Kamis, 17 Desember 2020

TUHAN ADALAH GUNUNG BATUKU


TUHAN ADALAH GUNUNG BATUKU

 

Ps Joseph Hendrik Gomulya, M.Th 


Renungan Mezbah Pemulihan Holy Glory Church Makassar.




(Mazmur 18:32-35 TB)

“Sebab siapakah Allah selain dari TUHAN, dan siapakah gunung batu kecuali Allah kita? Allah, Dialah yang mengikat pinggangku dengan keperkasaan dan membuat jalanku rata; yang membuat kakiku seperti kaki rusa dan membuat aku berdiri di bukit; yang mengajar tanganku berperang, sehingga lenganku dapat melenturkan busur tembaga.”

 

1. Allah yang mengikat pinggang kita dengan keperkasaan, dengan kuat Tuhan membentuk kita. Tuhan membentuk roh kita dengan keperkasaan. Agar kita tidak melow atau lambat dan tidak memakai perasaan. Mari perkatakan pada diri kita untuk meminta roh yang perkasa dan kuat. Mengapa di ikat supaya kita menjadi kuat dan perkasa. Harus kuat dan perkasa dalam didikan Tuhan. Ketika Roh kita sudah kuat dan perkasa maka Tuhan akan membuat jalan kita rata, dibentuk dulu dengan perkasa setelah itu baru di buat jalannya rata, mengapa karena roh kita sudah siap, kuat dan perkasa menghadapi masalah, tantangan dll

Jadi Harus ada didikan dan cambukan bila ingin kuat dan perkasa.

 

2. Tuhan membuat kita menjadi seperti kaki rusa yang cepat berlari dan kencang larinya. Saat kita melakukan sesuatu atau lakukan harus dilakukan kecepatan dan ketepatan. Orang yang berdiri dan hidupnya menyembah Tuhan adalah orang yang mengetahui bahwa Tuhanlah gunung batunya. Kita bisa berdiri, bisa intim dan sukses semua karena Tuhan.

 

3. Tuhanlah yang mengajar tangan kita berperang, mengapa? karena sebelum kita  menghadapi keadaan sesungguhnya, Tuhanlah yang akan terlebih dulu mengajar kita berperang sehingga saat menghadapi situasi atau musuh kita telah benar-benar bisa siap menghadapi segala sesuatu.

Kita mesti sungguh-sungguh mempersiapkan diri seperti belajar menarik panah sampai tangan kita lentur dan membidik dengan tepat sasaran. Itu tidak bisa dilakukan dengan instant tetapi harus di latih terus menerus bahkan terus di upgrade sampai itu tepat sasaran. Sehingga penting untuk selalu meminta tuntunan Roh Kudus.

Dalam pelayanan pun seperti itu, kita harus melatih kepekaan kita agar tepat dalam melayani dan menjadi berkat bagi orang-orang yang kita layani.

 

 

(Mazmur 18:36-37 TB)
Kauberikan kepadaku perisai keselamatan-Mu, tangan kanan-Mu menyokong aku, kemurahan-Mu membuat aku besar. Kauberikan tempat lapang untuk langkahku, dan mata kakiku tidak goyah.

 

1. Tuhan memberikan tangan kita untuk melayani, tangan kita dilatih untuk melayani Tuhan.

2. Percaya bahwa ada perisai Tuhan di hidup kita, ada perisai keselamatan Tuhan buat kita.

3. Kemurahan Tuhan membuat kita besar. Bila kemurahan Tuhan mengikuti kita yaitu sesuka-sukanya Tuhan mengikuti kita, apapun yang kita lakukan ada kemurahan Tuhan yang selalu mengikuti kita.

4. Tuhan berikan tempat lapang untuk langkah kita, Tuhan mempersiapkan kita untuk sesuatu yang baru, Tuhan mempermudah semua dan segala hal yang akan kita lakukan.

 

(Mazmur 18:38-41 TB)
aku meremukkan mereka, sehingga mereka tidak dapat bangkit lagi; mereka rebah di bawah kakiku. Engkau telah mengikat pinggangku dengan keperkasaan untuk berperang; Engkau tundukkan ke bawah kuasaku orang yang bangkit melawan aku. Kaubuat musuhku lari dari padaku, dan orang-orang yang membenci aku kubinasakan. Mereka berteriak minta tolong, tetapi tidak ada yang menyelamatkan, mereka berteriak kepada TUHAN, tetapi Ia tidak menjawab mereka.

 

1. Ketika ada yang berbuat jahat kepada kita maka Tuhan sendiri yang akan membela kita.

2. Bila Tuhan yang membela, maka musuh-musuh kita akan lari.

3. Selalu mengandalkan Tuhan, berikan kesempatan kepada Tuhan, biar Tuhan yang membela.

4. Saat kita meminta tolong dan teriak kepada Tuhan maka Tuhan akan menjawab, tetapi bila musuh kita berteriak maka Tuhan tidak akan menjawab.

5. Dalam kehidupan, kita mesti mempraktekkan Firman Tuhan.

 

Ada 2 jenis teriakan :

1. Teriakan orang yang bersandar kepada Tuhan, ketika dia teriak minta tolong kepada Tuhan maka Tuhan akan mendengar teriakannya.
2. Orang yang tidak mengenal Tuhan / musuh kita berteriak minta tolong tidak akan di jawab oleh Tuhan.

 

Amen

Tuhan Yesus Memberkati.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENGENAL ISI HATI BAPA (Bagian Pertama)

  MENGENAL ISI HATI BAPA (Bagian Pertama) Sabtu, 04 Februari 2023 Ps Joseph Hendrik Gomulya           Sejak awal manusia diciptakan Allah ...