Senin, 24 Oktober 2016

LEBIH 12 BAKUL (Menemukan Alasan Untuk Tuhan Memberkati Kita)

TravellerS Phinisi, JKI Holy Glory Church Makasih (Ibadah Raya Pagi)

(23/10/2016)
Ps. Joseph Hendrik Gomulya.

Hari-hari ini Tuhan sedang menggerakkan Ps Hendrik untuk menyampaikan pesan-Nya tentang bagaimana berbisnis didalam Tuhan. Tuhan tidak membenci setiap kita yang bergerak didalam bisnis tetapi yang Tuhan cari adalah adakah alasan untuk DIA memberkati dan memperkaya kita dan adakah alasan bahwa ketika DIA menemui kita dan kitabjuga menemukan-Nya didalam bisnis kita. Tidak sulit untuk Tuhan memperkaya seseorang tetapi Tuhan sedang mencari alasan mengapa DIA harus memberkati dan memperkaya kita.

"Berserulah kepada-Ku, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui." (Yeremia 33.3 TB) 

Ada banyak hal-hal yang besar yang masih menjadi rahasia bagi kebanyakan orang yang Tuhan inginkan setiap kita memilikinya. Tuhan sedang menantikan kita untuk datang kepada-Nya (Dengan berseru-seru) dan kemudian DIA akan memberitahukan kepada kita segala hal-hal yang besar yang belum terpahami oleh kita dan DIA juga akan memberikan pengertian dan pemahaman-Nya sehingga kita bisa dengan tepat mengerti seperti apa yang di Firmankan-Nya dan kemudian kita akan bisa melihat kekayaan yang dulu mungkin kita tidak mengerti dan mengapa hal tersebut terjadi yang bahkan oleh orang lain belum pahami tetapi karena kedekatan kita dengan Tuhan maka kita menjadi orang pertama yang diberikan.

Tuhan adalah rahasia yang setiap kita miliki dalam berbisnis yang adalah sumber dari segala hikmat, dari segala ide, dari segala mujizat, dan sumber dari segala yang dibutuhkan oleh hidup kita dan dunia yang tidak bisa kita temukan ditempat lain. Inilah rahasia mengapa orang Israel dikenal luar biasa didalam berbisnis dan cukup dengan 22 orang saja saat ini mereka bisa menguasai begitu banyak keuangan dunia bahkan diperkirakan sekitar 70% dari mereka menguasai perekonomian dunia karena ada perjanjian Tuhan melalui Abraham dan mereka mengenal siapa Tuhan mereka.

Kesaksian: Sewaktu Ps Hendrik yang dulunya seorang Businessman dan kemudian dipanggil Tuhan untuk menjadi hamba Tuhan dan disaat berkumpul dengan beberapa hamba Tuhan di Makasih, mereka kemudian berkata kepada beliau untuk fokus memilih salah satunya dan tidak terlibat dalam keduanya. Ps Hendrik kemudian berdoa dan berkata bahwa dirinya akan tetap mengerjakan keduanya seperti yang juga dihidupi oleh Rasul Paulus yang adalah seorang Rasul dan diaaat yang sama juga berbisnis menjual kemah yang saat ini dikenal dengan menjual property/real estate. Hari itu tidak banyak seorang Businessman atau pengusaha diangkat menjadi gembala sidang tetapi hari-hari ini bahkan juga di Indonesia banyak hamba Tuhan yang mempunyai dan terlibat dalam bisnis untuk menopang pelayanan. Bahkan Alm Pak Agung yang memiliki jemaat yang besar sekalipun Tuhan juga percayakan untuk mengelola bisnis untuk menopang dan membiayai pergerakan Tuhan yang begitu besar.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas ada sangat banyak rahasia-rahasia yang sangat besar dari Tuhan yang ingin diberitahukan dan disingkapkan kepada setiap kita yang sebelumnya tidak kita pahami dan ketahui. Bahasa Tuhan seringkali berbeda dengan pengertian kita yang membuat kita tidak bisa mengikutinya. Seperti ketika Ps Hendrik diperintahkan Tuhan untuk membangun sebuah hotel, awalnya beliau ingin membangun hotel dengan 4 lantai saja tetapi tuhan menginginkan 12 lantai dan itu sepertinya tidak mungkin karena dananya tidak ada, tetapi ketika mau sepakat dengan Tuhan maka hotel dengan 12 lantai pun jadi terbangun. Jadi ketika kita mengalami damai sejahtera Tuhan dan mengerti tujuan mengapa Tuhan ingin memberkati dan memperkaya kita melalui bisnis dan Tihan menemukan alasan itu maka Tuhan akan memberkati kita.

