Jumat, 27 November 2020

KEBAHAGIAAN ORANG SALEH

 

KEBAHAGIAAN ORANG SALEH


Ps Joseph Hendrik Gomulya, M.Th

Renungan Kotbah Mezbah Pemulihan




 

(Mazmur 16:1- 11 TB)

Miktam. Dari Daud. Jagalah aku, ya Allah, sebab pada-Mu aku berlindung. Aku berkata kepada TUHAN: "Engkaulah Tuhanku, tidak ada yang baik bagiku selain Engkau!" Orang-orang kudus yang ada di tanah ini, merekalah orang mulia yang selalu menjadi kesukaanku. Bertambah besar kesedihan orang-orang yang mengikuti allah lain; aku tidak akan ikut mempersembahkan korban curahan mereka yang dari darah, juga tidak akan menyebut-nyebut nama mereka di bibirku. Ya TUHAN, Engkaulah bagian warisanku dan pialaku, Engkau sendirilah yang meneguhkan bagian yang diundikan kepadaku. Tali pengukur jatuh bagiku di tempat-tempat yang permai; ya, milik pusakaku menyenangkan hatiku. Aku memuji TUHAN, yang telah memberi nasihat kepadaku, ya, pada waktu malam hati nuraniku mengajari aku. Aku senantiasa memandang kepada TUHAN; karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah. Sebab itu hatiku bersukacita dan jiwaku bersorak-sorak, bahkan tubuhku akan diam dengan tenteram; sebab Engkau tidak menyerahkan aku ke dunia orang mati, dan tidak membiarkan Orang Kudus-Mu melihat kebinasaan. Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kanan-Mu ada nikmat senantiasa.

 

Kita semua adalah orang-orang yang berbahagia karena ada kristus didalam kehidupan setiap kita yang kebahagiaan itu tidak bisa diukur dengan uang karena kenyataannya banyak orang kaya yang memiliki simpanan uang yang banyak tetapi justru tidak merasakan kebahagiaan.

Ada banyak dan akan selalu ada tantangan dalam menjalani kehidupan ini, tetapi saat kita berjalan bersama kristus kita akan merasakan kebahagiaan ditengah masalah dan tantangan yang sedang dihadapi karena kita mengetahui bahwa ada perlindungan dari Tuhan yang menjamin hidup kita. Oleh sebab itu jika ingin hidup yang berbahagia. Hiduplah dalam kesalehan.

Prinsip kita sebagai orang kristen harta dan benda di dunia hanya sementara, tidak ada yang lebih baik jika dibandingkan dengan Tuhan. Tuhan tidak dapat dibandingkan oleh apapun baik oleh pasangan, harta dan apapun juga. Kita adalah milik kesukaan Tuhan karena hidup kristen yang saleh tidak menyembah ilah yang lain.

 

TUHAN SENDIRI YANG MEMILIH KITA

 

Kita semua adalah milik pusaka Tuhan karena kita adalah anak-anak pilihanNya. Jadi roh kita harus senantiasa meminta tuntunan & nasehat dari Roh Tuhan ( Roh Kudus) dan teruslah memamndang Tuhan sehingga kita tidak dapat digoyahkan dan hati kita selalu penuh dengan sukacita.

 

Oleh pengorbananan Yesus, kita tidak akan diserahkan ke dunia orang mati. Tuhanlah yang memilih dan menetapkan kehidupan kita. Jalan kebenaran melalui Yesus, yang didalamnya ada sukacita yang melimpah-limpah, dan hikmat Tuhan.

