencana kegerakan kota, diikutkan dalam rencana kegerakan satu bangsa. Tuhan yang mempunyai "Masterpiece" atau rencana dan melihat itu secara keseluruhan. Orang yang bisa menganalisa segala sesuatu mempunyai pendengaran dan mempunyai penglihatan "visi" yang luas, mempunyai pikiran yang positif dan bisa menganalisa segala sesuatu seperti yang Tuhan inginkan.

Mengapa dalam menganalisa segala sesuatu anda harus mempunyai pikiran yang positif? Karena seringkali manusia menganalisa segala sesuatu bukan seperti keinginan dan kehendak Tuhan tetapi selalu hanya melihat segala sisi keburukannya saja. Tuhan yang memiliki kasih sangat besar terhadap setiap kita yang diciptakannya tidak pernah mempunyai rencana untuk membuang dan membinasakan.

Kesaksian:

Ketika pertama kali Ps Hendrik menjadi hamba Tuhan beliau sempat mempunyai pemikiran yang bisa dibilang seperti orang yang belum memiliki kedewasaan rohani.
Dalam setiap kotbah beliau selalu menyampaikan hal-hal untuk membuat orang bertobat dengan menyampaikan banyak hal tentang neraka dengan sangat kuat dimana beliau berpikir hal itu akan membuat orang akan takut untuk berbuat dosa dan masuk neraka tetapi justru sebaliknya kotbah seperti itu yang membuat orang hanya fokus kepada iblis tidak lagi berfokus ke Sorga, berfokus kepada Tuhan. Kemudian Tuhan kemudian mengubahkan hidup beliau, Tuhan berkata di hati beliau bahwa diri-Nya tidak pernah merencanakan sejak menciptakan manusia untuk dibinasakan atau dibuang bahkan DIA sanggup untuk mengubahkan seseorang dalam hitungan detik, karena destiny atau panggilan masing-masing orang itu berbeda. Jadi jangan pernah berpikir untuk mengatur-atur Tuhan dengan logika pikiran, cukup percaya bahwa Tuhan sanggup mengubahkan dan memulihkan segala sesuatu.

Seseorang yang dewasa secara rohani akan gampang dan mudah untuk di dekatkan dengan semua orang, dimanapun hidupnya akan mudah di tempelkan dengan semua orang karena hidupnya sudah di proses Tuhan sebelumnya, karena bisa mendengar, menganalisa dan melihat dari sisi yang Tuhan inginkan dan rencanakan bukan berpedoman kepada kecerdasan logika berpikir. Ketika anda bisa mendengar, menganalisa dan melihat dari sisi Tuhan maka anda bisa menangkap rencana-Nya dalam ketepatan.

Yakub sebenarnya bisa kapan saja pergi meninggalkan laban, berlari dari proses yang Tuhan inginkan dirinya lalui, tetapi yakub bisa menganalisa segala sesuatu, bisa mengetahui secara persis rencana Tuhan. Tuhan sangat menyukai setiap kita melalui proses-proses melalui laban-laban yang di ijinkan-Nya berada di hidup setiap kita.

Kesaksian:

Seperti ketika pertama kali mengikuti kegerakan Tuhan melalui pelayanan bahtera ketika Ps Hendrik dekat dengan Alm pak Agung dan berada dibawah beliau dan kemudian dekat dengan Ibu panglima yang membuat ada kegentaran di hati Ps Hendrik karena panggilan beliau sebagai tentara Tuhan yang membuat Ps Hendrik bersyukur berada dibawah tudung Alm pak Agung, tetapi Tuhan ternyata mempunyai rencana yang ajaib karena sekarang justru berada dalam tudung para tentara-tentara Tuhan.

Sekarang tergantung dengan respon anda, seperti ketika dalam pelayanan atau didalam dunia kerja ada beberapa yang protes dan tidak menerima dirinya harus selalu berada dalam satu pelayanan, dalam satu tim bekerja dengan seseorang yang tidak cocok dengan dirinya dan berpikir lebih merasa cocok dengan seseorang yang lainnya. Renungkanlah kembali dan berdamailah dengan Tuhan karena tidak ada sesuatu yang kebetulan, itu semua yang Tuhan sudah tentukan dan rancangkan, mungkin itu yang anda tidak kehendaki tetapi Tuhan ingin anda berada disitu untuk memproses anda. Mari  taat mengikuti setiap perkataan Tuhan karena proses itu tetap akan kembali tinggal menunggu waktu saja, anda mau masuk kedalam proses itu sekarang atau anda menunggu 10 tahun lagi? Lebih baik saat ini daripada harus menunggu 10 tahun lagi hasilnya sama.