Berikut adalah 3 hal yang mesti kita lakukan untuk keluar dari krisi ekonomi:

1).  Mencukupkan diri dengan apa yang ada.

Ketika kita sedang mengalami krisis yang tidak setiap saat/masa kita alami sehingga kita harus mulai mencukupkan dengan apa yang ada.

2). Mengelola apa yang ada.

Ketika berada dalam krisis, kita mengelola apa yang ada dengan baik dan maksimal. Ini adalah masa dimana kita tidak akan expand atau memperbesar.

3). Mempersiapkan diri untuk panen yang besar.

Ini poin yang sangat penting ketika didalam krisis dimana kita harus mempersiapkan diri kita untuk panen yang besar.

"Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!" (Roma 11.36 TB) 

Untuk bisa dipercaya  kita harus memahami bahwa apa yang kita terima itu semuanya adalah dari DIA, oleh DIA, dan bagi DIA untuk selama-lamanya. Mari membuat diri kita bisa mengerti dan menyadari ketika menerima berkat Tuhan, ketika menerima bisnis yang daripada-Nya, dan keuangan yang Tuhan percayakan dasar dari semua yang kita terima adalah dari Tuhan.

Menjadi kaya dan diberkati bukan menjadi tujuan kita, tetapi Tuhan yang menjadi tujuan ketika kita diberkati, Tuhan menginginkan kita untuk mengalami DIA ketika kita diberkati.

DEFENISI DOSA

"Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah" (Roma 3.23 TB) 

Dalam bahasa asli Alkitab, kata dosa berarti ”meleset dari target”, atau sasaran. Jadi berkat Tuhan jangan sampai disalah gunakan karena apabila berkat itu disalah gunakan, itu berarti meleset dari target. Tujuan dari berkat Tuhan adalah agar supaya kita semakin mengalami kedekatan dengan Tuhan dan mengalami kasih-Nya. Jadi kita dipanggil untuk berbisnis, dipanggil untuk menjadi semakin diberkati adalah untuk supaya kita mengalami kedekatan dengan-Nya.
Kemudian akan timbul pertanyaan bahwa orang dunia juga menikmati kekayaan, mereka juga menikmati kekayaan tetapi mereka tidak menemukan dan mengerti tujuan mengapa mereka diberkati, sehingga mereka pastinya tidak betul-betul menikmatinya.

Seringkali ketika orang diberkati kemudian semakin menjauh dari Tuhan, itu artinya meleset dari target. Ketika dahulu hubungannya  bisa begitu melekat dengan Tuhan karena memiliki jam-jam doa dan ibadah dengan Tuhan, selalu mempunyai kerinduan yang besar dan selalu datang paling awal tetapi ketika sudah diberkati kemudian memiliki banyak banyak kesibukan, sering datang terlambat dan semakin menjauh dari Tuhan karena lebih mengutamakan bisnisnya, inilah yang dimaksud dengan meleset dari target dan tujuan-Nya. Ketika sudah meleset dari target dan tujuan-Nya itu adalah tanda bahwa sebentar lagi anda tidak akan dipercaya Tuhan lagi, jadi mari kembali kepada target dan bisnis yang mendekatkan anda dengan Tuhan.