 

 

 

 

 

ENGKAU MENGUJI HATIKU

 

(Mazmur 17:1-15 TB)

Dengarkanlah, TUHAN, perkara yang benar, perhatikanlah seruanku; berilah telinga akan doaku, dari bibir yang tidak menipu. Dari pada-Mulah kiranya datang penghakiman: mata-Mu kiranya melihat apa yang benar. Bila Engkau menguji hatiku, memeriksanya pada waktu malam, dan menyelidiki aku, maka Engkau tidak akan menemui sesuatu kejahatan; mulutku tidak terlanjur. Tentang perbuatan manusia, sesuai dengan firman yang Engkau ucapkan, aku telah menjaga diriku terhadap jalan orang-orang yang melakukan kekerasan; langkahku tetap mengikuti jejak-Mu, kakiku tidak goyang. Aku berseru kepada-Mu, karena Engkau menjawab aku, ya Allah; sendengkanlah telinga-Mu kepadaku, dengarkanlah perkataanku. Tunjukkanlah kasih setia-Mu yang ajaib, ya Engkau, yang menyelamatkan orang-orang yang berlindung pada tangan kanan-Mu terhadap pemberontak. Peliharalah aku seperti biji mata, sembunyikanlah aku dalam naungan sayap-Mu terhadap orang-orang fasik yang menggagahi aku, terhadap musuh nyawaku yang mengepung aku. Mereka tidak menunjukkan belas kasihan, mereka membual; mereka mengikuti langkah-langkahku, mereka sekarang mengerumuni aku, mata mereka diarahkan untuk menghempaskan aku ke bumi. Rupa mereka seperti singa, yang bernafsu untuk menerkam, seperti singa muda, yang mengendap di tempat yang tersembunyi. Bangunlah, TUHAN, hadapilah mereka, rebahkanlah mereka, luputkanlah aku dengan pedang-Mu dari pada orang fasik. Luputkanlah aku, ya TUHAN, dengan tangan-Mu, dari orang-orang dunia ini yang bagiannya adalah dalam hidup ini; biarlah perut mereka dikenyangkan dengan apa yang Engkau simpan, sehingga anak-anak mereka menjadi puas, dan sisanya mereka tinggalkan untuk bayi-bayi mereka. Tetapi aku, dalam kebenaran akan kupandang wajah-Mu, dan pada waktu bangun aku akan menjadi puas dengan rupa-Mu.

 

Setiap hari apapun yang kita lakukan dan kerjakan baiklah untuk kita selalu menguji hati, agar supaya Tuhan melihat kita sungguh-sungguh melayani Tuhan.

 

1. Ketika menguji hati kita apa yang akan ditemui? (Tidak ada suatu kejahatan)

Jangan merusak hati kita, dengan apa yang bisa membuat kita kecewa : keluarga, orang-orang terdekat kita dll. Untuk itu lepaskan semua jangan kecewa karena didalam Tuhan jangan ada rasa kecewa.

 

2. Perlu untuk menjaga diri.

 

3. Orang yang diuji hatinya Tuhan akan berdoa dan berseru kepada Tuhan, dia tidak takut apapun, karena mengetahui bahwa Tuhanlah yang akan menjawab doa dan pergumulannya.

 

4. Tuhan menyelamatkan kita dengan memberikan kasih setia-Nya. Ketika kita menyerah, merasa tidak mampu, ada kasih setia Tuhan turun atas kita. Jadi janganlah menyerah, kuatkan hati kita.

 

Sebagai suami istri dalam rumah tangga :

1. Saling memahami satu sama lainnya

2. Saling menahan ego / ada toleransi / lebih lembut

 

5. Pelihara hati kita (yang dari dalamnya terpancar aliran-aliran berkat).

 

6. Orang yang memelihara hati banyak menghadapi tantangan tetapi disitulah terlihat kemuliaan Tuhan.

 

7. Tuhan yang akan bangun dan ganti berperang kepada kita yang mengandalkan Tuhan.

 

8. Orang yang menguji hatinya, akan selalu mencari wajah Tuhan, berdoa, berserah, tidak kecewa dan menjaga hati dan waspadai hati kita agar berkat Tuhan terus mengalir buat kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENGENAL ISI HATI BAPA (Bagian Pertama)

  MENGENAL ISI HATI BAPA (Bagian Pertama) Sabtu, 04 Februari 2023 Ps Joseph Hendrik Gomulya           Sejak awal manusia diciptakan Allah ...