2) BELAJAR UNTUK BISA MENUNGGU KEPUTUSAN TUHAN.

Lalu berfirmanlah Tuhan kepada Yakub: “Pulanglah ke negeri nenek moyangmu dan kepada kaummu, dan Aku akan menyertai engkau. (Kejadian 31:3 TB)

Setelah setiap kita bisa melewati tahap yang pertama tadi bisa menganalisa segala sesuatu dan bisa menangkap setiap rencana Tuhan, kemudian di poin yang kedua ketika memiliki kecerdasan rohani anda harus bisa menunggu keputusan Tuhan, menunggu sampai Tuhan berFirman dan mau sepakat dengan keputusan Tuhan.

Seringkali orang memiliki pemikiran yang keliru ketika merasa memiliki kecerdasan rohani, bisa mendengar, melihat dan menganalisa segala sesuatu kemudian merasa bahwa dirinya bisa memutuskan segala sesuatu dengan sendirinya.

Sesuatu yang memang tidak mudah karena ketika manusia sudah bisa mendengar, melihat dan menganalisa sesuatu dari sisi Tuhan karena sudah sekian lama melayani Tuhan kemudian merasa sudah pintar, sudah merasa memiliki kepekaan yang tajam, sudah memiliki kedewasaan yang kemudian memutuskan dengan sendirinya, padahal itu adalah tanda bahwa dirinya bukan bergerak dalam kecerdasan rohani, tetapi kecerdasan pikirannya. Cerdas secara logika berpikir itu ketika menganggap sesuatu itu baik, menganggap apa yang di lihat dan di analisa itu menguntungkan dan kemudian memutuskan dan melakukannya. Firman Tuhan jelas berkata “Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada Tuhan! Ia akan seperti semak bulus di padang belantara, ia tidak akan mengalami datangnya keadaan baik; ia akan tinggal di tanah angus di padang gurun, di negeri padang asin yang tidak berpenduduk. (Yeremia 17:5‭-‬6 TB)

Orang yang memiliki kecerdasan rohani akan tunduk kepada "timing" waktu keputusan Tuhan, setelah mendengar, melihat dan menganalisa segala sesuatu akan menunggu "timing" waktu keputusan Tuhan, menunggu keinginan dan kehendak-Nya, menunggu Firman-Nya, kemudian melangkah melakukannya yang berada dalam satu paket.

Belajarlah seperti yakub yang setia menunggu keputusan Tuhan, menunggu Tuhan berFirman karena seseorang yang cerdas rohaninya akan selalu berjalan dalam keputusan Tuhan, berjalan dalam Firman-Nya, yang berarti bahwa anda juga bisa berjalan dalam keputusan pemimpin anda, keputusan yang didalamnya ada otoritas yang Tuhan berikan dan percayakan.

Ketika Tuhan menganugerahkan kecerdasan rohani kepada setiap kita, jangan pernah ada kesombongan di hati dan selalu untuk rendah hati untuk mau tunduk kepada keputusan Tuhan.

Sesudah itu Yakub menyuruh memanggil Rahel dan Lea untuk datang ke padang, ke tempat kambing dombanya, lalu ia berkata kepada mereka: “Telah kulihat dari muka ayahmu, bahwa ia tidak lagi seperti yang sudah-sudah kepadaku, tetapi Allah ayahku menyertai aku. (Kejadian 31:4‭-‬5 TB)

Yakub berkata ketika Tuhan menyertai hidup anda, anda tidak perlu kuatir dan takut dengan masalah karena DIA yang menyelesaikan semuanya, DIA yang berperang buat anda.