Mari kelola waktu kita dengan bijaksana, karena yang menjadi sumber dari segala ide, hikmat dan berkat itu dari Tuhan bukan dari pikiran yang ada di kepala kita yang kecil. Seperti firman-Nya tadi untuk melakukan hal-hal yang besar dan menaklukkan dunia kita harus berseru kepada-Nya dan pasti akan dijawab-Nya untuk supaya kita melakukan hal-hal yang besar yang tidak pernah terpikirkan dan terpahami oleh orang lain, yang akan membawa kita semakin melekat kepaa Tuhan

Ada 3 hal berkat yang Tuhan ingin bagikan:

1). Orang banyak mendapatkan mujizat dengan diberi makan oleh Tuhan tetapi murid-murid yang melayani di tangan mereka ada lebih 12 bakul.

"Dan setelah Ia mengambil lima roti dan dua ikan itu, Ia menengadah ke langit, mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya supaya dibagi-bagikannya kepada orang banyak. Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian dikumpulkan potongan-potongan roti yang sisa sebanyak dua belas bakul." (Lukas 9.16-17 TB) 

Ketika kita melayani, kita tidak saja menerima mujizat-Nya tetapi bagi setiap kita yang melayani seperti (murid-murid) ada kelebihan 12 bakul yang Tuhan berikan.

Ketika mengalami masalah, seperti murid-murid yang meminta untuk bisa keluar dari masalah, padahal sebenarnya ketika kita mengalami masalah, berdoalah untuk menjadi berkat. Ketika murid-murid diperintahkan untuk memberi makan 5000 orang, orang-orang tersebut keluar dari masalah kelaparan tetapi ditangan murid-murid masih tersisa 12 bakul. Jadi mari naikkan level bahwa kita adalah murid.

Tuhan harus menemukan satu alasan mengapa DIA harus memberkati dan memperkaya kita, yakni ketika di hati kita ingin menjadi berkat bagi banyak orang dan bukan untuk diri sendiri. Terkadang orang ingin menjadi kaya hanya supaya bisa membeli segala hal dan menikmatinya, dititik inilah Tuhan belum menemukan alasan untuk kita diberkati. Tetapi ketika bahkan masih dalam kondisi krisis dan Tuhan mengubahkan hati kita dan berdoa agar hidup kita menjadi berkat bagi banyak orang, maka seperti murid-murid kita akan mendapatkan berkat lebih 12 bakul.

Seperti Rasul Paulus yang berkata bahwa dirinya mengetahui pikiran Kristus yang adalah menjadi bwrkat bagi banyak orang. Ketika dahulu mungkin kita salah dan meleset dari tujuan dan jatuh kedalam dosa, hari ini kita berubah dan meminta kepada Tuhan agar melalui hidup kita, kita bisa jadi berkat bagi orang lain dan Kerajaan Allah.

Jangan meminta untuk menjadi kaya tetapi mintalah hati yang berkenan. Hati yang berkenan membuat kita mengikuti akan hati Tuhan, mengikutu keinginan dan kerinduan-Nya dan juga mengucapkan berkat keluar dari mulut kita dengan memperkatakan firman setiap hari dan memperkatakan yang positif. Apabila perkataan positif saja susah kita ucapkan maka perkataan IMAN dan hidup dalam IMAN akan sulit kita ucapkan dan lakukan. Mari belajar untuk selalu memperkatakan yang positif maka kita akan next level untuk hidup dan berjalan dengan IMAN.

Sewaktu kita sedang mengalami masalah memang susah untuk memperkatakan perkataan IMAN tetapi belajarlah untuk memperkatakan-Nya. Ketika berada dalam masalah Tuhan sedang menantikan doa kita dengan IMAN dan percaya.

2). Mujizat yang Tuhan buat ketika orang meminta uang untuk membayar pajak.

"Jawab Petrus: “Dari orang asing!” Maka kata Yesus kepadanya: “Jadi bebaslah rakyatnya. Tetapi supaya jangan kita menjadi batu sandungan bagi mereka, pergilah memancing ke danau. Dan ikan pertama yang kaupancing, tangkaplah dan bukalah mulutnya, maka engkau akan menemukan mata uang empat dirham di dalamnya. Ambillah itu dan bayarkanlah kepada mereka, bagi-Ku dan bagimu juga.” (Matius 17.26-27) 

Seringkali ketika berdoa untuk meminta uang dan kalau kita melihat hanya di ayat ini kita bisa belajar ketika mereka meminta uang untuk membayar pajak, ternyata di danau pun ada malaikat.