Kesaksian:

Beberapa waktu yang lalu Ps Hendrik berbicara dengan seorang ibu yang datang berbicara kepadanya tentang proses yang harus dijalaninya untuk menghadapi dan memenangkan suaminya. Ibu ini merasa dirinya tidak kuat lagi untuk menjalani semua proses itu. Kemudian Ps Hendrik  berkata bahwa ibu itu harus membawa lagi proses itu dimana sebenarnya mudah untuk seorang istri memenangkan hati suaminya. Kenapa Ps Hendrik berkata mudah? Sama seperti beliau sebagai seorang suami memenangkan hati istrinya dibutuhkan satu hal yaitu kasih, karena didalam kasih ada kerendahan hati, didalam kasih ada kelemah-lembutan, didalam kasih ada kesabaran, tetapi yang banyak terjadi justru sifat EGO yang selalu mau muncul.

Kemudian Ps Hendrik membagikan apa yang hari-hari ini Tuhan ajarkan dan taruh di hati beliau. Dahulu setiap apa yang di hati Ps Hendrik itu akan dikeluarkan semua dan membuat beliau lebih banyak bicara dan setiap kali beliau berbicara istri beliau tidak akan akan bisa mengubah itu, kemudian beliau mengubah itu dan memutuskan untuk lebih banyak diam dan sabar, sehingga ketika istri berbicara beliau menjadi lebih banyak diam tetapi didalam hati seperti ada perasaan yang ngedumel, rasa seperti tidak menerima tetapi tidak diungkapkan/diomongkan sampai kemudian Tuhan menegur beliau bahwa usahanya untuk menjadi orang yang sabar memang baik tetapi itu tidak sampai kedalam hatinya, bagian luar atau casingnya dari luar memang kelihatan seperti menerima tetapi bagian dalamnya tidak. Tuhan kemudian mengajarkan beliau bahwa untuk belajar menjadi sabar itu harus sampai kedalam hati, belajar mengasihi itu harus ada rasa damai dari dalam hati.

3) BELAJAR UNTUK MENGHITUNG.

Juga kamu sendiri tahu, bahwa aku telah bekerja sekuat-kuatku pada ayahmu. Tetapi ayahmu telah berlaku curang kepadaku dan telah sepuluh kali mengubah upahku, tetapi Allah tidak membiarkan dia berbuat jahat kepadaku. Apabila ia berkata: yang berbintik-bintiklah akan menjadi upahmu, maka segala kambing domba itu beroleh anak yang berbintik-bintik; dan apabila ia berkata: yang bercoreng-corenglah akan menjadi upahmu, maka segala kambing domba itu beroleh anak yang bercoreng-coreng. (Kejadian 31:6‭-‬8 TB)

Kecerdasan rohani berikutnya dari ayat ini kita belajar bahwa Tuhan mempunyai hitung-hitungan, jadi orang yang mempunyai kecerdasan rohani bisa berhitung. Ini bukan mengajarkan anda hitung-hitungan niaga atau perdagangan walaupun banyak anak-anak Tuhan, pelayan-pelayan Tuhan memakai perhitungan seperti itu dalam pelayanannya, bisa menguntungkan dirinya. Pelayanan yang sudah tidak murni lagi dari hati dan gairah cinta kepada Tuhan. Seperti pelayan Tuhan yang menolak pelayanan yang tidak memberikannya upah dengan berbagai macam dalih tetapi justru banyak pelayan Tuhan yang bisa melayani diberbagai tempat dengan motivasi bisa mengumpulkan lebih banyak upah dari persembahan kasih yang diberikan kepadanya.

Tetapi bukan perhitungan seperti itu yang dimaksudkan disini tetapi maksudnya supaya anda bisa menghitung apa yang bisa menjadi keuntungan Sorga.

Bagaimana caranya bisa menghitung apa yang menjadi keuntungan Sorga?

• Ketika anda ingin masuk ke sekolah-sekolah, anda harus bisa memetakan dan menghitung berapa jiwa yang bisa dimenangkan.

• ketika anda ingin pergi mendoakan sebuah kota, anda harus bisa menghitung apa goal dari memenangkan sebuah kota, berapa jiwa yang bisa di menangkan dari kota tersebut.

Contoh lainnya dalam kehidupan anda:

• Ketika anda ingin memutuskan untuk pindah tempat kerja karena  tertarik dengan tawaran gaji dan bonus yang lebih besar, kalau anda mempunyai kecerdasan rohani anda harus menghitung keuntungan Sorga dari keputusan untuk pindah ke tempat itu. Kalau di tempat itu pelayanan anda tidak terganggu, anda menjadi lebih banyak jiwa untuk didoakan, anda bisa membuat komsel dan membangun pasukan Tuhan disitu, itu menguntungkan kerajaan Sorga.

Kalau ada keuntungan Sorga, maka Sorga akan memberkati anda karena ada Hadirat Tuhan di tempat itu, akan banyak jiwa-jiwa yang bisa anda tuai, orang-orang bisa mengenal injil dan keuangan anda dipakai untuk Kerajaan Sorga.

4) MENDAPAT JAMINAN DARI TUHAN.

Poin berikutnya ketika anda memiliki kecerdasan rohani ialah jaminan bahwa hidup anda akan diberkati, jaminan bahwa akan menerima janji, mengetahui sisi Hati Tuhan, mengetahui kesukaan-Nya.

Ketika anda mempunyai kecerdasan rohani seperti ketika anda dekat dengan seorang pemimpin atau hamba Tuhan, anda akan selalu memberikan rasa hormat tanpa pernah sedikitpun menguranginya, bisa mengambil pelajaran dari setiap yang baik, bisa menyedot warisan Ilahi dari pemimpin atau hamba Tuhan tersebut.

Seperti ketika Ps Hendrik baru mengenal Alm pak Agung, ketika gereja ini masih berbentuk persekutuan, Tuhan berkata kepada beliau untuk melayani Alm pak Agung termasuk membawakan tas dan menyupirin Alm pak Agung setiap kali datang ke kota malembut padahal sebenarnya Ps Hendrik memiliki beberapa sopir yang bisa mengantarkan Alm pak Agung kemanapun selama berada di kota malembut. Kemudian sebagai rasa hormat beliau sebagai seorang sahabat mobil yang biasanya dipakai Ps Hendrik untuk momen-momen khusus saja itu dipakai untuk menyupirin Alm pak Agung selama atau setiap kali berkunjung ke malembut.

Banyak orang setelah dekat dengan Tuhan, setelah dekat dengan seseorang kemudian menjadi biasa, tidak lagi mau lagi menyedot hal-hal yang rohani tetapi selalu berbicara dari sisi yang negatif. Banyak pelayan-pelayan altar yang dahulu diawal -awal begitu bersungguh-sungguh, selalu datang lebih awal sebelum ibadah dimulai karena penghormatannya kepada Tuhan tetapi kemudian datangnya selalu terlambat, ketika latihan selalu bermain-main dan tidak serius yang kemudian membuat pelayanannya menjadi biasa.

5) MENGALAMI PERPINDAHAN KEKAYAAN SORGA DIDALAM HIDUP ANDA.

Apabila ia berkata: yang berbintik-bintiklah akan menjadi upahmu, maka segala kambing domba itu beroleh anak yang berbintik-bintik; dan apabila ia berkata: yang bercoreng-corenglah akan menjadi upahmu, maka segala kambing domba itu beroleh anak yang bercoreng-coreng. Demikianlah Allah mengambil ternak ayahmu dan memberikannya kepadaku.
(Kejadian 31:8‭-‬9 TB)

Bukan yakub yang mengambil kekayaan laban melainkan Tuhan, dimana yang seharusnya adalah jatah laban, Tuhan pindahkan kepada yakub karena sikap hatinya.

Setiap kali Alm pak Agung datang ke malembut sebenarnya ada banyak orang yang sebenarnya ingin didekatkan dengan beliau tetapi untuk mereka dekat saja itu sudah merasa aneh. Alm pak Agung dulu tidak sembarang orang yang bisa dekat dengan beliau bukan karena beliau suka memilih orang tetapi beliau sangat menjaga hatinya. Sehingga berapa kali Ps Hendrik di protes oleh beberapa orang karena setiap kali Alm pak Agung ke malembut beliau cuma mau naik di mobil Ps Hendrik padahal sebenarnya banyak mobil-mobil lain yang di tawarkan lebih bagus. Nah, begitu pun dengan Tuhan, Firman Tuhan berkata "Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu. Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku. (Yohanes 15:14‭-‬15 TB). Ini yang kemudian dialami oleh Abraham, Musa dan Daud dimana Tuhan menganggap mereka sebagai sahabat-Nya.