Dari sekian banyak ikan, ada ilan malaikat yang ketika dipancing ada 4 dirham yang sudah tersedia didalamnya. Untuk mengerti ayat ini mari kita lihat terlebih dahulu background dari ayat ini dimana pada jaman itu orang membayar pajak melalui Sinagoge (Bait Allah) dan kemudian baru disalurkan kepada pemerintah. Sewaktu Ps Hendrik membaca background dari ayat ini kemudian Tuhan membawa beliau kedalam pengertian ketika setiap kali mengalami masalah, beliau seringkali naik dan masuk kedalam gereja dan berdoa. Kemudian beliau diperlihatkan oleh  Tuhan pekerjaan-Nya yang besar dan menaikkan kembali iman beliau melalui visi dari gereja ini untuk menjadi bapa dan jawaban bagi kota dan menjadi saliran Tuhan.

Mari rindukan perkenanan-Nya saja karena berkat dan kekayaan hanyalah efek dari perkenanan-Nya dengan melihat jiwa-jiwa dan pekerjaan Tuhan yang besar yang akan membangun iman kita.

3). Tentang berkat Yakub.

"Maka bermimpilah ia, di bumi ada didirikan sebuah tangga yang ujungnya sampai di langit, dan tampaklah malaikat-malaikat Allah turun naik di tangga itu. Berdirilah Tuhan di sampingnya dan berfirman: “Akulah Tuhan , Allah Abraham, nenekmu, dan Allah Ishak; tanah tempat engkau berbaring ini akan Kuberikan kepadamu dan kepada keturunanmu. Keturunanmu akan menjadi seperti debu tanah banyaknya, dan engkau akan mengembang ke sebelah timur, barat, utara dan selatan, dan olehmu serta keturunanmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat." (Kejadian 28.12-14 TB) 

Kita sering berdoa untuk supaya Tuhan memberkati keluarga kita tetapi yang Tuhan inginkan bukan hanya keluarga kita tetapi juga untuk semua orang diseluruh dunia. Seperti Abraham yang hanya meminta kepada Tuhan sepenggal dari tanah kanaan ketika berada disana padahal janji Tuhan bukan hanya sepenggal dari tanah kanaan tetapi seluruhnya akan diberikan kepadanya.

Tuhan selalu berdiri di samping setiap kita dan DIA memberikan mimpi. Bisnis kita mungkin warisan dari turun-temurun tetapi Tuhan tetap menyertai. Seperti Abraham yang begitu sangat diberkati, kemudian Ishak anaknya menggali sumur ayahnya dan kemudian menjadi lebih diberkati daripada Abraham, kemudian Yakub juga menjadi lebih diberkati daripada Ishak. Yakub melihat tangga dan malaikat yang turun naik yang membawa persembahan kita kepada Tuhan dan membawa berkat bagi keturunan kita.

Sewaktu Yakub menerima ucapan berkat itu dan melihat dalam mimpinya malaikat turun naik yang berarti semua berkat kita berasal dari Tuhan. Apapun yang kita lakukan yang kelihatan baik itu tidak cukup membuat kita diberkati karena segala sesuatunya berasal dari Tuhan. Kerja keras itu memang baik dan itu suatu keharusan, tetapi itu tidak cukup. Ada Tuhan yang menyertai kita, ada Malaikat Tuhan yang turun naik membawa berkat dan persembahan kita kepada Tuhan dan biarlah hari ini Tuhan menemukan alasan mengapa DIA mempercayakan kita bisnis karena di hati kita adalah untuk DIA, yang kita minta bukan untuk keluar dari masalah tetapi biar hidup kita menjadi berkat bagi banyak orang.

Amin.

Jurnalist: Untung Bongga Karua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENGENAL ISI HATI BAPA (Bagian Pertama)

  MENGENAL ISI HATI BAPA (Bagian Pertama) Sabtu, 04 Februari 2023 Ps Joseph Hendrik Gomulya           Sejak awal manusia diciptakan Allah ...