Seorang sahabat tidak akan pernah kehilangan respect hormatnya kepada sahabat dan Tuhannya, seorang sahabat bisa menyimpan rahasia sahabatnya seperti anda mempunyai banyak rahasia yang Tuhan berikan kepada anda, tetapi anda tetap bisa menyimpannya sebagai sahabat-Nya.

KETIKA ANDA DINILAI MEMPUNYAI KECERDASAN ROHANI, TUHAN PINDAHKAN KEKAYAAN ITU.

Apabila ia berkata: yang berbintik-bintiklah akan menjadi upahmu, maka segala kambing domba itu beroleh anak yang berbintik-bintik; dan apabila ia berkata: yang bercoreng-corenglah akan menjadi upahmu, maka segala kambing domba itu beroleh anak yang bercoreng-coreng. (Kejadian 31:8 TB)

Ini tidak berbicara apakah itu berbintik-bintik atau bercoreng-coreng tetapi semuanya tergantung kepada Tuhan, karena DIA yang menentukan itu semua, memindahkan kekayaan orang-orang fasik kepada anda.

Ketika dunia/orang berkata bahwa keadaan sedang krisis tetapi anda justru diberkati Tuhan. Ketika anda memiliki kecerdasan rohani maka terjadi perpindahan kekayaan dari orang-orang fasik kepada anda, apapun yang anda lakukan Tuhan memberkati.

Laban yang dulunya berpikir bahwa bersama yakub dirinya akan bertambah kaya tetapi justru Tuhan memindahkan kekayaan laban kepada yakub. Jadi ketika anda memiliki kecerdasan rohani kuasa itu senantiasa bekerja karena yang selalu di untungkan, di muliakan dan di senangkan hanya Tuhan.

Pada suatu kali pada masa kambing domba itu suka berkelamin, maka aku bermimpi dan melihat, bahwa jantan-jantan yang menjantani kambing domba itu bercoreng-coreng, berbintik-bintik dan berbelang-belang. Dan Malaikat Allah berfirman kepadaku dalam mimpi itu: Yakub! Jawabku: Ya Tuhan! Lalu Ia berfirman: Angkatlah mukamu dan lihatlah, bahwa segala jantan yang menjantani kambing domba itu bercoreng-coreng, berbintik-bintik dan berbelang-belang, sebab telah Kulihat semua yang dilakukan oleh Laban itu kepadamu. Akulah Allah yang di Betel itu, di mana engkau mengurapi tugu, dan di mana engkau bernazar kepada-Ku; maka sekarang, bersiaplah engkau, pergilah dari negeri ini dan pulanglah ke negeri sanak saudaramu.” Lalu Rahel dan Lea menjawab Yakub, katanya: “Bukankah tidak ada lagi bagian atau warisan kami dalam rumah ayah kami? Bukankah kami ini dianggapnya sebagai orang asing, karena ia telah menjual kami? Juga bagian kami telah dihabiskannya sama sekali. Tetapi segala kekayaan, yang telah diambil Allah dari ayah kami, adalah milik kami dan anak-anak kami; maka sekarang, perbuatlah segala yang difirmankan Allah kepadamu. (Kejadian 31:10‭-‬16 TB)

Segala kekayaan laban telah di ambil oleh Tuhan. Ini adalah masa dimana Tuhan memindahkan kekayaan orang-orang fasik kepada setiap kita tetapi harus tetap memperhatikan sikap hati. Mari setiap kita menyelesaikan setiap tanggung jawab yang Tuhan percayakan karena hanya Tuhan yang harus di untungkan, di muliakan dan di senangkan tanpa pernah memilih dengan siapa kita akan bergerak melayani-Nya.

Amin!

Jurnalist: Untung Bongga Karua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENGENAL ISI HATI BAPA (Bagian Pertama)

  MENGENAL ISI HATI BAPA (Bagian Pertama) Sabtu, 04 Februari 2023 Ps Joseph Hendrik Gomulya           Sejak awal manusia diciptakan Allah ...